Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

cara mengatasi rambut rontok
mengatasi rambut rontok

Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami banyak orang. Pada dasarnya, rambut rontok merupakan hal yang normal yang biasa terjadi pada siklus rambut. Perlu kita ketahui, bahwa rambut rontok 50-100 helai per hari masih tergolong normal. Namun jika rambut rontok melebihi 100 helai per hari, maka hal tersebut sudah termasuk kategori abnormal. Rambut rontok yang berlebih bisa menjadi pertanda adanya masalah pada tubuh kita.

Beberapa faktor pemicu terjadinya rambut rontok yaitu polusi, stress, pola makan yang buruk, sering menggunakan hair dryer, catok, hair spray, salah penggunaan produk perawatan, adanya penyakit kronis dan masih banyak lagi.

Dalam mencegah rambut rontok, bukan berarti harus melakukan perawatan mahal yang belum tentu hasilnya sesuai dengan apa yang kita harapkan. Hal utama yang perlu dilakukan yaitu mengetahui dan memahami penyebab utama dari masalah rambut rontok tersebut. Kita harus mulai melakukan observasi terhadap diri sendiri sehingga cara mengatasi rambut rontok yang tepat bisa dilakukan.

Berikut merupakan beberapa penyebab utama rambut rontok yang sering diabaikan,

1. Stress

Stress merupakan salah satu penyebab rambut rontok yang paling sering terjadi. Jika kalian sedang mengalami stress, depresi, merasa ada tekanan berlebihan, maka hal yang biasa terjadi pada saat tersebut adalah rambut akan menjadi rontok. Solusi mengatasi masalah tersebut hanya satu, yaitu berhenti stres. Ada beberapa cara ampuh yang bisa digunakan untuk mengatasi stress seperti melakukan meditasi, spa mendengarkan musik-musik yang menenangkan hati, menonton film kesukaan atau sekedar melakukan hobi yang disukai. Selalu meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai  seperti olahraga, liburan, atau sekedar bermain dengan hewan peliharaan secara otomatis akan mengurangi stress yang kita alami. 

2. Sering melakukan perawatan rambut dengan bahan kimia

Di era yang serba modern ini, trend gaya rambut dengan cepat menyebar ke seluruh penjuru berkat adanya social media. Trend gaya rambut yang kekinian tidak saja membuat kita terlihat sebagai seseorang yang trendy, modis dan stylish, namun juga membuat kita terlihat senantiasa fresh. Namun siapa sangka, kebiasaan mengikuti trend tersebut juga dapat membawa dampak buruk yaitu rambut rontok. Kebiasaan seperto sering mewarnai, bleaching, mengkeriting dan meluruskan rambut dengan bahan kimia berpotensi merusak kulit kepala, akar rambut dan batang rambut. Hindari penggunaan perawatan rambut dengan bahan kimia tersebut agar kerusakan rambut dapat dihindari.

3. Kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, minum-minuman berkafein

Kebiasaan tertentu seperti merokok, minum-minuman berkafein tinggi, serta mengkonsumsi alkohol akan memperparah kondisi rambut rontok. Merokok akan menghambat sirkulasi peredaran darah dalam tubuh, termasuk sirkulasi darah ke kulit kepala yang merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi pertumbuhan rambut. Sementara itu, mengkonsumsi minuman beralkohol dan minuman berkafein akan turut menyumbang pada kerontokan rambut karena apabila mengkomsumsi minuman tersebut, akan menghambat sistem imun yang mana sistem imun tersebut berperan penting dalam siklus pertumbuhan rambut. Sistem imun yang terganggu akan berakibat pula pada kualitas tidur seseorang, yang mana apabila kualitas tidur terganggu, maka akan membuat seseorang lebih rentan terhadap stress dan rambut rontok parah akan mudah terjadi.

4. Menyisir rambut dalam keadaan rambut basah

Taukah kalian bahwa rambut yang basah berada dalam kondisi terlemah mereka? Rambut yang basah menjadi sangat rapuh dan rentan rontok.  Oleh karena itu, menyisir rambut yang basah sangat tidak disarankan. Namun jika kalian tetap ingin menyisir rambut dalam keadaan basah, jangan pernah menyisir rambut dengan sisir rambut yang rapat, melainkan gunakan sisir kayu dengan jarak gerigi yang jarang. Namun, tetap disarankan sebisa mungkin hindari menyisir rambut dalam keadaan basah agar resiko rambut rontok dapat dikurangi.

5. Sering mengkonsumsi makanan junkfood

Makanan yang dikategorikan ke dalam junkfood yaitu makanan siap saji rendah nutrisi seperti pizza, hamburger, gorengan, cimol dan masih banyak yang lain. Kebiasaan makan makanan yang tidak sehat tersebut tentu akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan rambut. Rambut yang kekurangan nutrisi secara otomatis akan menjadi kehilangan kemilau alaminya, mudah rontok, pertumbuhan rambut lambat, merah dan mudah bercabang. Rutin mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, seperti ikan dan telur akan membantu mengembalikan kesehatan rambut. Selain itu, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan juga akan memebantu meningkatkan nutrisi rambut karena sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

Nah, setelah kita mengetahui penyebab utama terjadinya rambut rontok, saatnya kita beralih mengenai bagaimana cara mengatasi rambut rontok secara alami sehingga hasilnya bisa segera dirasakan. Rangkaian perawatan rambut rontok akan jauh lebih efektif apabila menggunakan perawatan rambut dengan bahan-bahan alami, karena hal tersebut akan memberikan hasil yang permanen. Selain itu, penggunaan bahan alami sebagai bahan dasar perawatan rambut rontok jauh lebih aman buat tubuh karena tidak mengandung yang kimia berbahaya yang dapat memberikan dampak negatif buat tubuh. Lantas apa saja bahan alamin yang bisa dilakukan untuk merawat dan mencegah rambut rontok? Yuk simak ulasan berikut mengenai bahan-bahan alami yang bisa digunakan dalam mencegah dan merawat rambut rontok.

1. Minyak jojoba atau jojoba oil

Kulit kepala yang kering merupakan tanda kulit kepala sedang tidak sehat dan apabila diikuti dengan rambut yang kering, maka hal itu akan membuat rambut menjadi mudah patah dan rontok. Jika kalian mendapati rambut patah, rontok, kulit kepala kering, bersisik dan berketombe, maka kalian wajib mengobati kondisi kulit kepala terlebih dahulu. Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu melakukan pijat kepala dengan menggunakan minyak jojoba. Aplikasikan minyak jojoba pada akar rambut di kepala dan lakukan pemijatan ringan secara menyeluruh. Pijatan pada kulit kepala akan membantu memperlancar sirkulasi darah dan merangsang rambut untuk tumbuh lebih sehat. Keuntungan minyak jojoba yaitu mudah diserap oleh kulit. Oleh karena itu, penggunaan minyak jojoba untuk pijat tidak akan membuat rambut lengket dan lepek.

2. Teh hijau atau greentea

Salah satu cara mudah dan menyenangkan dalam mencegah rambut rontok yaitu dengan cara rutin mengkonsumsi greentea. Greentea mengandung komponen senyawa yang disebut dengan EGCG yang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Senyawa tersebut juga berfungsi untuk mencegah  terjadinya kebotakan yang sering terjadi baik pada pria maupun pada wanita. Rutin mengkonsumsi greentea juga merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi kebotakan. 

3. Bunga sepatu atau kembang sepatu

Bunga sepatu atau kembang sepatu sering kita temukan tumbuh subur di sekitar kita. Memiliki nama ilmiah hibiscus rosa sinensis atau sering disebut juga chinese hibiscus, ternyata bunga ini memiliki kemampuan untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Berdasarkan hasil penelitian, daun dan bunga hibiscus ternyata sangat efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut serta efektif mengurangi rambut rontok. Cara menggunakan kembang sepatu untuk mengatasi rambut rontok cukuplah mudah. Pertama-tama, siapkan 1-2 bunga sepatu, 5-6 lembar daun bunga sepatu dan minyak kelapa. Hal yang perlu dilakukan yaitu blender atau tumbuk bunga dan daun kembang sepatu tersebut hingga benar-benar halus, lalu masukkan minyak kelapa dan aduk hingga semua tercampur rata. Oleskan ramuan tersebut ke kulit kepala dan ratakan hingga keujung rambut. Diamkan kurang lebih 30 sampai 60 menit, kemudian bilas dan lanjutkan dengan menggunakan shampoo seperti biasa.

4. Jus bawang bombay

Bawang bombay telah lama dikenal memiliki kandungan sulfur yang sangat tinggi. Namun siapa sangka kandungan sulfur pada bawang bombay ternyata juga bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan rambut. Kandungan sulfur pada bawang bombay diketahui dapat membantu kulit kepala mengatasi berbagai masalah yang dapat mengakibatkan terjadinya rambut rontok. Kandungan sulfur bawang bombay dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, melakukan regenerasi dan mengurangi terjadinya inflamasi. Beberapa penelitian terkait dengan masalah kulit kepala seperti gatal, ketombe dan rambut rontok menunjukkan tingkat efektifitas yang tinggi dalam mengatasi hal tersebut. Selain itu, kandungan senyawa pada bawang bombay juga efektif mencegah kebotakan pada wanita. Cara menggunakan bawang bombay untuk rambut rontok yaitu parut bawang bombay dan kemudian peras atau saring airnya saja, lalu gunakan air tersebut sebagai tonik pada kulit kepala rambut. Diamkan kurang lebih 30-60 menit, kemudian bilas. Lakukan seminggu sekali atau 2 minggu sekali, tergantung tingkat keparahannya.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu minyak yang paling terkenal dalam urusan kesehatan rambut. Minyak kelapa sangat kaya akan asam lemak, yang mana asam lemak tersebut apabila digunakan pada rambut akan diserap jauh kedalam folikel rambut tanpa tersisa. Selain itu, kandungan karbohidrat, vitamin dan mineral yang terdapat pada minyak kelapa juga sangat penting bagi kesehatan rambut. Komponen tersebut akan membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat panas yang dihasilkan oleh alat penata rambut seperti catok, pengering rambut dan lain-lain. Selain itu, minyak kelapa juga membantu memperbaiki rambut dari rambut kering, kusam dan mudah patah. Minyak kelapa juga kaya akan vitamin E dan antioksidan, sehingga sangat cocok digunakan sebagai kondisioner rambut. Minyak kelapa bisa digunakan oleh semua tipe rambut, namun efeknya akan terlihat nyata apabila digunakan ke rambut yang memang rusak, kusam, kering dan bagi mereka yang mengalami pertumbuhan rambut yang lambat. Gunakan minyak kelapa sebagai bagian rutinitas harian perawatan rambut agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

6. Lidah buaya atau aloe vera

Lidah buaya sudah lama dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan rambut, terutama untuk melebatkan dan mencegah ketombe. Tanaman yang masuk kedalam golongan sukulen ini diketahui sangat kaya akan berbagai kandungan yang dapat mencegah rambut rontok, meningkatkan kesehatan kulit kepala dan mencegah tersumbatnya folikel rambut akibat sekresi minyak berlebihan pada kulit kepala. Gunakan gel lidah buaya dan oleskan pada kulit kepala, kemudian pijat kurang lebih 15 menit. Setelah itu diamkan kurang lebih 30-60 menit dan baru bilas dengan air hangat. Gunakan masker lidah buaya tersebut 2-3 kali seminggu agar rambut lebat alami bisa didapatkan.

7. Telur

Telur memang berbau sangat amis, namun siapa sangka, penggunaan telur untuk kesehatan rambut ternyata sangat efektif dalam mengatasi rambut rontok berlebihan. Penyebab rambut rontok berlebihan bisa sangat bervariasi, namun berkat kandungan telur yang kaya akan sulfur, fosfor dan protein, membuat telur menjadi salah satu cara paling efektif mengatasi rambut rontok berlebihan. Campurkan putih telur dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan madu, lalu oleskan secara merata ke seluruh  rambut, mulai dari akar hingga ujung rambut. Lalu bilas rambut setelah didiamkan selama kurang lebih 20 menit dengan menggunakan shampoo. 

8. Konsumsi makanan kaya akan Vitamin A

Vitamin A memegang peranan sangat penting dalam mengendalikan rambut rontok. Salah satu penyebab rambut rontok terus menerus diketahui kurangnya vitamin A dalam tubuh. Sebuah setudi menemukan bahwa retinoids yang merupakan turunan dari Vitamin A dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperpanjang fase pertumbuhan aktifnya. Ada banyak makanan yang merupakan sumber vitamin A seperti wortel, labu, sayuran hijau, dan ubi. Selain itu, vitamin A juga bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi supplement tambahan. Rutin mengkonsumsi kolagen juga dapat membantu pertumbuhan dan kesehatan rambut, karena kolagen merupakan sumber asam amino dan perlindungan antioksidan.

9. Akar manis atau licorice root

Akar manis atau lebih dikenal dengan nama licorice, merupakan tanaman sejenis polong-polongan yang asalnya berasal dari wilayah eropa selatan dan kemudian menyebar diberbagai wilayah belahan dunia, termasuk di asia. Rempah satu ini memiliki kemampuan untuk mencegah rambut rontok dan mencegah kerusakan lebih parah pada rambut. Licorice memiliki sifat yang mampu menenangkan kulit kepala dan membantu mengatasi kulit kepala kering dan berketombe. Cara menggunakan licorice untuk rambut yaitu dengan mencampurkan bubuk licorice dengan seperempat sendok teh saffron dengan secangkir susu. Gunakan ramuan ini pada kulit kepala dan ratakan hingga ke ujung rambut. Biarkan semalaman dan bilas pada keesokan harinya. Lakukan rutinitas tersebut seminggu sekali agar rambut tidak rontok dan dapat tumbuh sehat alami.


Post a Comment for "Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami"