Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Menu Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi Dan Kolesterol

makanan untuk hipertensi dan kolesterol
menu makanan untuk hipertensi dan kolesterol

6 Menu Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi Dan Kolesterol

Darah tinggi dan kolesterol tinggi merupakan dua penyakit yang saling berkaitan. Darah tinggi dapat terjadi saat tekanan pembuluh darah melebihi normal dan salah satu penyebabnya karena adanya penumpukan kolesterol yang membuat pembuluh darah menyempit. 

Saat seseorang memiliki kedua penyakit ini secara bersamaan, maka perlu membuat perubahan dalam pola hidup, salah satunya adalah dengan menjaga pola makanan. Masalahnya jika kedua penyakit ini tidak dikontrol dengan baik, dapat memicu berbagai masalah kesehatan seperti serangan jantung, struk, kerusakan ginjal dan bahkan gangguan penglihatan. 

Fungsi makanan sangat penting bagi tubuh, hal ini karena makanan merupakan asupan vital bagi tubuh kita. Tanpa makanan tubuh kehilangan energinya. Namun, fungsi makanan bagi tubuh juga bergantung pada nutrisi yang dikandungnya. Makanan juga berfungsi untuk pencegahan terhadap penyakit, pertumbuhan, dan kesehatan yang baik. Namun disisi lain, makanan juga bisa memicu atau memperparah penyakit jika dikonsumsi dengan cara dan takaran yang salah (berlebihan). Seperti garam misalnya, untuk penderita darah tinggi konsumsi garam harus dibatasi. Garam tidak hanya berasal dari garam dapur, tetapi juga bisa berasal dari makanan kaleng, frozen food, makanan olahan seperti sosis, kornet dan lain sebagainya. 

Selain makanan, obat-obatan juga diperlukan untuk mengatur tekanan darah. Menurut Dr. dr. Samuel Oetara Sp.Gk (k) spesialis gizi klinik, pada dasarnya bahan makanan bukanlah obat, jika tekanan darah tinggi misal tekanan darah anda di atas 140/90 mmHg, anda tetap harus mengkonsumsi obat darah tinggi. Beliau juga menjelaskan beberapa buah dan sayur yang baik bagi penderita darah tinggi dan kolesterol tinggi, karna baik bagi kestabilan tekanan darah dan menurunkan jumlah kolesterol jahat.

Berikut adalah  6 menu makanan untuk penderita darah tinggi dan kolesterol yang bisa ditemukan disekitar kita,

1. Bawang putih tunggal

Bawang putih mengandung alicin yang mempunyai efek sebagai antioksidan kuat yang jika dikonsumsi secara rutin dapat menjaga kestabilan tekanan darah dan menurunkan kolesterol jahat. 

2. Seledri

Seledri mengandung zat yang mempunyai efek dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. 

3. Pisang

Pisang mengandung tinggi kalium dan serat yang baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah tinggi dan menurunkan kolesterol jahat. Hindari pisang yang terlalu matang karena mengandung glukosa yang tinggi. 

4. Alpukat

Alpukat mengandung lemak yang disebut asam lemak tak jenuh tinggal atau omega 9 untuk mengaktifkan reseptor atau tempat melekatnya insulin, dengan itu gula di darah akan mudah masuk ke dalam sel untuk dipakai menjadi energy. 

5. Buah Beri-berian

Buah beri-berian seperti stroberi, blueberry, blackcurrant, dan raspberry merupakan jenis buah buahan yang memiliki anti oksidan yang sangat tinggi sehingga dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan sel cepat menua. Konsumsi buah beri-berian secara rutin, akan menjaga sirkulasi darah tetap normal dan membuat awet muda. 

6. Buah Delima

Anti oksidan yang tinggi pada buah delima, bila dikonsumsi secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung.  Selain itu, buah delima juga sangat baik dalam membantu menjaga kestabilan tekanan darah dan juga kolesterol di dalam tubuh.

Perlu diketahui, dalam 1 jenis buah atau sayur memiliki kandungan nutrisi, vitamin dan mineral yang tidak lengkap atau tidak sempurna, oleh karenanya kita harus mengimbangi dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah atau sayur lainnya. Dr. dr. Samuel Oetoro Sp.GK (k) juga menganjurkan metode 5 macam, 5 porsi, 5 warna untuk konsumsi buah, dan metode 3 macam, 3 porsi, 3 warna untuk konsumsi sayur setiap harinya. 

Setelah mengetahui bahan makanan apa saja yang baik untuk kestabilan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat, kini penderita tekanan darah tinggi dan penderita kolesterol tinggi bisa menentukan menu makanannya dan juga tetap bisa menikmati makanan dengan menu istimewa yang enak, mudah dibuat dan tentu saja aman bagi kesehatan, dan pola hidup sehat tetap terjaga.


Post a Comment for " 6 Menu Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi Dan Kolesterol"