Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengobati Bau Kaki Secara Alami di Rumah

cara mengatasi bau kaki membandel
cara mengatasi bau kaki membandel

7 Cara Mengobati Bau Kaki Secara Alami di Rumah

Jika Kalian merupakan salah satu dari mereka yang kakinya berkeringat dan bau, kalian pasti mengalami betapa susahnya menghilangkan bau kaki yang tercium menyengat. Hal ini tentu saja sangat mengganggu rasa percaya diri kalian.

Tapi jangan khawatir, bau kaki yang menyengat ternyata dapat diobati secara alami di rumah. Di artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa cara mengenai pengobatan secara alami untuk bau kaki dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita.

Penyebab Bau Kaki

Bau kaki biasanya memiliki aroma yang sangat menyengat. Bau kaki sendiri disebabkan oleh adanya bakteri yang menumpuk di bagian bawah kaki pada saat area kaki tidak mendapatkan akses udara segar yang cukup.

Penggunaan kaus kaki dengan bahan yang panas dan tidak menyerap keringat, serta ditambah dengan sepatu yang ketat membuat area kaki tidak mendapat sirkulasi udara yang cukup. Selain itu, kebersihan area kaki yang kurang juga turut semakin berkembangnya bakteri di area kaki. Selain itu, beberapa kondisi medis juga turut mempengaruhi kondisi bau kaki. Salah satu kondisi medis yang membuat kaki menjadi lebih berbau yaitu diabetes.

Cara Menghilangkan Bau Kaki

Berikut merupakan 8 tips cara mengobati atau menghilangkan bau kaki secara alami dirumah yang bisa dicoba,

1. Rendam kaki dengan garam

Garam merupakan salah satu bahan dapur yang sering digunakan sebagai penambah rasa pada masakan. Namun siapa sangka, garam juga berfungsi sebagai anti bakteri secara alami. Karena memiliki sifat sebagai anti bakteri alami, garam sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam pengobatan alami termasuk dalam membantu mengatasi radang tenggorokan, sakit gigi dan juga masalah bau kaki.

Cara menggunakan garam untuk menghilangkan bau kaki yaitu dengan mencampurkan 2 liter air hangat dengan setengah cangkir garam didalam baskom untuk rendaman kaki. Aduk hingga garam tercampur rata dan mulai rendam kaki setidaknya 15 – 30 menit. Merendam kaki dalam campuran air garam tidak hanya membantu menghilangkan bau kaki, tetapi juga membantu melemaskan otot-otot kaki dan melancarkan peredaran darah didalam tubuh.

2. Taburkan baking soda di dalam sepatu dan kaus kaki

Baking soda yang dikenal memiliki banyak sekali manfaat, ternyata juga dapat digunakan dalam mengusir bau kaki. Baking soda memiliki kemampuan dalam menyerap aroma tidak sedap yang biasa dikeluarkan oleh bakteri. Rutin menaburkan baking soda kedalam sepatu dan kaos kaki akan membantu menyerap aroma tidak sedap yang ada didalamnya. 

Selain itu, kalian juga bisa melakukan scrub kaki dengan menggunakan baking soda. Caranya ambil beberapa sendok baking soda, taburkan ke area kaki yang bau dan mulai lakukan scrub dan kemudian rendam kaki ke air hangat. Cara ini dikenal efektif mengatasi bau kaki yang sangat membandel.

3. Merendam kaki dengan campuran minyak kelapa

Minyak kelapa sudah lama dikenal sebagai minyak yang kaya akan antioksidan. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga merupakan humectant alami dan memiliki sifat antibakterial. Minyak kelapa sering sekali dimanfaatkan sebagai pelembab kulit dan rambut. Namun, penggunaan minyak kelapa juga diketahui ampuh dalam mencegah masalah bau kaki.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi bau kaki yaitu dengan menuangkan beberapa tetes minyak kelapa kedalam air hangat, kemudian rendam kaki kalian didalamnya selama beberapa menit. Minyak kelapa yang mengandung asm laurat ini sangat baik dalam membantu membunuh bakteri penyebab bau kaki. Selalu gunakan minyak kelapa murni atau yang disebut dengan extra virgin coconut oil alias VCO.

4. Rendam kaki dengan cuka apel

Cuka apel sudah lama dikenal memiliki sifat sebagai anti bakteri. Cuka apel sering digunakan sebagai salah satu solusi dalam membantu menurunkan berat badan dan mengatasi masalah jamur baik pada pakaian maupun dinding. Namun ternyata, cuka apel juga terbukti ampuh dalam mengatasi masalah bau kaki. Campurkan beberapa sendok cuka apel kedalam air hangat, dan rendam kaki selama 15 menit atau lebih. Kemudian keringkan kaki dengan handuk dan berikan pelembab kaki. Kalian akan menemukan bahwa kaki kalian sudah tidak bau lagi.

5. Rendam Kaki dengan lavender essential oil

Lavender essential oil sering digunakan sebagai aroma therapy dalam membantu mengatasi masalah stress dan depresi. Kemampuan lavender essential oil dalam menenangkan pikiran ini juga sangat bermanfaat dalam membantu mengatasi masalah insomnia. Terlepas dari semua itu, ternuata minyak lavender ini juga sangat bagus dalam membantu mengatasi masalah bau kaki. Di balik aromanya yang wangi dan menenangkan, lavender essential oil juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan kaki menjadi bau.

Cara menggunakan lavender essential ini hampir sama dengan beberapa tips diatas, yaitu dengan mecampurkan beberapa tetes minyak tersebut kedalam baskom yang sudah diisi air hangat. Rendam kaki hingga kalian setidaknya selama 10 menit atu lebih hingga kalian merasa cukup rileks. Lakukan kegiatan ini sesering mungkin agar bau kaki tidak mudah muncul kembali.

6. Scrub dan rendam kaki dengan campuran bubuk kayu manis

Bubuk kayu manis sering sekali digunakan sebagai salah satu bahan masakan atau bahan membuat kue. Tidak hanya itu, kayu ,manis juga sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional. Dan kali ini, ternyata diketahui kayu manis juga sangat bagus dalam membantu mengobati bau kaki secara alami di rumah. Kayu manis mengandung anti bakteri alami, sehingga dapat membunuh dan mencegah bakteri penyebab bau kaki semakin berkembang biak.

Cara menggunakan kayu manis untuk mengatasi masalah bau kaki ini yaitu dengan mencampurkan kayu manis dengan sedikit madu, lalu oleskan ke seluruh telapak kaki dan sela-sela jari kaki, lalu lakukan pijatan untuk proses scrub secara alami. Lakukan selama beberapa menit, kemudian lanjutkan dengan merendam kaki kedalam air hangat.

7. Scrub kaki dengan minyak geranium

Minyak geranium merupakan salah satu antiseptik alami yang bias membantu membunuh bakteri yang merupakan penyebab bau pada kaki kalian. Mencampurkan minyak geranium bersama dengan minyak zaitun tidak hanya dapat membuat kaki menjadi lebih lembut dan wangim, tetapi juga membuat kaki menjadi tidak bau.

Cara menggunakan campuran ini yaitu dengan mencampur 3 hingga 6 tetes minyak geranium bersama dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Minyak geranium bisa kalian dapatkan di berbagai toko baik oflline maupun online.

Demikian 7 cara mengobati bau kaki secara almi dirumah, semoga artikel diatas bisa bermanfaat. Silahkan tinggalkan komen dibawah untuk diskusi lebih lanjut.

Post a Comment for "7 Cara Mengobati Bau Kaki Secara Alami di Rumah"