Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Alasan Pentingnya Mengkonsumsi Jus Wortel

12  Alasan Pentingnya Mengkonsumsi Jus Wortel

Wortel telah lama dipercaya sebagai salah satu makanan dengan nutrisi super karena mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin didalamnya. Selain rasanya yang enak dan renyah, wortel juga merupakan salah satu sayuran yang bisa dikonsumsi dengan banyak cara, baik dengan cara dimasak terlebih dahulu, ataupun dimakan langsung alias mentah. Selain itu, wortel juga sering dikonsumsi dengan cara di jus, karena hampir sebagian besar kandungan pada wortel adalah air. Keuntungan mengkonsumsi wortel dengan cara di jus adalah adanya kandungan serat larut yang membantu perkembangan bakteri baik dan membantu meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dapat diserap dengan lebih sempurna ke dalam tubuh.

manfaat juice wortel
manfaat juice wortel untuk kesehatan



Berikut adalah 12 alasan pentingnya mengkonsumsi jus wortel setiap hari,

1. Bagus untuk kesehatan mata
Warna orange pada wortel disebabkan oleh banyaknya kandungan beta-carotene. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin juga turut bereperan serta dalam membantu meningkatkan kesehatan mata. Apabila seseorang kurang mandapatkan asupan beta-carotene, maka orang tersebut akan mengalami gangguan penglihatan, salah satunya seperti mata minus. Untuk mencegah terjadinya gangguan penglihatan, maka mengkonsumsi wortel setiap hari sangat dianjurkan.

2. Kaya akan antioksidan
Didalam wortel ditemukan adanya senyawa tanaman, salah satunya karotenoid. Karotenoid merupakan zat dengan aktifitas anti-oksidan yang kuat, dan dalam penelitian ditemukan adanya kaitan peningkatan fungsi kekebalan tubuh sehingga mampu mengurangi terjadinya resiko penyakit berbahaya seperti penyakit kanker, penyakit jantung dan berbagai penyakit degeneratif lainnya.

3. Menjaga jantung untuk tetap sehat
Memiliki jantung yang sehat tentu merupakan harapan setiap orang. Oleh karena itu, menambahkan wortel kedalam makanan makanan sehari-hari tentu akan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang rutin mengkonsumsi wortel memiliki resiko serangan jantung yang jauh lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya. Selain itu, rutin mengkonsumsi wortel juga membuat tubuh dapat terhindar dari serangan berbahaya penyakit kardiovascular. Wortel juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol, oleh karena itu selalu memasukkan wortel kedalam menu diet harian akan menjadi nilai lebih bagi kesehatan tubuh.

4. Menjaga kesehatan gigi dan gusi
Senyawa pada wortel sangat efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan serangan bakteri yang masuk lewat mulut. Selain itu, wortel sangat ampuh dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi, karena membantu mencegah terjadinya kerusakan pada gigi. Wortel juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda dan mencegah terjadinya karang gigi apabila dimakan setelah mengkonsumsi makanan. Serat pada wortel juga mampu membersihkan gigi hingga ke sela-selanya, sehingga bisa mencegah terjadinya proses gigi berlubang.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka
Wortel dapat mempercepat proses penyembuhan luka tidak lepas dari tingginya kandungan vitamin C yang ada didalamnya. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan kekebalan imun tubuh, mencegah terjadinya infeksi serta membantu tubuh untuk menyerap dan menggunakan zat besi secara maksimal.

6. Meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan otak
Wortel memang sudah lama dikenal sangat bagus untuk kesehatan mata, namun siapa sangka, ternyata wortel juga sangat bagus untuk kesehatan otak kita. Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh jurnal Nutrition 2010, diketahui wortel mengandung senyawa yang disebut luteolin yang cukup tinggi, yang mana senyawa ini berfungsi untuk melindungi otak dari peradangan serta mampu mengurangi resiko terjadinya defisit memori karena faktor usia.

7. Mencegah kanker
Wortel yang kaya akan antioksidan, dalam beberapa penelitian ilimiah efektif untuk membantu mengurangi terjadinya resiko penyakit kanker jenis tertentu. Antioksidan ini bereperan penting dalam melawan serangan radical bebas yang bisa memicu terjadinya kanker. Senyawa antioksidan yang terdapat pada wortel adalah karotenoid dan antosianin.

8. Meningkatkan sistem pencernaan
Sistem pencernaan akan bekerja dengan lebih maksimal karena adanya serat larut yang dikandung oleh wortel, sehingga membantu pertumbuhan bakteri baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, serat larut juga membantu memperbaiki dan memaksimalkan kinerja sistem pencernaan.

9. Memperlambat terjadinya proses penuaan
Wortel yang kaya akan betakaroten dan vitamin A, merupakan salah satu makanan yang paling efektif dalam memerangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus serta hilangnya elastisitas pada kulit. Betakaroten dalam kandungan wortel sangatlah tinggi, dan betakaroten ini bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi kerusakan sel yang terjadi akibat serangan radikal bebas maupun akibat kegiatan metabolisme tubuh yang dilakukan secara teratur. Tindakan betakaroten sangat membantu dalam proses memperlambat penuaan sel pada tubuh manusia.

10. Memperkuat rambut
Selain betakaroten, wortel juga mengandung vitamin A dan Vitamin E, yang mana kedua komponen ini memiliki peranan penting dalam hal kesehatan rambut. Kedua vitamin ini membantu membuat rambut menjadi tumbuh lebih subur, sehat dan lebih kuat. Vitamin E juga membantu membuat rambut menjadi lebih indah dan berkilau secara alami.

11. Memperbaiki kondisi kulit
Lagi-lagi, kandungan betakaroten yang sangat tinggi pada wortel telah membawanya kedalam salah satu sayuran yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan, diet dengan mengkonsumsi bahan yang kaya akan karotenoid ternyata mampu melindungi kulit dari kerusakan yang ditimbulkan oleh radiasi sinar ultraviolet (UV) serta membantu memperbaiki tekstur atau kondisi kulit. Gabungan dari Betakaroten dan Vitamin C yang dikandung oleh wortel menjadikannya sebagai booster dalam merawat dan menjaga kecantikan kulit dan melindunginya dari kerusakan.

12. Mencegah diabetes
Tingginya kandungan Vitamin A dan Betakaroten terbukti dapat mencegah terjadinya resiko diabetes. Selain itu, serat yang ada pada wortel juga diketahui cukup efektif dalam menjaga kadar gula darah tetap dalam kondisi stabil dan terkontrol.

Post a Comment for "12 Alasan Pentingnya Mengkonsumsi Jus Wortel"