Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Jenis Sayuran Efektif Menurunkan Berat Badan

14 Jenis Sayuran Efektif Menurunkan Berat Badan

Kalori sangat penting untuk tubuh kita karena memiliki fungsi yang sangat vital untuk kinerja tubuh. Organ tubuh kita hanya dapat bekerja dengan baik apabila mendapatkan asupan kalori yang cukup. Selain itu, kalori juga membuat tubuh kita untuk tetap aktif. Namun tidak jarang juga tubuh kita mendapatkan asupan kalori secara berlebihan. Apabila hal ini terjadi, bukan dampak positif yang kita dapatkan, tetapi justru resiko obesitas yang akan didapatkan.

Mengkonsumsi makanan rendah kalori sering dikaitkan dengan berat badan ideal, mood yang stabil dan meningkatkan kesehatan tubuh. Tapi, apa saja makanan rendah kalori yang harus kita konsumsi? hal ini tentu saja sering membuat kita bingung dan bertanya-tanya, makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi agar tubuh senantiasa sehat serta berat badan ideal dapat dimiliki.

14 jenis sayuran untuk diet
14 jenis sayuran untuk diet sehat

Umumnya, makanan rendah kalori adalah sayur-sayuran yang mengandung banyak serat serta memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Seperti kita ketahui bahwa rata - rata kebutuhan kalori harian pada orang dewasa adalah 1200 kalori per harinya. Dan untuk itu, rutin mengkonsumsi makanan rendah kalori akan membuat perut menjadi kenyang lebih lama sehingga perasaan ingin ngemil yang mana bisa membuat asupan kalori berlebih ke dalam tubuh akan lebih terkontrol, sehingga kalori yang masuk menjadi lebih terjaga. Dan apabila hal ini terjadi, pada akhirnya tubuh akan menjadi lebih sehat dan resiko obesitas dapat dihindari.

Untuk itu, pemilihan sayuran yang tepat sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dan berikut merupakan 14 daftar sayuran yang mengandung sedikit kalori yang patut dicoba:

1. Broccoli

Broccoli yang dikategorikan kedalam golongan "superfood" karena sangat kaya akan kandungan nutrisi, ternyata percupnya atau setara dengan 128gram diketahui hanya mengandung 31 kalori, dan diketahui broccoli juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Broccoli tang juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk detok tubuh, juga kaya dengan serat yang membantu memperlambat pelepasan glukosa dalam darah.

2. Selada Air

Selada air secara alami memang rendah kalori dan bebas lemak. Selada air juga diketahui memiliki banyak kandungan vitamin danantioksidan yang tentu saja sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Selain itu, selada air juga mengandung fitokimia (senyawa aktif biologis yang ada pada tumbuhan) dan mineral yang mampu menetralkan racun yang disebabkan oleh serangan dari radikal bebas sehingga dapat membantu mengurangi resiko penyakit yang lebih serius.

3. Seledri Batang

Seledri batang sempat menjadi viral berkat buku "Medical Medium" karya Anthony William, karena disebutkan seledri memiliki segudang manfaat. Kurang lebih 128gram seledri mengandung sedikitnya 18 kalori, yang tentu saja hal itu sangat rendah sekali. Hal ini terjadi karena sebagian besar kandungan seledri adalah air, sehingga secara alami kandungan kalori pada seledri menjadi sangat rendah.

4. Kubis Atau Kol

Kubis atau kol merupakan salah satu sayuran yang cukup sering kita temui, sering digunakan sebagai teman lalapan, ternyata memiki kandungan kalori yang sangat sedikit. Meskipun kandungan kalorinya sangat sedikit, kubis atau kol ternyata kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Mudah dikonsumsi kapanpun dan dimanapun, kandungan kalori kubis atau kol hanya sekitar 33 kalori per cupnya, dan tentu saja kubis atau kol bebas lemak. Selain itu, mengkonsumsi kubis atau kol juga dapat membantu proses menurunkan berat badan, membantu memperkuat imun tubuh serta membuat kulit menjadi lebih sehat. 

5. Kol Mini atau Kol Brussel aka Brussel Sprout

Mengkonsumsi Brussel Sprout tidak hanya membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh, tetapi juga akan membantu berat badan menjadi tetap ideal. Mengkonsumsi brussel sprout secara teratur setiap hari ternyata efektif menjaga tulang menjadi tetap sehat dan membantu mencegah terjadinya pembekuan darah.

6.  Daun Selada

Selada diketahui memiliki banyak jenis, namun hampir sebagian besar selalu rendah kalori dan mengandung banyak air. Dan hal ini juga berlaku untuk daun selada. Daun selada mengandung banyak mineral penting serta rendah kalori, sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung serta menjaga tubuh tubuh untuk tetap terhidrasi.. Kaya akan vitamin A, K dan Antioksidan membuat daun selada juga efektif untuk membantu dalam proses menurunkan berat badan.

7. Daun Kale

Daun Kale mulai dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu superfood dalam beberapa tahun belakangan ini karena banyaknya kandungan vitamin dan mineral yang ada didalamnya. Mengkonsumsi daun kale diketahui dapat membantu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi, mencegah diabetes serta obesitas. Kale yang kaya akan vitamin C, K dan kaya antioksidan, ternyata juga memiliki kandungan kalori yang sangat sedikit. Mengkonsumsi daun Kale juga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit yang lebih serius. Manfaat lainnya yang tidak kalah penting yaitu Kale juga dapat membantu membersihkan ginjal. 

8. Bayam

Diet sehat akan jauh lebih sempurna apabila diikuti dengan konsumsi sayuran hijau satu ini, yaitu bayam. Selain rendah kalori, sayuran hijau yang sehat ini juga mengandung berbagai vitamin penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Per-cup bayam diketahui hanya mengandung 7 kalori, namun mampu membuat perut menjadi kenyang lebih lama, kulit menjadi lebih sehat dan glowing, membuat tubuh menjadi lebih rileks serta membantu mencegah berat badan berlebih.

9. Kembang Kol

Jika kalian ingin menurunkan berat badan dengan cepat, maka mengkonsumsi kembang kol bisa dijadikan sebagai salah satu afternatifnya. Per-cup kembang kol diketahui hanya mengandung kurang lebih 25 kalori, dan bisa dikonsumsi tanpa takut mengalami penambahan berat badan. Kembang kol juga mengandung banyak vitamin dan mineral, yang tentu saja dibutuhkan oleh tubuh. 

10. Timun

Timun sudah lama diketahui sangat efektif dalam urusan menurunkan berat badan, memiliki sifat sebagai anti radang karena mengadung senyawa aktif anti inflamasi serta kaya akan nutrisi dan antiokasidan. Kulit dan biji timun merupakan bagian yang mengandung paling banyak nutrisi. Selain rendah kalori, timun diketahui juga mengandung nol lemak, karbohidrat, kolesterol dan sodium.

11. Zucchini

Mungkin sayuran yang satu ini masih sedikit asing bagi orang Indonesia, namun keberadaannya sudah bisa ditemukan diberbagai pasar modern di area kita. Zucchini sekilas mirip timun, namun teksturnya hampir menyerupai labu siam. Zuchchini yang sebenarnya masih tergolong kedalam labu-labuan ini, sangat bagus apabila dikonsumsi setiap hari karena mengandung banyak air namun memiliki jumlah kalori yang sangat rendah, membuatnya efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Selain itu, zucchini yang kaya akan nutrisi, sering dimanfaatkan untuk mengatasi flu dan meriang.

12. Lobak

Lobak yang diketahui tidak mengandung lemak, gula maupun karbohidrat, diketahui memiliki kalori yang sangat rendah. Selain itu, lobak juga diketahui sebagai salah satu sayuran dengan kandungan vitamin yang cukup tinggi, sehingga patut diperhitungkan untuk dimasukkan kedalam diet harian kita. Hanya dengan mengkonsumsi lobak kurang lebih 100 gram perhari, maka tubuh dapat menyediakan antioksidan yang memiliki kandungan anti diabetes, menurunkan level gula darah serta menurunkan resiko terjadinya penyakit kronis lainnya.

13. Tomat

Tomat yang merupakan sayuran serbaguna ini, termyata memiliki jumlah kalori yang terbilang cukup rendah. 1 buah tomat dengan ukuran sedang mengandung kurang lebih 16 kalori. Kaya akan kandungan Vitamin C, Fiber dan senyawa yang disebut dengan lycopene, tomat sangat bagus untuk kesehatan mata, pencernaan dan membuat tulang menjadi lebih kuat. Selain itu, tomat juga membuat kulit menjadi lebih sehat, cerah dan membantu mencegah penuaan dini. Karena tomat rendah kalori, maka sayuran satu ini bisa menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi pada saat menjalankan program diet sehat.

14. Paprika

Rendah kalori dan kaya akan nutrisi, paprika ternyata juga merupakan salah satu sumber folic acid, vitamin, fiber serta potasium. Karena rendah kalori dan kaya akan nutrisi inilah, paprika sering direkomendasikan untuk dimasukkan kedalam menu diet sehat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Paprika yang juga mengandung fosfor, juga mengandung vitaminc C dan anti oksidan yang cukup tinggi. Paprika sering kita temui dalam berbagai bentuk dan warna, dan yang paling umum adalah warna merah, hijau gelap dan kuing terang.


Post a Comment for "14 Jenis Sayuran Efektif Menurunkan Berat Badan"