Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

16 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Memiliki berat badan ideal tentu menjadi idaman setiap orang. Menggunakan pakaian apapun terasa pas dan badan terlihat jauh lebih menarik, sehingga membuat kita menjadi lebih percaya diri dan semangat menjalani hidup ini. Namun kenyataannya, memiliki berat badan yang ideal susah sekali didapatkan, apalagi tinggal di Indonesia negara tercinta kita ini. Indonesia sangat terkenal dengan kulinernya, dan rata-rata banyak sekali makanan enak berlemak yang sayang sekali apabila dilewatkan begitu saja. Disisi lain, Indonesia juga sangat kaya akan buah-buahan dan sayuran yang bergizi, namun kita sering melihatnya hanya dengan sebelah mata.

cara menurunkan berat badan
16 cara efektif menurunkan berat badan tanpa olahraga


Buah-buahan dari negara tropis terkenal kaya akan anti-oksidan dan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi, oleh karena itu, sangat beruntung kita bisa menikmatinya setiap saat. Dan sayuran yang kaya akan serat dan mineral juga dengan gampangnya kita temukan dari ujung hingga ke ujung tanpa adanya kesulitan untuk mendapatkannya. Namun, seiring dengan adanya kesibukan yang tiada hentinya, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh tersebut lambat laun mulai tersingkirkan karena merasa sedikit ribet kalau harus menyiapkannya setiap hari. Efisiensi dan hemat waktu menjadi pilihan utama, sehingga makanan-makanan siap saji semakin menjadi primadona.

Akibat gaya hidup yang sudah sedemikian rupa, dimana hemat waktu dan efisiensi adalah tujuan utamanya dengan pola makan seadanya tanpa pernah melakukan olahraga, alhasil berbagai penyakit pun ikut bermunculan, salah satunya obesitas. Dampak dari obesitas sangat beragam, mulai dari diabetes hingga komplikasi ke yang lainnya. Untuk itu, memiliki gaya hidup yang sehat agar berat badan ideal dapat dimiliki sangat diperlukan. Biasanya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dengan berat badan ideal, orang akan mulai rutin olahraga entah pergi ke gym, jogging atau sekedar jalan-jalan di taman. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk melakukan kegiatan tersebut. Oleh karena itu, mencari alternatif pilihan untuk tetap memiliki tubuh yang sehat dan berat badan yang ideal tanpa melakukan olahraga sangat diperlukan. Nah bagi kalian yang sedang mencari cara untuk mendapatkan berat badan ideal tanpa perlu melakukan olahraga, berikut adalah 15 cara efektif menurunkan berat badan tanpa olahraga,

1. Minum segelas air 30 menit sebelum makan

Biasakan mengkonsumsi satu gelas air kurang lebih 250ml s/d 350ml sebelum makan. Hal ini bertujuan membuat perut menjadi kenyang, sehingga resiko "kalap" saat makan bisa dihindari, yang pada akhirnya konsumsi kalori yang berlebihan bisa dikurangi.

2. Minum air di sela-sela makan

Minum air di sela-sela proses makan biasanya akan dilarang oleh orang tua kita, karena makanan yang akan dimakan biasanya jadi tidak habis karena keburu kenyang. Namun jika kita ingin menjaga asupan kalori kita, maka minum air di sela-sela acara makan sangat disarankan. Hal ini bertujuan sama seperti poin pertama diatas, yaitu agar kalori yang masuk bisa lebih terkontrol karena perut sudah kenyang duluan.

3. Kunyah makanan secara perlahan

Kebiasaan makan makanan dengan cepat dan buru-buru akan berdampak sangat buruk bagi kondisi kesehatan pencernaan kita, selain resiko tersedak yang sudah pasti ada di depan mata. Keuntungan mengunyah makanan secara perlahan adalah bisa mengurangi berat badan. Hal ini karena hormon yang mengontrol rasa lapar di perut, yaitu ghrelin, akan ditekan setelah melakukan proses kegiatan makan, bersamaan dengan hormon lain yang memberikan rasa kepenuhan, sehingga perut akan merasa kenyang. Hormon-hormon tersebut baru di release kurang lebih 20menit kemudian dari proses kegiatan makan, yang mana akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengurangi nafsu makan karena dianggap sudah kenyang serta membantu untuk berhenti makan.

4. Makan lebih banyak protein dibanding karbohidrat

Keuntungan mengkonsumsi makanan tinggi protein adalah kenyang lebih lama, meningkatkan massa otot dan kekuatan otot, membantu mengurangi keinginan untuk terus ngemil, membantu mengurangi rasa lapar tengah malam, membantu meningkatkan pembakaran lemak serta menjaga berat badan tetap ideal.

5. Kurangi konsumsi roti

Mengurangi konsumsi roti sangat disarankan apabila ingin mendapatkan berat badan ideal. Hal ini karena roti memiliki lebih banyak dampak negatif seperti dapat meningkatkan kadar gula darah, mengandung banyak gluten, dapat memicu meningkatnya kolesterol jahat dan masih banyak lagi. Selain itu, roti juga rendah nutrisi. Karena itu, daripada mengkonsumsi roti lebih baik mengkonsumsi sayuran dan  buah-buahan yang jelas-jelas lebih sehat dan juga mengenyangkan.

6. Konsumsi serat minimal 30-50 gram per hari

Serat memegang peranan penting pada tubuh kita, karena meningkatkan metabolisme pada tubuh serta membuat tubuh terhindar dari konstipasi. Konsumsi cukup serat akan membuat buang air menjadi lancar, membuat usus lebih sehat dan membuat berat badan menjadi tetap ideal.

7. Makan apel setiap hari

Rajin konsumsi buah, terutama buah seperti apel sangat direkomendasikan apabila ingin mengurangi berat badan dengan cepat. Apel mengandung banyak serat, nutrisi, antioksidan dan kaya akan vitamin C, membuatknya sebagai salah satu buah yang sangat digemari untuk membantu kelancaran proses penurunan berat badan. Apel dengan kandungan seratnya yang tinggi, membantu meningkatkan kesehatan usus, dan mencegah terjadinya penyakit diabetes serta efektif untuk mencegah flu. Selain itu, mengkonsumsi apel terbukti membuat kenyang lebih lama sehingga berat badan bisa berkurang.

8. Jangan makan-makanan yang mengandung banyak karbohidrat setelah makan siang

Karbohidrat memegang peranan yang sangat penting bagi tubuh, terutama untuk menyediakan energi sehingga tubuh bisa terus melakukan aktifitasnya. Karbohidrat yang masuk kedalam tubuh akan diubah menjadi glukosa, yang berfungsi sebagai sumber energi. Namun apabila asupan karbohidrat terjadi secara berlebihan, maka kadar gula darah akan menjadi sangat tinggi, sehingga tubuh akan memproduksi lebih banyak insulin, dan memberitahu sel untuk menyimpan kelebihan glukosa yang ada sebagai lemak. Jika hal ini terus berlangsung, maka akan menyebabkan terjadinya obesitas dan diabetes.

9. Biasakan membaca label pada makanan untuk mengetahui apa yang akan dimakan

Membiasakan membaca label pada kemasan makanan akan sangat membantu apa saja nutrisi yang terkandung didalamnya, dan apakah kandungan tersebut aman buat tubuh kita. Selain itu, jeli membaca label pada makanan akan menghindarkan kita untuk tidak mengkonsumsi gula dan garam secara berlebihan. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena kebanyakan makanan kemasan jika bukan makanan manis, pasti makanan asin gurih. Dan seringnya lagi, biasanya kandungan gula dan garam tersebut melebihi jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, membiasakan membaca label itu cukup penting.

10. Berhenti mengkonsumsi gula

Konsumsi makanan manis yang mengandung gula secara berlebihan akan memicu berat badan berlebih. Seiring dengan berjalannya waktu, mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih akan memicu terjadinya penumpukan lemak, yang pada akhirnya menimbulkan penyakit hati berlemak, yang menjadi cikal bakal diabetes, sehingga meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi makanan manis merupakan langkah yang tepat apabila ingin memulai gaya hidup sehat serta mendapatkan berat badan yang ideal.

11. Stop makan gorengan

Gorengan selain rendah nutrisi, juga kaya akan lemak jahat. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi gorengan sangat disarankan. Apalagi kalau memiliki perut buncit, stop makan gorengan adalah kunci untuk mendapatkan lagi perut yang rata. Hasil studi mengatakan, 1 buah gorengan mengandung kalori antara 100 hingga 200 kalori.

12. Stop makan junk food

Makanan siap saji yang sering sekali disebut dengan junk food memang sangat tidak disarankan, dan sebaiknya dihindari. Hal ini makanan junkfood memiliki kandungan natrium yang tinggi, rendah nutrisi serta mengandung banyak bahan kimia tambahan seperti pengawet dan penyedap rasa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Alih-alih menjadi sehat, konsumsi makanan junkfood justru dapat memicu resiko timbulnya kanker, diabetes dan pastinya, obesitas.

13. Mengurangi konsumsi makanan asin

Makan makanan asin bukan saja dapat membuat orang susah menurunkan berat badan, namun resiko penyakit serius lainnya juga akan hadir di depan mata. Kebiasaan mengkonsumsi makanan asin akan membuat darah menjadi kental, sehingga memicu terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi, serangan jantung, kerusakan ginjal dan masih banyak masalah kesehatan yang lainnya. Selain itu, kadar garam yang tinggi juga akan mengikat lebih banyak air sehingga membuat tubuh menjadi membengkak karena menahan cairan melebihi kapasitas yang dibutuhkan.

14. Memperbanyak makan buah dan sayur

Mengkomsi buah dan sayur sangat disarankan apabila ingin menurunkan berat badan dengan cepat tanpa harus capek-capek olahraga. Buah dan sayur kaya akan serat alami, yang tentu saja sangat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu, buah dan sayur kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, membuat badan senantiasa segar, sehat dan berat badan tetap stabil.

15. Maksimal Makan terakhir pukul 18.00

Kenapa makan terakhir harus pukul 18.00? Setelah pukul 18.00 biasanya orang sudah jarang melakukan aktifitas yang berat, sehingga jumlah kalori yang dibakar akan menjadi lebih sedikit. Dan apabila kita mengkonsumsi makanan setelah pukul 18.00, maka akan terjadi kelebihan kalori, yang mana kelebihan kalori tersebut akan disimpan sebagai lemak. Meskipun pada kondisi tidur tubuh masih melakukan proses pembakaran kalori, namun pembakaran tersebut tidak seefektif pada siang hari, yang mana kita lebih aktif dengan melakukan beragam aktifitas.

16. Tidur cukup kurang lebih 8 jam setiap hari

Biasakan tidur kurang lebih 8 jam perhari, karena studi membuktikan bahwa orang yang yang sering begadang atau tidur kurang dari 8 jam perhari, lebih rawan menjadi obesitas. Selain itu, kurang tidur juga diketahui sebagai salah satu pemicu terjadinya penyakit serangan jantung. Hal ini karena kurangnya jam tidur akan mengganggu kinerja organ tubuh, yang pada akhirnya akan mempengaruhi metabolisme pada tubuh kita. Oleh karena itu, tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan badan serta membuat tubuh tetap pada berat badannya yang ideal.

Post a Comment for "16 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga"