Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

cara menjaga kesehatan paru paru
makanan untuk menjaga kesehatan paru-paru


Untuk melanjutkan kelangsungan hidupnya, setiap manusia melakukan kegiatan bernafas guna mendapatkan asupan oksigen kedalam tubuh. Dan untuk mendapatkan asupan oksigen ini, tubuh manusia dibekali dengan organ yang disebut dengan paru paru. Paru paru merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk melakukan respirasi atau pertukaran gas, yang mana proses tersebut kita sebut juga dengan pernafasan. Pada proses respirasi ini, paru paru akan melepaskan karbondioksida dan menggantinya dengan oksigen.

Karena fungsi paru-paru yang sangat vital ini, maka menjaga paru paru agar selalu dalam kondisi fit sangat diperlukan. Kondisi paru paru yang kurang fit akan rawan terkena serangan bakteri dan virus, seperti virus corona yang sedang melanda dunia pada saat ini. Virus corona bekerja dengan menyerang sistem pernafasan kita, dan virus ini sangat menular. Jika kalian mengalami kesulitan bernafas, nafas terasa pendek, tidak bisa melakukan olah raga karena nafas terasa tersengal-sengal, atau kalian sedang mengalami batuk yang tak kunjung sembuh, maka kemungkinan yang terjadi adalah paru-paru sedang dalam keadaan yang tidak sehat. Keadaan paru paru yang sedang tidak sehat apabila terus menerus dibiarkan maka bisa berakibat fatal. 

Cara paling mudah untuk menjaga kesehatan paru-paru yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Makanan yang bergizi tinggi yaitu makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin dan antioksidan. Makanan sehat ini membantu paru-paru untuk dapat terus bekerja secara optimal serta membantu menjaga kebersihan paru-paru. Ada beberapa makanan yang memang memiliki nutrisi yang cukup spesifik yang berfungsi membantu menjaga paru-paru dari racun-racun yang berbahaya yang dapat menurunkan kinerja paru-paru. Buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan salah satu makanan sehat untuk paru-paru. 

Berikut adalah daftar makanan sehat untuk paru paru,

1. Beetroot

Banyak orang yang mungkin kurang suka dengan rasa beetroot yang seperti tanah, namun siapa sangka, si buah merah yang satu ini sangat kaya akan antioksidan. Begitu kalian mengenal manfaat dan kandungan si buah merah satu ini, kalian pasti akan merasa sangat sayang apabila melewatkan buah ini, apalagi setelah diketahui manfaatnya untuk kesehatan paru-paru. Buah beet yang berwarna merah darah ini, termasuk kedalam umbi-umbian, diketahui mengandung senyawa tanaman yang juga dapat menjaga kesehatan hati. Buah beet sangat kaya akan kandungan nitrat berfungsi untuk menjaga kinerja paru-paru. Apabila kalian kurang menyukai rasa beetroot yang seperti tanah ini, maka kalian bisa mengkonsumsi supplement beetroot yang khasiatnya setara dengan kalian mengkonsumsi langsung buahnya. Beetroot juga terbukti membantu meningkatkan kinerja paru-paru bagi mereka yang sedang menderita berbagai masalah pada paru-parunya.

2. Buah blueberry

Blueberry merupakan makanan yang sehat untuk paru-paru dan jantung. Buah blueberry yang berbentuk bulat kecil-kecil berwarna biru gelap, merupakan buah yang dikategorikan kedalam superfood, atau lebih tepatnya sebagai buah ajaib yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Buah blueberry merupakan salah satu buah-buahan yang paling sehat yang pernah ada. Buah ini sering digunakan sebagai selai, campuran salad, campuran oatmeal untuk sarapan dan masih banyak lagi. Dan berdasarkan hasil penelitian, buah blueberry ternyata sangat kaya akan nutrisi, dan tentu saja sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan paru-paru. Buah blueberry mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi fungsi paru-paru. Salah satu senyawa yang terdapat pada blueberry yaitu antosianin, yang merupakan pigmen paling kuat yang berfungsi melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan yang bersifat oksidatif. 

3. Buah Apel

Apel merupakan buah yang bagus buat paru-paru. Rutin mengkonsumsi buah apel terbukti mampu meningkatkan fungsi paru-paru. Jika kalian kebetulan merupakan seorang perokok dan sedang mencari cara bagaimana meningkatkan fungsi paru-paru, maka kalian wajib untuk mengkonsumsi apel setiap hari. Apel diketahui memiliki kemampuan untuk menurunkan resiko asma dan kanker paru-paru, karena apel memiliki kandungan antioksidan, flavonoid dan vitamin C yang sangat tinggi. Selain itu, apel juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Labu

Labu terutama jenis kabocha, mengandung banyak sekali senyawa tanaman yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan paru paru. Warna orange pada labu bukan semata-mata untuk keindahan luarnya saja, namun hal itu merupakan tanda bahwa labu mengandung banyak sekali betakaroten dan karotenoid yang sudah lama dikenal sebagai kandungan anti inflamasi yang sangat kuat untuk menjaga kesehatan paru paru. Berdasarkan studi yang telah dilakukan, memiliki tingkat karotenoid yang tinggi di dalam darah dikaitkan dengan meningkatnya kinerja fungsi paru-paru yang lebih baik. Labu merupakan makanan yang baik untuk paru-paru, oleh karena itu sangat disarankan untuk dikonsumsi terutama bagi mereka para perokok aktif.

5. Kol atau kubis merah

Kol merah atau kubis merah merupakan salah satu makanan yang bagus untuk paru paru. Sayuran ini sering sekali dimakan mentah sebagai campuran salad, dimasak menjadi sup atau sekedar dikukus ataupun ditumis. Sayuran yang mudah ditemukan dimana-mana ini, ternyata sangat kaya akan senyawa antosianin, yang membuat kubis merah ini memiliki warna yang begitu cerah. Antosianin yang merupakan senyawa antioksidan membantu meningkatkan fungsi paru paru. Selain kaya akan antioksidan, kol merah atau kubis merah juga kaya akan serat. Mungkin kalian pernah bertanya-tanya, apa manfaat serat bagi kesehatan paru paru? Menurut penelitian, orang yang rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat memiliki kinerja paru paru yang jauh lebih baik dibanding dengan orang yang jarang mengkonsumsi serat.

6. Paprika

Jika kalian menganggap bahwa jeruk merupakan makanan yang mengandung paling banyak vitamin C, maka kalian salah. Makanan yang mengandung paling banyak vitamin C adalah paprika, terutama paprika merah dan hijau. Paprika merah dan hijau sering sekali digunakan sebagai pengunggah selera karena aromanya yang sangat sedap dan mampu meningkatkan nafsu makan. Tentu saja hal ini menjadi hal yang sangat menguntungkan, karena selain paprika nikmat untuk disantap, kandungan vitamin C nya yang merupakan antioksidan alami dapat menurunkan resiko kerusakan pada paru paru yang diakibatkan oleh asap rokok ataupun racun yang ada dilingkungan sekitar kita. Jadi, makanan untuk penderita paru paru adalah makanan yang mengandung banyak vitamin C. Semakin tinggi kandungan vitamin C maka akan meningkatkan fungsi paru paru.

7. Tomat

Tomat yang sangat kaya akan vitamin C dan Potasium, ternyata diketahui sangat efektif dalam membantu meningkatkan kinerja paru paru. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, rutin mengkonsumsi tomat setiap hari mampu memperlambat kerusakan paru paru yang dialami oleh para mantan perokok.  Keuntungan lainnya mengkonsumsi tomat adalah tomat mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga tubuh akan susah diserang oleh radikal bebas. Selain itu, tomat juga kaya akan antioksidan, yang mana antioksidan ini juga berperan dalam melawan adanya infeksi yang kemungkinan bisa menyerang paru paru yang bisa mengakibatkan pneumonia.

8. Ubi Jalar

Salah satu bahan makanan yang paling mudah didapatkan, bergizi tinggi, lezat dan murah adalah ubi jalar. Ubi jalar diketahui mengandung banyak potasium, karotenoid dan antioksidan. Antioksidan yang ada pada ubi jalar akan membantu tubuh untuk menjaga paru paru dari serangan radikal bebas yang dapat merusak sel paru paru. 

Demikian artikel 8 makanan untuk menjaga kesehatan paru paru, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru"