Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Manfaat Bayam untuk kesehatan

8 Manfaat Bayam untuk kesehatan

8 Manfaat Bayam untuk kesehatan
Bayam untuk kesehatan


Bayam merupakan jenis sayuran yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari. Di Indonesia, bayam sering dikonsumsi dengan cara ditumis atau sekedar dimasak menjadi sayur bayam. Diluar negeri, bayam sering dikonsumsi dengan menjadikannya sebagai bahan campuran salad. Bayam yang biasa dijadikan salad biasanya adalah bayam muda, atau yang dikenal juga dengan baby spinach. Meskipun bayam terlihat seperti sayuran pada umumnya, namun siapa sangka, bayam ternyata memiliki manfaat kesehatan yang sangat luar biasa karena kandungan nutrisinya yang begitu tinggi.

Bayam diketahui kaya akan serat, rendah kalori namun tinggi vitamin dan mineral. Bayam juga diketahui tidak mengandung lemak, kolesterol maupun karbohidrat. Oleh karena itu, bayam sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan vitamin yang utama pada bayam adalah vitamin K. Vitamin K berfungsi untuk membantu tubuh lebih cepat sembuh dari luka dan memperkuat tulang. Selain itu, bayam juga tinggi akan vitamin A, Vitamin C, zat besi, kalsium dan kalium. Menurut penelitian, cara terbaik mengkonsumsi bayam adalah dengan merebusnya sebentar atau konsumsi bayam muda secara mentah dengan cara menjadikan lalap atau bisa juga salad. Memasak bayam terlalu lama tidak dianjurkan karena dapat merusak kandungan nutrisi yang ada didalamnya.

Berikut adalah manfaat bayam bagi kesehatan,

1.Menurunkan resiko serangan kanker

Menurut hasil studi, rutin mengkonsumsi bayam ternyata dapat membuat tubuh beresiko lebih kecil terkena serangan kanker jenis tertentu. Hal ini terjadi karena bayam diketahui juga tinggi antioksidan. Dan terkait bayam dengan turunnya resiko terkena kanker, ternyata juga telah dibuktikan melalui studi yang telah dilakukan beberapa kali. Pada tahun 2007, pernah dilakukan penelitian terhadap konsumsi bayam pada penderita kanker prostat. Penderita kanker prostat yang rutin mengkonsumsi bayam setiap hari, diketahui pelan-pelan mengalami penurunan perkembangan kanker prostat. Lalu pada tahun 2010, dilakukan penelitian terhadap wanita pengidap tumor, yang mana wanita tersebut diminta rutin mengkonsumsi bayam setiap hari. Dari hasil tersebut, diketahui terjadi penurunan pertumbuhan tumor yang tumbuh pada leher rahim wanita tersebut. 

2. Menurunkan resiko stres oksidatif

Bayam merupakan sayuran hijau tinggi antioksidan. Dan dalam hal ini, bayam memiliki peranan sangat penting untuk membantu menurunkan resiko terjadinya stres oksidatif. Namun sayangnya, banyak orang yang belum memahami bahayanya stres oksidatif ini. Stres oksidatif merupakan suatu bentuk yang terjadi ketika jumlah radikal bebas didalam tubuh jauh lebih banyak dibandingkan jumlah antioksidan. Dan apabila stres oksidatif terbentuk, hal ini akan menyebabkan tubuh dijangkiti oleh penyakit kronis sehingga keberadaannya perlu diwaspadai. 

3. Meningkatkan kesehatan Otak

Semakin bertambahnya usia, maka kinerja otak kita akan semakin menurun. Gejala menurunnya kinerja otak biasanya ditandai dengan adanya masalah dalam mengingat sesuatu, kesulitan berbicara dan kesulitan melakukan pekerjaan kecil. Dengan mengkonsumsi bayam setiap hari, maka gejala menurunnya kesehatan otak dapat dihindari. Hal ini dapat terjadi karena bayam mengandung partikel anti-inflamasi, sehingga mampu mencegah terjadinya penurunan kognitif. Bahkan menurut studi yang telah dilakukan, seseorang yang rutin mengkonsumsi bayam kurang lebih 2 porsi secara rutin setiap hari, diketahui memiliki kemampuan kognitif 11 tahun lebih muda dari usia sebenarnya, sehingga hal ini membuat kinerja otak mereka menjadi jauh lebih tajam dibandingkan dengan orang seusia mereka namun jarang atau bahkan tidak pernah mengkonsumsi bayam.

4. Membantu pembekuan darah

Akhir-akhir ini, kita pasti lebih sering mendengar istilah blood clot atau pembekuan darah. Dan beberapa waktu belakangan ini, kasus pembekuan darah beberapa kali terjadi sebagai akibat dari salah satu efek samping penggunaan vaksin Astra Zeneca yang bertujuan memerangi paparan virus Covid-19. Namun efek samping berupa blood clot terkait vaksin tersebut sebenarnya sangat jarang terjadi. Terlepas dari kasus tersebut, proses pembekuan darah sebenarnya sangat penting untuk tubuh. Pembekuan darah diperlukan untuk menghentikan terjadinya pendarahan apabila seseorang mengalami luka pada pembuluh darahnya. Jika tubuh sehat dan semua organ berfungsi dengan baik,  maka pada saat tubuh mengalami luka akan terjadi reaksi dari berbagai protein di tubuh yang akan membuat gumpalan untuk menghentikan pendarahan.Apabila pendarahan tidak dapat berhenti, maka hal ini akan sangat berbahaya bagi tubuh. Dalam komunitas ilmiah, bayam telah lama diketahui memiliki perasanan sangat penting dalam proses pembekuan darah. Hal ini terjadi karena bayam mengandung vitamin K yang sangat tinggi. Vitamin K diperlukan oleh tubuh untuk membuat protrombin yang merupakan faktor yang dibutuhkan dalam pembekuan darah. 

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Salah satu khasiat penting bayam untuk tubuh adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Kemampuan bayam dalam menurunkan tekanan darah tinggi telah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 silam. Karena kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah, hal ini juga membuat bayam juga mampu meningkatkan kesehatan jantung. Segala kebaikan bayam terjadi karena bayam mengandung banyak nutrisi penting seperti folat, potasium dan magnesium, Selain itu, bayam juga diketahui mengandung lutein, yang mana lutein berperan dalam mencegah terjadinya penebalan pada dinding arteri, sehingga resiko terkena darah tinggi dan stroke dapat dihindari.

6. Bagus untuk kesehatan mata

Bayam yang merupakan sayuran berwarna hijau pekat, diketahui mengandung antioksidan berupa karotenoid. Karoteid ini sangat dibutuhkan mata untuk dapat terhindar dari penyakit mata seperti rabun jauh ataupun rabun dekat. Rutin mengkonsumsi bayam setiap hari disinyalir dapat memperbaiki kondisi kesehatan mata, sehingga kerusakan yang lebih parah pada mata dapat dihindari. Untuk itu, rutin mengkomsumsi bayam sangat dianjurkan agar dapat terhindar dari penyakit kerusakan mata.

7. Menjaga kesehatan tulang

Agar tulang tetap sehat dan kuat, maka mengkosumsi makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin K sangatlah penting. Salah satu makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin K adalah bayam. Viitamin K berfungsi untuk mengikat kalsium di dalam tubuh sehingga kepadatan tulang dapat tetap dijaga. Mengkonsumsi bayam setiap hari ditengarai dapat membuat tubuh terhindar dari ancaman penyakit osteoporosis.

8. Menjaga tubuh tetap aktif

Kandungan magnesium yang tinggi membuat bayam menjadi salah satu sumber energi terbaik yang bisa dikonsumsi oleh tubuh. Magnesium juga memiliki peranan penting seperti menjaga kadar gula darah, menjaga tekanan darah, menjaga kesehatan fungsi otot dan saraf, serta untuk kesehatan tulang, gigi dan kuku. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan folat yang cukup tinggi. Folat yang ada didalam bayam akan membantu tubuh untuk memproses makanan yang tidak dibutuhkan tubuh menjadi energi. Untuk itu, mengkonsumsi bayam sangat dibutuhkan agar tubuh dapat aktif sepanjang hari.


Post a Comment for "8 Manfaat Bayam untuk kesehatan"