Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Quinoa untuk Kesehatan

 Manfaat Quinoa untuk Kesehatan

Mungkin diantara kalian ada yang masih asing dengan makanan quinoa, atau bahkan belum pernah mendengarnya sama sekali. Quinoa mulai banyak dikenal masyarakat beberapa tahun belakangan ini, karena quinoa merupakan salah satu superfood yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai salah satu tambahan menu diet sehat. Namun tahukah kalian bahwa biji-bijian dengan kandungan super ini ternyata sudah banyak dikonsumsi sejak 5000 tahun lalu? Yuk baca lebih lanjut untuk lebih mengenal quinoa.

Apa Itu quinoa?

Quinoa yang disebut dengan "kin-wa" merupakan biji-bijian yang berasal dari tanaman berbunga yang masih satu keluarga dengan bayam. Biji quinoa ada beberapa warna, hitam, kuning, merah dan putih. . Tanaman ini biasanya akan dipanen lebih awal untuk diambil bijinya. Biji quinoa mengandung pestisida alami yaitu saponins yang berada pada kulit luarnya. Zat ini terasa pahit, oleh karena itu pada saat panen maka akan ada proses menghilangkan zat ini. Banyak orang yang mengira bahwa quinoa merupakan salah satu jenis gandum, namun anggapan itu salah besar. Biji quinoa diketahui sangat kaya akan serat, protein, antioxidant, vitamin B dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jumlah nutrisi yang terkandung dalam quinoa diketahui jauh lebih banyak dibandingkan dengan biji-bijian yang lainnya. Oleh karena itu, quinoa dikategorikan kedalam makanan superfood.


kandungan nutrisi quinoa per 1 cup
kandungan nutrisi quinoa per 1 cup

Berdasarkan hasil penelitian, pada setiap 1 cup atau 1 cangkir quinoa ternyata mengandung Serat sebanyak 5 grams, Protein sebanyak grams, mangan sebanyak 58% dari kebutuhan jumlah harian, magnesium sebanyak 30% dari jumlah harian yang dibutuhkan, folat sebanyak 19% dari jumlah harian yang dibutuhkan, tembaga sebanyak 18% dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh, zat besi sebanyak 15% dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh, seng sebanyak 13% dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh dan potassium sebanyak 9% dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak berhenti disitu, quinoa juga mengandung lebih dari 10% sejumlah vitamin BI atau Thiamin, B2 dan B6. Sejumlah kecil vitamin B3 atau niacin, vitamin E dan kalsium juga ditemukan pada quinoa.  Quinoa sendiri banyak tumbuh subur di wilayah Ekuador, Chile, Kolombia, Bolivia dan Peru.

Fakta seputar Quinoa

Berikut ini merupakan beberapa fakta yang membuat quinoa semakin solid dikukuhkan menjadi salah satu superfood yang paling direkomendasikan,

1. Quinoa juga diketahui rendah kalori dan rendah Glycemic Index, sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Hal inilah yang membuat quinoa banyak direkomendasikan oleh para praktisi diet agar berat badan ideal dapat segera dicapai.

2. Bebas dari kandungan gluten. Hal ini tentunya merupakan berita yang menggembirakan terutama bagi mereka yang tidak bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten atau yang sedang berjuang bertahan dari serangan penyakit celiac.

3. Mengandung protein lengkap. Berdasarkan hasil penelitian, quinoa diketahui mengandung protein lengkap yang berarti, quinoa mengandung semua 9 asam amino essential yang tidak dapat di produksi oleh tubuh kita. Hal ini tentu sangat luar biasa mengingat manfaat yang bisa didapatkan dari keberadaan asam amino essential ini. Karena hal inilah, quinoa juga sangat direkomendasikan bagi para vegan dan vegetarian, karena mereka bisa mendapatkan asam amino ini tanpa harus mengkonsumsi daging.

Manfaat quinoa untuk kesehatan

Seperti yang sudah diinformasikan diatas, quinoa diketahui memiliki banyak sekali nutrisi sehingga keberadaannya menjadi sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh kita. Lantas, apa saja manfaat quinoa untuk kesehatan? berikut adalah 10 manfaat quinoa untuk kesehatan,

1. Sebagai anti radang atau anti inflamasi alami

Tubuh akan mengalami peradangan apabila terdapat masalah kesehatan atau jumlah radikal bebas yang ada terlalu banyak. Dan dalam hal ini, quinoa diketahui memiliki sifat anti inflamasi alami sehingga rutin mengkonsumsinya akan memberikan efek positif pada tubuh. Hal ini karena setelah kita mengkonsumsi quinoa, tubuh akan memproduksi senyawa yang disebut butirat. Butirat ini merupakan asam lemak penting yang bekerja dengan membantu mengurangi adanya respon inflamasi pada sel dan jaringan tubuh yang lainnya. Selain itu, kandungan saponin pada quinoa juga bekerja sebagai anti inflamasi alami, sehingga kesehatan tubuh dapat lebih terjaga.

2. Meningkatkan fungsi sistem pencernaan

Seperti kita ketahui, quinoa sangat kaya akan serat dan vitamin B. Terkait dengan hal ini, hasil riset membuktikan bahwa rutin mengkonsumsi quinoa terbukti ampuh untuk meningkatkan sistem pencernaan, termasuk mengatasi sembelit serta meningkatkan penyerapan nutrisi yang dilakukan didalam usus kecil. Selain itu, vitamin B juga diketahui berperan aktif dalam produksi asam klorida, yaitu bahan kimia yang terdapat di dalam perut untuk membantu terjadinya proses pencernaan.

3. Mencegah terjadinya anemia.

Berdasarkan hasil penelitian, hampir sebagian besar kandungan nutrisi quinoa adalah magnesium. Hal ini membuat quinoa menjadi salah satu alternative untuk mengobati anemia secara alami. Selain kandungan magnesium, quinoa juga mengandung zat besi yang melimpah. Zat besi ini memegang peranan penting dalam perkembangan tubuh manusia. Mengkonsumsi quinoa setiap hari akan membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. Hemoglobin ini merupakan sel darah merah yang bertindak membawa oksigen ke dalam seluruh tubuh, memberikan warna merah pada darah, mempertahankan bentuk sel darah merah serta mengangkut karbon dioksida untuk kembali ke paru-paru. Organ tubuh yang mendapatkan cukup oksigen akan dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itulah, mengkonsumsi quinoa sangat penting terutama bagi mereka yang menderita anemia.

4. Menjaga kesehatan kulit

Quinoa yang diketahui kaya akan antioxidant, vitamin dan mineral, tentu saja juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Antioxidant pada quinoa akan membantu tubuh untuk melawan radikal bebas, yang dapat merusak kesehatan kinerja organ tubuh, termasuk kulit. Antioxidant akan membantu memperbaiki dan memelihara kesehatan struktur sel kulit, sehingga kinerja sel kulit akan menjadi jauh lebih maksimal dalam menahan air sehingga kelembaban dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit dapat dijaga pada saat yang bersamaan.

5. Membantu menurunkan berat badan

Jika kalian sedang kesusahan menurunkan berat badan, maka cobalah melakukan diet dengan mengkonsumsi quinoa. Quinoa yang merupakan biji-bijian ini, pada saat dimasak akan sedikit mirip dengan beras, namun sangat berbeda dalam hal kandungan nutrisinya. Quinoa yang berdasarkan hasil penelitian diketahui sangat kaya akan serat, memiliki jumlah serat yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan beras ataupun gandum. Berkat kandungan serat yang sangat tinggi ini, maka mengkonsumsi quinoa akan sangat berpengaruh pada proses metabolisme. Serat bersifat susah dicerna, jadi pada saat mengkonsumsi makanan kaya akan serat, tubuh akan memerlukan jumlah kalori yang lebih besar agar serat dapat dicerna sehingga proses metabolisme dapat berjalan. Karena apabila tidak, serat akan memperlambat proses metabolisme. Sementara itu, quinoa diketahui rendah kalori tapi kaya akan serat. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena akan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori dibanding kalori yang masuk karena banyaknya serat yang harus di proses oleh tubuh, sehingga quinoa sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

6. Efektif untuk menurunkan kadar gula darah

Disamping dapat membantu menurunkan berat badan, serat yang terdapat pada quinoa juga efektif untuk membantu memperlambat kenaikan kadar gula darah. Hal ini karena serat akan mempersulit tubuh untuk mencerna makanan, sehingga metabolisme tubuh akan melambat. Karena metabolisme tubuh yang menjadi lambat, hal ini akan mempengaruhi kadar kenaikan gula darah dalam tubuh. Selain itu, nutrisi dari makanan yang dikonsumsi juga akan ikut melambat, termasuk karbohidrat dan lemak akan menjadi lebih lama untuk dapat diserap oleh tubuh. Berkat hal ini, organ akan mendapatkan lebih banyak atau cukup waktu untuk melakukan sekresi untuk pencernaan yang lebih efektif. Rutin mengkonsumsi biji-bijian terutama quinoa akan membantu mengurangi resistensi insulin pada tubuh sehingga secara otomatis akan membantu menurunkan kadar gula darah. Insulin sendiri berfungsi untuk membantu dalam memecah molekul gula yang ada di dalam darah dan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

7. Membantu mengurangi kolesterol

Menemukan makanan yang dapat menjaga kesehatan tubuh, terutama yang dapat mengontrol kadar kolesterol memang gampang-gampang susah. Quinoa merupakan salah satu makanan yang terbukti efektif membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini terjadi karena pada saat tubuh mengkonsumsi quinoa, maka quinoa akan bersatu dengan asam empedu yang terdapat di dalam hati. Asam empedu merupakan campuran kolesterol yang ada di dalam hati dengan cairan yang ada di dalam empedu. Pada saat bersatu ini, maka dihasilkan senyawa yang bentuknya mirip jelly, yang kemudian akan disekresikan ke usus. Jadi pada saat asam empedu ini dikeluarkan dari dalam hati, maka secara otomatis hati akan mengambil kolesterol yang ada didalam darah untuk menghasilkan lebih banyak lagi asam empedu. Proses ini akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi berkurang, sehingga resiko terkena penyakit kardiovaskular dapat dihindari.

8. Membantu mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu kondisi dimana kepadatan tulang berkurang. Apabila hal ini terjadi, maka tulang akan menjadi lemah dan rapuh. Apabila hal ini terjadi, maka berbagai penyakit seputar kesehatan tulang akan muncul, dan tentunya hal ini akan sangat mengganggu kinerja aktivitas tubuh. Oleh karena, mencegah terjadinya osteoporosis sejak dini sangatlah penting. Bersyukurlah, kondisi ini juga dapat dicegah apabila rutin mengkonsumsi quinoa. Hal ini karena tingginya kandungan magnesium pada quinoa. Magnesium sendiri berperan sebagai nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, tingginya kandungan protein pada quinoa juga sangat dibutuhkan sebagai bahan pembangun tulang.

9. Meningkatkan sistem imun tubuh

Quinoa yang dikategorikan kedalam salah satu superfoods ini, tentu tidak lepas dari tingginya antioksidan yang ada didalamnya. Antioksidan berfungsi memerangi radikal bebas yang dapat merusak sel sehat sehingga apabila semakin banyak jumlah radikal bebas dalam tubuh, maka tubuh akan rentan terkena berbagai penyakit termasuk sakit jantung, diabetes, kangker dan penuaan dini. Keberadaan antioksidan ini akan menjadi pelindung tubuh sehingga populasi radikal bebas dapat di kontrol. Kandungan antioksidan inilah yang membuat quinoa menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Antioksidan yang terdapat pada quinoa adalah Quecetin dan Kaempferol. Kedua senyawa ini ditemukan sangat melimpah pada butiran quinoa. 

10. Membantu mempercepat perbaikan dan penyembuhan jaringan

Rutin mengkonsumsi quinoa diketahui dapat membantu mempercepat perbaikan dan penyembuhan jaringan. Hal ini karena adanya kandungan Lisin pada quinoa. Lisin sendiri adalah asam amino esential yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga untuk mendapatkannya tubuh harus melakukan asupan eksternal. Mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup Lisin dapat membantuu meningkatkan produksi kolagen yang lebih banyak. Kolagen sendiri merupakan protein yang digunakan oleh jaringan ikat tubuh, dan memiliki banyak fungsi termasuk menjaga kekenyalan kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Cara memasak Quinoa

Cara memasak quinoa sebenarnya kurang lebih hampir sama seperti memasak beras pada umumnya. Berikut adalah langkah mudah untuk memasak quinoa,

1. Cuci quinoa sampai bersih, persis seperti mencuci beras. Hal ini bertujuan untuk membuang zat yang melapisi quinoa agar rasa pahit bisa dihindari.

2. Masukkan quinoa ke rice cooker dan tambahkan air. Takaran air disini adalah 1:2, dimana 1 cangkir quinoa membutuhkan 2 cangkir air. Jika kalian ingin memasak quinoa menggunakan kompor, maka perbandingan airnya tetap sama.

3. Untuk yang memasak dengan rice cooker, tinggal menutup tutup rice cooker dan nyalakan mode memasak persis seperti memasak beras. Untuk yang menggunakan kompor, maka setelah air dimasukkan, nyalakan kompor dengan api kecil, tunggu hingga air meresap semua. Jangan lupa untuk menutup pancinya agar quinoa bisa matang sempurna. Proses memasak quinoa kurang lebih 15-30 menit.

4. Quinoa bisa disajikan sebagai pengganti nasi, sehingga tubuh menjadi jauh lebih sehat.

Post a Comment for "Manfaat Quinoa untuk Kesehatan"