Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami di Rumah

cara menghilangkan karang gigi
cara membersihkan karang gigi secara alami

5 Cara menghilangkan karang gigi secara alami dirumah

Penyebab karang gigi

Menghilangkan karang gigi secara alami dirumah sebenarnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan yang terdapat di dapur kalian. Pada dasarnya, karang gigi merupakan penumpukan sisa makanan yang dicerna oleh kuman, kemudian bercampur dengan zat kapur dan air liur sehingga menjadi karang gigi. Karang gigi yang dibiarkan saja tanpa dilakukan perawatan lebih lanjut akan menyebabkan karies gigi, sehingga gigi menjadi rapuh, rawan patah dan mudah berlubang. Pembersihan karang gigi secara total memang sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi agar pembersihan bisa maksimal. Selain itu, rutin melakukan pengecekan gigi setiap 6bulan sekali ke dokter gigi wajib dilakukan agar gigi terkontrol kesehatannya.

Karang gigi yang tidak dibersihkan juga akan membuat bau mulut menjadi tidak sedap. Bau mulut yang tidak sedap tentu akan sangat mengganggu penampilan, disamping juga mengganggu lawan bicara kita. Untuk itu, melakukan berbagai perawatan gigi sangatlah dibutuhkan untuk mengatasi hal ini. Jika anda terlanjur memiliki banyak karang gigi dan masih enggan pergi kedokter, maka anda bisa melakukan beberapa perawatan dirumah. Memang hal ini tidak akan seketika menghilangkan semua karang gigi yang ada pada gigi anda, namun secara perlahan akan mengurangi karang gigi yang ada. Tindakan membersihkan karang gigi namanya adalah scalling, atau sering disebut juga scalling gigi.

Biaya membersihkan karang gigi

Jika kalian ingin membersihkan karang gigi, maka kalian bisa pergi ke dokter gigi terdekat atau pergi ke puskesmas. Berita baiknya tindakan membersihkan karang gigi biayanya bisa ditanggung BPJS apabila tindakan dilakukan di tempat yang memang menerima BPJS. Apabila tindakan ini ditanggung oleh BPJS, maka secara otomatis biayanya adalah gratis. Sebagai informasi tambahan, scalling gigi akan ditanggung sebanyak 1x dalam setahun oleh BPJS. Biaya membersihkan karang gigi tanpa BPJS sangat bervariasi, ada yang dimulai dari Rp. 100.000 dan ada pula yang mematok harga Rp. 3.500.000. Biaya ini tergantung tempat dan lokasinya, namun untuk di kota-kota besar, rata - rata biaya membersihkan karang gigi berkisar antara Rp. 300.000 - 1.000.000.

Cara membersihkan karang gigi secara alami atau cara menghilangkan karang gigi

Berikut adalah cara membersihkan karang gigi secara alami yang bisa dilakukan dirumah.

1. Membersihkan karang gigi dengan baking soda

Baking soda memiliki kemampuan untuk meluruhkan plak karang gigi secara alami. Baking soda dapat mengikis lapisan terluar gigi serta mengikis  kotoran yang menempel pada gigi. Cara membersihkan karang gigi dengan baking soda cukup mudah, campurkan 1 sendok makan baking soda dan tambahkan satu gelas air. KAduk campuran ini secara merata, lalu kumur-kumur kurang lebih selama 1 menit. Apabila plak atau karang gigi sangat banyak dan membandel, lakukan kegiatan ini dua hari sekali. apabila hanya sedikit, cukup dilakukan seminggu sekali.

2. Membersihkan karang gigi dengan air rebusan cengkeh. 

Cengkeh merupakan salah satu rempah yang sudah lama dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk menyembuhkan sakit gigi. Selain itu, cengkeh juga efektif membasmi bau mulut dan meluruhkan karang gigi karena cengkeh memiliki sifat alami membasmi bakteri yang berkembang biak didalam mulut. Cara menggunakan cengkeh untuk menghilangkan karang gigi secara alami dirumah yaitu dengan cara berkumur dengan air rebusan cengkeh setiap hari. Cranya, ambil segenggam cengkeh, lalu rebus hingga air mendidih. Kemudia, dinginkan air rebusan tadi. Selanjutnya, gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur setiap hari. Selain nafas menjadi segar secara alami, air rebusan cengkeh juga akan menghilangkan karang gigi secara alami.

3. Membersihkan karang gigi dengan teh hijau atau green tea.

Teh hijau atau Green tea merupakan salah satu jenih teh yang terkenal dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Namun siapa sangka, teh hijau ini ternyata juga sangat ampuh membunuh bakteri penyebab masalah bau mulut. Selain itu, teh hjau atau greentea ini juga efektif dalam memperkuat gigi sehingga gigi tidak mudah rapuh. Cara menggunakan teh hijau atau green tea untuk menghilangkan karang gigi secara alami yaitu dengan menyeduh teh hijau layaknya seperti membuat teh pada umumnya. Kemudian, air seduhan teh ini didinginkan dan setelah dingin, air sudah siap digunakan sebagai obat kumur alami. Berkumurlah dengan teh hijau ini setiap hari agar kebersihan mulut dan nafas segar tetap terjaga.

4. Membersihkan karang gigi dengan dental floss atau benang gigi.

Dental floss atau karang gigi merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mencegah karang gigi akibat penumpukan kotoran yang ada pada sela sela gigi. Dental floss atau benang gigi sebaiknya digunakan sebelum melakukan gosok gigi, agar gigi semakin bersih sempurna.Dental floss atau benang gigi terbukti sangat efektif mengeluarkan sisa makanan yang terselip kedalam sela-sela gusi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Oleh karena itu, biasakan menggunakan benang gigi sesering mungkin sehingga penumpukan makanan disela-sela gigi dan gusi bisa dihindari.

5. Menghilangkan karang gigi dengan garam

Salah satu alternatif menghilangkan karang gigi secara alami bisa dengan dilakukan dengan menggunakan garam. Garam dapur dipercaya dapat membersihkan dan menghilangkan karang gigi, dan praktek ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu kala. Bahkan, sakit gigi dan sakit tenggorokan juga disarankan untuk menggunakan air garam. Hal ini karena garam mengandung anti bakteri yang dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi, gigi berlubang dan serta membantu merontokkan karang gigi. Cara menghilangkan karang gigi dengan garam cukup mudah,yaitu ambil satu sendok teh garam, kemudian campurkan dengan segelas air hangat. Aduk larutan air garam ini hingga merata, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur. Berkumur larutan air garam sehari 3 kali merupakan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan lebih cepat dan efisien.

Demikian cara menghilangkan karang gigi secara alami dirumah, semoga artikel diatas dapat membantu anda.

Post a Comment for "5 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami di Rumah"