Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skincare untuk Kulit Kusam dan Berminyak Tanpa Perawatan ke Dokter

Skincare untuk Kulit Kusam dan Berminyak Tanpa Perawatan ke Dokter
skincare untuk kulit kusam dan berminyak

Skincare untuk Kulit Kusam dan Berminyak Tanpa Perawatan ke Dokter

Mungkin banyak diantara kalian yang sering bertanya-tanya, bisakah mengatasi kulit kusam dan berminyak tanpa melakukan perawatan ke dokter? Jawabannya tentu saja bisa. Saat ini, skincare untuk kulit kusam dan berminyak banyak dijual di pasaran, namun yang perlu diperhatikan tentu saja adalah cara penggunaannya. Tanpa cara yang tepat, tentu hasil maksimal akan susah untuk didapatkan.

Sebelum kita membicarakan skincare untuk kulit kusam dan berminyak, maka alangkah baiknya apabila kita memahami apa itu kulit kulit kusam dan berminyak, dan apa saja faktor pemicunya.

Kulit kusam dan berminyak merupakan suatu kondisi dimana kelenjar minyak atau sebaceous glands memproduksi minyak atau sebum berlebih, sehingga sebum yang berlebih ini cenderung membuat kulit menjadi kusam. Produksi minyak atau sebum yang berlebih ini terjadi karena kelenjar minyak mendapatkan sinyal bahwa kulit mengalami dehidrasi sehingga membutuhkan pelumas ekstra. Dan pelumas ekstra ini berupa penambahan produksi minyak atau sebum. Sebum ekstra yang diproduksi biasanya memiliki karakter yang lebih pekat sehingga memiliki kecenderungan dapat menutup pori-pori kulit. Dan karena hal tersebut, alih-alih menjadi lebih lembab, kulit wajah akan menjadi lebih berminyak dan kusam. 

Dari penjelasan diatas, perlu kita pahami bahwa kondisi kulit berminyak sebenarnya menggambarkan bahwa kulit tidak mendapatkan pelembab yang cukup. Hal ini merupakan salah satu hal penting namun sering luput dari perhatian. Karena kurangnya pelembab pada kulit wajah, sehingga memicu produksi sebum yang berlebihan. Apabila sebum di produksi secara berlebihan dan terus menerus, maka hal tersebut akan membuat wajah menjadi lengket, nampak gelap dan kusam, serta lebih rawan membuat debu untuk terperangkap di area kulit, sehingga cenderung menimbulkan berbagai masalah kulit, termasuk komedo dan jerawat.

Produksi minyak pada kulit juga sangat dipengaruhi oleh hormon Androgen. Oleh karena itu, selalu menghindari makan-makanan atau aktifitas yang  dapat  memicu meningkatnya kadar hormon tersebut sangat penting untuk dilakukan.  Hormon androgen yang berlebihan akan memicu seseorang untuk mengalami PCOS - Polycyctic Ovary Syndrome, yang mana orang yang mengalami PCOS cenderung memiliki wajah berjerawat dan berminyak. Mengontrol konsumsi makanan seperti gorengan, pedas dan berlemak tinggi sangat penting agar PCOS dapat dikendalikan dan masalah pada kulit wajah dapat segera diatasi.

Berikut merupakan cara untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak tanpa perawatan ke dokter yang bos

1. Rutin Cuci wajah 2x sehari

Kegiatan rutin mencuci wajah pada pagi hari dan malam hari sangatlah penting, karena kegiatan mencuci wajah merupakan tindakan dasar guna membersihkan wajah dari kotoran dan minyak berlebih. Kotoran dan minyak berlebih inilah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam dan berjerawat. Selalu gunakan sabun cuci muka yang tidak mengandung SLS atau SLES, karena kedua bahan active tersebut dapat menyebabkan kulit kehilangan pelindung aslinya yang biasa juga disebut dengan skin barrier.

Beberapa waktu terakhir ini, penggunaan sabun cuci muka dengan label "Low pH" semakin marak beredar di pasaran. Penggunaan sabun dengan pH rendah telah terbukti dapat menjaga lapisan pelindung utama kulit, atau skin barrier, sehingga berbagai masalah kulit seperti kulit kemerahan dan kering dapat dicegah. Sabun atau pembersih wajah "low pH" biasanya berupa gel, lebih aman untuk dipakai sebagai pembersih wajah harian, karena kandungan yang ada didalamnya juga lebih relatif lebih aman.

Berikut adalah beberapa sabun dengan pH rendah yang aman buat kulit sensitif dan berjerawat,

1. COSRX Low pH Good Morning Cleanser

2. SKINTIFIC 5X Ceramide Low pH Cleanser

3. SOMETHINC Low pH Gentle Jelly Cleanser

4. TRUEVE Gentle Low pH Cleanser

5. PYUNKANG YUL Low pH Pore Deep Cleansing Foam

6. SOME BY MI Snail Truecica Miracle Repair Low pH Gel Cleanser

2. Menggunakan produk dengan kandungan BHA atau PHA

BHA merupakan salah satu bahan aktif yang banyak digunakan dalam rangkaian produk perawatan kecantikan. BHA sendiri merupakan singkatan dari Beta Hydroxy Acid, yang dikenal juga dengan sebutan salicylic acid. Bahan ini sangat efektif dalam membantu mengontrol produksi minyak berlebih, mengatasi komedo dan membantu mengecilkan pori-pori. Tidak hanya itu, BHA juga efektif membantu membersihkan sel kulit mati dan membantu memudarkan flek hitam, serta efektif membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Sementara itu, PHA merupakan singkatan dari Polyhydroxy Acid, yang merupakan bentuk turunan dari AHA - Alpha Hydroxy Acid, yang mana bahan active PHA dapat bekerja untuk membantu mengelupas sel-sel kulit mati, membantu menghilangkan noda dan bintik hitam, serta menyamarkan warna kulit. Meskipun PHA merupakan turunan dari AHA, namun tingkat iritasi yang dapat ditimbulkan relatif lebih rendah, dan lebih aman buat kulit. Rutin menggunakan toner wajah yang mengandung BHA dan PHA terbukti efektif membuat kulit menjadi lebih bersih, lembut dan lebih cerah.

Berikut adalah beberapa rekomendasi toner dengan kandungan BHA ataupun PHA yang aman untuk kulit kalian,

1. SOMETHINC Calm Down! PHA 3% Everyday Toner Skin Repair

2. SOME BY MI - AHA - BHA -PHA  30 Days Miracle Toner

3. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

3. Rutin menggunakan skincare yang mengandung Niacinamide

Niacinamide merupakan nama lain dari bentuk vitamin B3, dan jenis vitamin ini banyak ditemukan didalam sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, susu dan juga daging. Vitamin B3 sangat penting untuk tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan kulit. Niacinamide diketahui dapat mengontrol produksi sebum yang berlebih, membantu mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori kulit, mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah serta membantu memudarkan flek atau noda hitam pada wajah.

Penggunaan niacinamide yang aman dan dapat bekerja secara efektif pada kulit wajah berada pada level 2% - 5%. Kadar niacinamide yang lebih tinggi dari 5%, memiliki potensi yang lebih tinggi untuk menimbulkan iritasi pada kulit, termasuk menimbulkan masalah kulit seperti bruntusan, kulit kemerahan dan jerawat. Apabila kalian terlanjur membeli niacinamide dengan kadar 10%, maka tidak perlu khawatir. Kalian bisa mencampurkannya kedalam moisturizer kalian, sehingga kadar niacinamide yang terlalu tinggi dapat dikurangi.

Berikut adalah beberapa rekomendasi skincare yang mengandung niacinamide yang bisa kalian gunakan untuk pagi dan siang hari agar wajah bebas dari kulit kusam dan berminyak,

1. Wardah Lightening Day Cream Advanced Niacinamide

2. SOMETHINC Niacinamide Barrier Serum

3. Whitelab Brightening Face Serum Niacinamide 10%

4. Rutin menggunakan krim malam dengan kandungan retinoid

Saat ini, retinoid semakin banyak digunakan sebagai salah satu bahan utama krim malam karena manfaat utamanya dalam mencegah penuaan dini, jerawat, serta membantu wajah terbebas dari masalah kulit kusam dan berminyak. Retinoid sendiri merupakan turunan dari vitamin A, yang mana penggunaan bahan aktif ini sangat penting dalam membantu kesehatan kulit, terutama dalam memerangi masalah premature aging atau penuaan dini.

Cream yang mengandung retinoid juga sering diresepkan oleh dokter kulit kepada mereka yang sedang berjuang dalam memerangi jerawat. Penggunaan krim yang mengandung retinoid biasanya harus ada dalam pengawasan dokter, mengingat efek yang diberikan dapat menimbulkan iritasi ringan hingga berat. Namun, cream retinoid ini juga dapat dibeli apotek atau farmasi yang ada di sekitar rumah kalian. Cream retinoid biasanya dibagi menjadi 3 level yaitu 0.025%, 0.05% dan 0.1%. Bagi pemula, krim yang biasa dianjurkan adalah 0.025%. Dan dengan seiring dengan berjalannya waktu, kadar krim tersebut dapat dinaikkan sesuai dengan kebutuhan kulit.

Salah satu hal yang perlu diingat, krim retinoid bekerja efektif pada malam hari dengan kondisi ruangan tanpa cahaya. Pada saat kulit sedang perawatan dengan menggunakan krim retinoid ini, maka penggunaan tabir surya pada pagi dan siang hari sangatlah diperlukan. Hal ini karena penggunan krim retinoid akan membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, dan tanpa penggunaan tabir surya, maka justru akan merusak kondisi kulit sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah kulit yang tidak diinginkan.

Berikut adalah rekomendasi skincare retinoid yang bisa digunakan sebagai rangkaian perawatan di malam hari,

1. Whitelab Granactive Retinoid Intensive Care Serum

2. Mikaderma Mides Ret-A

3. SOMETHINC Granactive Snow Retinoid 2%

Post a Comment for "Skincare untuk Kulit Kusam dan Berminyak Tanpa Perawatan ke Dokter"