Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tanda Tubuh Kurang Zat Besi

 
tanda tubuh kurang zat besi
tanda tubuh kurang zat besi

9 Tanda Tubuh Kurang Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Keberadaan zat besi ini berfungsi untuk membantu sel darah merah memproduksi hemoglobin, yang mana hemoglobin ini berfungsi memberikan warna merah pada darah, mengangkut oksigen dan menyebarkan ke seluruh tubuh, mempertahankan bentuk sel darah merah serta mengangkut karbon dioksida.

Tubuh yang kekurangan zat besi dapat memicu munculnya berbagai penyakit, salah satunya anemia. Dalam jangka panjang, kekurangan zat besi dapat mengganggu aktivitas harian akibat berbagai gejala yang ditimbulkan yang dapat mempengaruhi kinerja tubuh.

Berikut adalah 8 tanda tubuh kurang zat besi

1. Susah konsentrasi

Apabila anda merasa susah untuk fokus dan konsentrasi, mudah lupa serta diikuti dengan menurunnya berbagai kemampuan kognitif lainnya, maka hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa tubuh and kekurangan zat besi. 

2. Mengalami insomnia atau gangguan masalah tidur

Tanda berikutnya apabila tubuh sedang mengalami defisiensi zat besi atau iron adalah insomnia. Seseorang yang tubuhnya terdapat lebih sedikit zat besi cenderung mengalami gangguan tidur, sehingga tubuh tidak dapat beristirahat secara maksimal.

3. Rasa lelah yang terus menerus

Meskipun rasa lelah yang menyerang tubuh bisa diakibatkan oleh banyak hal, namun salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah tubuh kekurangan zat besi. Hal ini karena kurangnya zat besi akan mempengaruhi produksi hemoglobin, yang mana hemoglobin memiliki tugas untuk mengedarkan oksigen keseluruh tubuh. Apabila tubuh kekurangan oksigen, maka otot dan jaringan tubuh akan melemah sehingga menyebabkan rasa lelah yang berlebihan.

4. Sering mengalami sesak nafas

Sesak nafas merupakan hal yang wajar apabila terjadi setelah tubuh melakukan aktivitas seperti lari atau sedang melakukan olahraga yang lain. Namun apabila tubuh sedang tidak melakukan aktivitas yang berat tetapi sesak nafas menyerang, maka hal itu merupakan tanda tubuh sedang kekurangan oksigen. Kekurangan oksigen ini dapat terjadi apabila tubuh tidak cukup mendapatkan distribusi oksigen dari hemoglobin karena kurangnya produksi hemoglobin akibat minimnya zat besi yang ada di dalam tubuh.

5. Rambut mudah rontok

Tanda-tanda tubuh kurang zat besi berikutnya adalah rambut yang selalu rontok. Penyebab rambut rontok memang berbagai macam, termasuk penggunaan alat styling, pengering dan berbagai perawatan kimia lainnya. Namun apabila anda tidak memiliki kebiasaan tersebut tetapi rambut masih saja rontok, ada kemungkinan anda kekurangan zat besi. Dilansir dari Healthline.com, tubuh yang kekurangan zat besi tidak hanya akan mengalami rambut rontok, namun juga bisa menyebabkan kebotakan yang mirip dengan kebotakan yang sering terjadi karena faktor genetik.

6. Mengalami anemia

Anemia merupakan penyakit akibat tubuh mengalami kurang darah, karena rendahnya produksi hemoglobin didalam sel darah merah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi sangat disarankan.

7. Kuku rapuh dan rusak

Hal berikutnya terkait dengan tanda tubuh kurang zat besi adalah kuku yang rapuh dan mudah rusak. Pasti diantara pembaca ada yang pernah mengalami bahwa kukunya terlihat rapuh dan tidak sehat, mudah dikelopek sehingga tampilan kuku menjadi jauh dari kata cantik. Hal ini merupakan salah satu tanda bahwa tubuh mengalami defisiensi zat besi.

8. Lidah terlihat membengkak dan berubah warna

Tanda berikutnya adalah lidah terlihat membengkak dan berubah warna menjadi lebih pucat. Perlu diketahui, lidah yang sehat adalah lidah yang terlihat bersih dan berwarna pink segar. Hal ini karena pada otot lidah terdapat protein pengikat oksigen dan zat besi yang disebut dengan mioglobin, sehingga pada saat tubuh kekurangan zat besi, maka lidah akan menjadi bengkak dan meradang.

9. Ujung sudut bibir kering pecah-pecah  dan kering

Apabila anda mengalami ujung sudut bibir yang kering dan pecah-pecah dengan rasa perih, maka hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa tubuh membutuhkan tambahan zat besi.


Post a Comment for "9 Tanda Tubuh Kurang Zat Besi"