Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kandungan Bahan Aktif Yang Bisa Mencerahkan Wajah Secara Alami

Kandungan Bahan Aktif Yang Bisa Mencerahkan Wajah Secara Alami
Kandungan Bahan Aktif Yang Bisa Mencerahkan Wajah Secara Alami

10 Kandungan Bahan Aktif Yang Bisa Mencerahkan Kulit Wajah Secara Alami

Memiliki wajah yang bersih dan mulus tentu merupakan idaman bagi semua orang. Banyak orang sudah melakukan berbagai cara namun terkadang hasil yang maksimal belum juga didapatkan. Dengan semakin bertambahnya ilmu pengetahuan akan kandungan bahan skincare yang bagus untuk kulit, maka impian untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan mulus tentu bukan hal yang mustahil lagi.

Apabila selama ini kalian sedang berjuang untuk menyingkirkan berbagai masalah kulit terutama flek hitam dan muka yang cenderung terlihat kusam, maka memahami penggunaan berbagai bahan aktif yang bisa mencerahkan kulit wajah tentu sangat penting. Berikut merupakan 10 kandungan bahan aktif yang bisa mencerahkan wajah secara alami yang bisa kalian gunakan.

1. Vitamin C

Serum vitamin C merupakan salah satu serum yang banyak direkomendasikan oleh para pakar kecantikan karena kemampuannya dalam membantu memudarkan flek hitam, noda bekas jerawat dan juga untuk membantu mempertahankan kekenyalan kulit. Hal ini tentu tidak terlepas dari manfaat vitamin C yang begitu luar biasa dalam membantu merawat sel kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat dan terlihat awet muda.

Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang berfungsi membantu menjadi sel-sel kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh serangan radikal bebas. Serangan radikal bebas ini bisa terjadi akibat adanya paparan sinar UV, polusi dan pola hidup yang tidak sehat. Serangan radikal bebas apabila tidak diatasi akan menyebabkan penuaan dini, jerawat, flek hitam dan kulit kusam. Vitamin C juga berperan penting dalam mencegah melanin untuk diproduksi secara berelebihan, sehingga resiko hiperpigmentasi dapat dicegah atau dihindari.

Apabila kalian ingin mencoba menggunakan serum vitamin C namun kulit kalian rentan dengan serangan jerawat, maka kalian bisa mencoba menggunakan produk keluaran dari Votre Peau Vitamin C Serum, yang mana serum ini selain dapat membantu mencerahkan wajah, juga dapat membantu mengatasi jerawat dan komedo yang membandel. 

2. Licorice Root

Licorice root atau akar manis merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak tumbuh di dataran asia. Licorice sering kali digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan obat batuk herbal, ternyata memiliki khasiat yang sangat bagus dalam membantu mencerahkan kulit wajah. Hal ini karena licorice ternyata mengandung banyak zat active yang dapat membantu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Licorice diketahui mengandung bahan aktif likokalkon, yang mana bahan ini sangat efektif dalam membantu mengatasi kulit berminyak pada wajah. Hal ini yang membuat licorice juga menjadi salah satu bahan andalan dalam membantu memerangi masalah jerawat. Tidak hanya sampai disitu, bahan aktif yang ada didalam licorice juga efektif membantu menangkal serangan radikal bebas, sehingga penggunaan skincare yang mengandung licorice efektif untuk mencegah terjadinya penuaan dini, hiperpigmentasi, flek hitam dan terbentuknya noda bekas jerawat.

Selain itu, licorice juga diketahui mengandung senyawa aktif yang bersifat sebagai anti microba dan anti inflamasi yang disebut dengan glycyrrihizin. Menurut hasil studi, zat ini sangat efektif dalam melawan serangan bakteri yang menginfeksi kulit, seperti impetigo dan folikulitis. Produk yang mengandung licorice bisa didapatkan di I trust Nature Licorice Brightening Serum, yang mana serum satu ini bersifat ringan namun sangat menenangkan dan melembabkan.

3. Azelaic Acid

Salah satu kandungan skincare yang cukup sering kita dengar adalah azelaic acid. Azelaic acid merupakan asam alami yang didapatkan dari barley dan gandum. Banyak orang yang menderita kondisi kulit khusus seperti rosasea menggunakan azelaic acid untuk membantu meredakan masalah kulit tersebut. Menurut hasil penelitian, diketahui juga bahwa azelaic acid efektif dalam membantu mengatasi masalah jerawat dan bekas-bekasnya.

Hal ini karena azelaic acid diketahui bekerja dengan membantu meningkatkan regenerasi sel kulit, sehingga azelaic acid sangat bagus dalam membantu memudarkan noda bekas jerawat, flek hitam dan berbagai masalah hiperpigmentasi lainnya. Tidak berhenti disitu, azelaic acid juga memiliki sifat sebagai anti-inflamasi, membantu mengatasi pori-pori tersumbat, mencegah jerawat, mengahaluskan permukaan kulit dan mencerahkan kulit.

Satu hal yang perlu diingat, penggunaan azelaic acid dengan kadar yang tidak tepat dapat menimbulkan efek samping, termasuk iritasi wajah. Maksimum kadar azelaic acid yang bisa digunakan adalah 20%. Apabila kalian ingin melakukan perawatan wajah dengan bahan aktif ini, jangan lupa untuk selalu mengecek kadar kandungannya agar resiko iritasi dapat dihindari. Produk yang mengandung azelaic acid dan layak untuk di coba adalah The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%.

4. Glycolic Acid

Glycolic acid atau asam glikolat merupakan salah satu bahan aktif yang masih satu golongan dengan AHA atau Alpha Hydroxy Acid, yang di didapatkan dari tebu. Glycolic acid merupakan salah satu bahan aktif yang cukup banyak digunakan dalam dunia skincare karena kemampuannya dalam memperbaiki tekstur kulit, membantu meningkatkan regenerasi sel kulit, mencegah penuaan dini seperti keriput dan garis halus, membantu =ZF mengatasi hiperpigmentasi, membantu memudarkan noda bekas jerawat dan flek hitam, membantu meratakan warna kulit, mencegah jerawat dan komedo serta membantu meningkatkan tingkat kelembaban pada kulit.

Manfaat glycolic acid yang luar biasa bagi kulit ini tidak lepas dari bentuk partikel atau molekul yang ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran partikel atau molekul yang terdapat pada berbagai jenis AHA lainnya. Ukuran yang lebih kecil tersebut sangat membantu memaksimalkan zat aktif tersebut untuk masuk jauh kedalam sel kulit dan membantu mempercepat regenerasi sel kulit.

Penggunaan glycolic acid sehari hari yang aman biasanya berkisar antara 1%-2%. Untuk penggunaan dengan kadar melebihi 5%, silahkan melakukan konsultasi dengan dokter agar resiko iritasi dapat dihindari. Salah satu produk yang mengandung glycolic acid adalah Votre Peau Collagen Booster Night Cream, yang mana cream ini sangat bagus untuk membantu meremajakan kulit.

5. Ekstrak Mulberry

Mulberry merupakan buah yang sangat kaya akan vitamin C, yang mana vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Menurut penelitian, ekstrak mulberry ternyata sangat efektif dalam membantu mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, kerutan dan flek yang timbul akibat paparan sinar matahari. Hal ini karena mulberry juga memiliki kemampuan untuk menekan produksi melanin sehingga berbagai masalah kelainan kulit seperti hiperpigmentasi, noda bekas jerawat dan flek dapat diatasi.

Selain itu, banyak ahli kecantikan juga merekomendasikan penggunaan skincare yang mengandung ekstrak mulberry karena bukan hanya membuat kulit menjadi lebih cerah dan warna kulit menjadi lebih merata, namun ekstrak mulberry juga sangat membantu dalam mempercepat proses regenerasi sel kulit, sehingga penggunaan skincare yang mengandung bahan ini dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan kenyal. 

Salah satu produk yang memiliki kandungan mulberry yang sangat bagus untuk kulit wajah adalah Pixy Glowessentials Light Radiance Brightening Extract Mulberry. Produk ini selain harganya terjangkau, teksturnya ternyata juga ringan dan cepat menyerap di wajah.

6. Kojic Acid

Kojic acid merupakan salah satu bahan pencerah kulit yang cukup populer di jepang. Kojic acid atau asam kojic merupakan bahan aktif yang banyak didapatkan dari hasil fermentasi seperti sake. Selain itu, kojic acid juga banyak ditemukan di dalam kandungan berbagai jenis jamur. Kojic acid memiliki kemampuan alami untuk menghambat produksi melanin, sehingga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit tubuh dan wajah.

Kojic acid merupakan AHA, oleh karena itu penggunaan bahan ini harus hati-hati dan tidak boleh melebihi batas yang telah ditentukan. Hal ini karena penggunaan yang melebihi batas aman, dapat menimbulkan berbagai reaksi efek samping seperti kulit kemerahan, gatal, ruam dan bruntusan. Penggunaan skincare yang mengandung kojic acid sangat bermanfaat dalam membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi, flek dan noda bekas jerawat, warna kulit yang tidak merata dan mencerahkan kulit wajah.

Produk yang mengandung kojic acid yang bisa kalian coba adalah Precious Skin Kojic Brightening & Whitening Intensive Serum Body and Face. Serum ini cocok untuk digunakan ke segala jenis kulit termasuk kulit berjerawat.

7. Niacinamide

Niacinamide merupakan salah satu bahan aktif yang paling banyak digemari saat ini. Hal ini karena hasil studi terbaru menunjukkan adanya segudang manfaat niacinamide apabila digunakan secara rutin untuk kulit wajah. Beberapa manfaat niacinamide adalah membantu mengontrol produksi minyak di wajah, membantu mengecilkan pori-pori, membantu mengatasi kemerahan di kulit wajah, membantu memudarkan noda bekas jerawat, mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus, meningkatkan kelembaban kulit dan juga mencerahkan kulit wajah.

Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan dengan mengunakan bahan aktif ini, maka tidak heran jika dalam beberapa tahun belakangan ini niacinamide menjadi salah satu bahan yang paling diburu oleh para kaum hawa. Selain itu, niacinamide juga tidak menimbulkan banyak efek samping dibanding dengan bahan aktive lainnya. Satu hal yang perlu diketahui, penggunaan niacinamide yang paling efektif berkisar antara 2%-5% . Penggunaan dengan kadar di level tersebut terbukti dapat memberikan hasil yang sangat maksimal bagi kulit wajah tanpa menimbulkan resiko iritasi.

Menurut penelitian, penggunaan niacinamide dengan kadar yang lebih tinggi dari 5% dapat memicu terjadi reaksi alergi yang bisa ditandai dengan kulit menjadi terasa perih, panas, gatal, muncul jerawat yang meradang dan bruntusan. Apabila kalian terlanjur membeli niacinamide dengan kadar yang lebih tinggi dari 5%, maka tidak perlu khawatir karena kalian bisa mengurangi kadar tersebut dengan mencampurkannya ke produk moisturizer kalian. 

Produk niacinamide yang banyak beredar di pasaran salah satunya adalah Somethinc Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum. Serum ini selain ramah dikantong, juga sangat bagus untuk kulit karena dapat membantu mencerahkan kulit wajah secara maksimal. Selain itu formulanya juga ringan dan mudah menyerap kedalam kulit. 

8. Lactic Acid

Lactic acid atau asam laktat, merupakan bahan aktif yang masih dalam keluarga AHA, seperti kojic acid dan glycolic acid. Meskipun masih dalam golongan AHA, namun lactic acid ternyata lebih memiliki keunggulan pada saat digunakan untuk perawatan kulit, yaitu dapat mempercepat regenerasi sel kulit namun kelembaban kulit tetap terjaga. Manfaat lactic acid yang utama yaitu membantu mempercepat regenerasi sel kulit mati dan mengikis lapisan sel kulit mati sehingga kulit terbebas dari penumpukan sel kulit mati yang bisa menutup pori-pori dan menyebabkan kulit menjadi kusam, berjerawat dan berkomedo.

Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan lactic acid dengan kadar 12% diketahui dapat membuat kulit menjadi lebih kenyal dan juga kencang. Selain itu, penggunaan secara rutin juga efektif membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan di wajah. Hal ini menunjukkan bahwa bahan aktif satu ini dalam konsentrasi tinggi dapat menembus kedalam lapisan yang lebih dalam sehingga efek yang diberikan lebih banyak. Sedangkan penggunaan lactic acid dengan kadar 5% diketahui tidak dapat menembus kedalam lapisan menengah kulit, tetapi dapat memberikan efek yang sama pada lapisan kulit atas, sehingga kulit menjadi lebih halus, cerah dan bebas flek.

Produk lactic acid yang layak untuk dicoba adalah Avoskin Your Skin Bae Lactic Acid 10%+Kiwi Fruit 5%+Niacinamide 2.5% High Dose Serum. Produk yang memiliki tekstur agak kental ini, cepat menyerap di kulit wajah. Selain itu, produk ini juga relatif cepat dalam membantu mencerahkan dan memudarkan  bekas jerawat asalkan digunakan dalam dosis yang tepat.

9. Alpha-Arbutin

Alpha-arbutin merupakan salah satu bahan pencerah alami yang disebut juga dengan hydroquinone-D-glucopyranoside. Alpha arbutin ini merupakan antioksidan alami yang sering ditemukan didalam tanaman bearberry, ternyata sangat ampuh dalam membantu mencerahkan kulit wajah, karena memiliki kemampuan dalam membantu mengurangi produksi melanin kulit, sehingga hiperpigmentasi dapat dikurangi. Selain itu, alpha arbutin juga sangat efektif membentu mengatasi melasma, garis halus dan kerutan di wajah, serta mengatasi noda bekas jerawat.

Alpha arbutin merupakan bahan pencerah wajah yang cukup aman untuk digunakan setiap hari asalkan digunakan dengan kadar yang tepat. Penggunaan alpha arbutin dengan konsentrasi tinggi selama lebih dari 3 bulan berturut-turut tidak dianjurkan karena dapat merusak pelindung alami kulit wajah. 

Produk yang mengandung alpha arbutin yang bagus buat kulit adalah Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed. Produk yang satu ini memiliki tekstur cair namun agak sedikit kental, namun mudah menyerap ke kulit pada saat diaplikasikan ke kulit wajah. Harganya juga cukup terjangkau namun efek yang diberikan cukup maksimal terutama dalam mengatasi dark spot dan menghaluskan pori-pori kulit wajah.

10. Retinol

Retinol merupakan bahan aktif yang sedang naik daun saat ini. Banyak brand dari berbagai skincare ternama berlomba - lomba memproduksi skincare dengan kandungan bahan utama zat aktif satu ini. Hal ini karena tidak lepas dari manfaat retinol yang ternyata sangat efekti dalam mencegah berbagai masalah penuaan dini hingga membuat kulit menjadi cerah, mulus dan bercahaya.

Berdasarkan penelitian, retinol diketahui sangat efektif dalam membantu mengelupas sel kulit mati, mempercepat peningkatan pergantian sel kulit wajah, dan merangsang produksi kolagen. Kemampuan retinol tersebut tentu sangat efektif dalam membantu mengatasi masalah kulit termasuk penuaan dini dan kulit kusam. Retinol banyak digunakan dalam berbagai produk kecantikan seperti essence, serum, krim wajah dan krim mata. Hal ini karena retinol memiliki sifat mudah diserap oleh kulit ketika dioleskan ke kulit.

Retinol sangat aman untuk digunakan setiap hari asalkan digunakan dengan cara dan dosis yang tepat. Bagi kalian yang memiliki kulit sensitif namun ingin menggunakan produk skincare yang mengandung retinol, maka kalian bisa mencoba Innisfree Retinol Cica Moisture Recovery Serum. Produk ini efektif dalam membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti noda hitam, kulit kusam, sensitif dan pori-pori besar. Teksturnya yang cair dan mudah diserap oleh kulit, sangat membantu kulit dalam mengontrol minyak berlebih namun kulit tetap terjaga kelembabannya.

Post a Comment for "10 Kandungan Bahan Aktif Yang Bisa Mencerahkan Wajah Secara Alami"