Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Efek Terlalu Banyak Minum Kopi Bagi Wanita dan Pria

efek samping minum kopi
bahaya konsumsi kopi

5 Efek Terlalu Banyak Minum Kopi Bagi Wanita dan Pria

Kopi merupakan salah satu minuman aromatik yang dapat membantu menenangkan pikiran juga meningkatkan daya konsentrasi otak. Banyak orang yang tidak bisa memulai hari-harinya tanpa meminum kopi terlebih dahulu. Selain itu, mengkonsumsi kopi juga dapat membantu memberikan rasa tenang dan rilex. Sayangnya, kenikmatan meminum kopi sering kali menimbulkan rasa ketagihan, seolah-olah tanpa meminum kopi otak menjadi susah konsentrasi dan badan jadi lemas. Tak ayal, banyak orang yang sering mengkonsumsi secara berlebihan.

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan diketahui memiliki banyak dampak negatif pada tubuh, meskipun kopi juga diketahui sangat bermanfaat bagi tubuh. Lantas, berapa banyak jumlah kopi yang dianggap kebanyakan bagi tubuh? Menurut penelitian, batas aman konsumsi kopi adalah 4 cangkir perhari. Mengkonsumsi kopi lebih dari rekomendasi harian dapat menyebabkan dampak negatif yang bisa mempengaruhi kualitas harapan hidup seseorang. Hal ini ditunjukkan dengan diadakannya penelitian pada 40 ribu orang dewasa yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir setiap harinya. Pada penelitian tersebut, ditemukan adanya sejumlah dampak negatif yang merusak kesehatan tubuh yang dipengaruhi oleh konsumsi kopi setiap hari melebihi anjuran batas aman harian. Dampak negatif dari konsumsi kopi secara berlebihan bisa dialami oleh siapa saja, tidak peduli wanita ataupun pria.

Meskipun begitu, tidak semua orang dapat mengkonsumsi kopi hingga 4 cangkir atau lebih karena menurut mereka itu sudah kebanyakan. Banyak juga yang memilih mengkonsumsi kopi cukup 1 atau 2 cangkir. Menurut informasi yang dilansir dari AARP, rutin mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula 1 cangkir setiap hari dapat membantu meningkatkan harapan hidup seseorang. Hal ini karena kopi mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan sel akibat serangan radikal bebas. 

Berikut merupakan 5 efek terlalu banyak minum kopi bagi wanita dan pria yang perlu kalian ketahui.

1. Membuat jantung berdetak lebih kencang

Kopi diketahui merupakan sumber kafein yang dapat membantu meningkatkan aktifitas tubuh. Namun sayangnya, sejumlah studi menyebutkan bahwa kafein yang berlebihan didalam tubuh dapat menyebabkan palpitasi atau jantung berdebar. Untuk itu, mengkonsumsi kopi dalam batas wajar sangat penting agar tidak memicu terjadinya palpitasi.

2. Merasa lelah berkepanjangan

Yup, kalian tidak salah membaca! Mengkonsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan lelah yang berkepanjangan. Banyak orang yang selama ini mengira, mengkonsumsi kopi akan meningkatkan energi tubuh, namun sayangnya, konsumsi kopi berlebihan, terutama dengan menambahkan gula, justru akan membuat tubuh menjadi semakin lemah dan lelah berkepanjangan. Hal ini karena konsumsi kopi yang berlebihan akan merusak pola tidur. Kafein yang berlebihan didalam tubuh akan menyebabkan tubuh tetap terjaga dan sulit tidur, sehingga mempengaruhi pola tidur dan mengakibatkan kurangnya waktu istirahat yang diperlukan oleh tubuh.

3. Menyebabkan cemas berlebihan

Dalam 1 cangkir kopi diketahui mengandung setidaknya 95mg kafein. Jadi apabila kalian meminum 4 cangkir kopi, maka dalam sehari tubuh akan menerima setidaknya 380mg. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Journal of Psychopharmacology, kandungan kafein yang terlalu tinggi didalam tubuh akan menyebabkan depresi, stress dan rasa cemas yang berlebihan. Bahkan dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa konsumsi kafein lebih dari 1000mg per minggu akan memicu tingkat kecemasan yang lebih tinggi. Apabila kalian memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi secara berlebihan dan disaat yang bersamaan selalu merasa cemas dan mudah depresi, maka cobalah mengurangi kebiasaan minum kopi tersebut hingga rasa cemas dapat dikendalikan.

4. Menyebabkan rasa gelisah dan gemetar

Pernahkah kalian merasa gelisah dan tiba-tiba tangan menjadi gemetaran? Hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa didalam tubuh kalian terdapat terlalu banyak kafein atau over dosis kafein. Orang yang mengalami gelisah dan gemetaran juga akan mengalami peningkatan detak jantung, seperti yang sudah disebutkan diatas. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan untuk meminum kopi secara berlebihan untuk menjaga kesehatan jantung, sehingga  rasa gelisah dan gemetar dapat dihindari.

5. Tidak mendapatkan cukup tidur

Kebiasaan mengkonsumsi kopi dipagi hari memang dapat menyegarkan tubuh dan pikiran, tetapi kebiasaan mengkonsumsi kopi disore hari, justru dapat merusak pola tidur sehingga tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk istirahat. Hal ini akan diperparah dengan kondisi tubuh yang kelebihan kafein, sehingga tubuh akan kesulitan untuk memberikan alarm alami sebagai tanda untuk istirahat. Tubuh yang kurang istirahat akan sangat berpengaruh terhadap kinerja organ yang lain. Alhasil, apabila hal ini dibiarkan terus menerus, maka resiko tubuh untuk terkena penyakit menjadi semakin besar. Oleh karena itu, batasi konsumsi kopi dan jaga pola tidur agar tubuh selalu sehat dan prima.

Demikian merupakan artikel mengenai 5 dampak terlalu banyak minum kopi bagi wanita dan pria. semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.


Post a Comment for "5 Efek Terlalu Banyak Minum Kopi Bagi Wanita dan Pria"