Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Niacinamide Untuk Kulit Wajah

6 Manfaat Niacinamide Untuk Kulit Wajah
manfaat niacinamide untuk wajah

6 Manfaat Niacinamide Untuk Kulit Wajah

Beberapa waktu belakangan ini, kata-kata niacinamide dalam dunia kecantikan semakin sering kita dengar. Hal ini karena banyak yang mengatakan bahwa niacinamide merupakan bahan ajaib yang memiliki segudang manfaat buat kulit, terutama dalam melawan tanda penuaan dini, meningkatkan elastisitas kulit, mencerahkan, mengatasi jerawat dan membuat kulit menjadi glowing. Bahkan, buat mereka yang memiliki kulit sensitif, niacinamide dikatakan efektif mengatasi permasalahan kulit terutama mengatasi masalah kulit kemerahan.

Banyak orang yang membuktikan bahwa niacinamide efektif mengatasi jerawat, kulit kusam, berminyak, sensitif, kering, menghilangkan flek, hiperpigmentasi hingga masalah garis halus atau tanda penuaan. Namun, sudahkah kalian tau apa sebenarnya niacinamide tersebut? dan kenapa banyak orang begitu heboh dan tertarik dengan skincare yang mengandung niacinamide? Apa manfaatnya buat kulit? Apakah ada efek sampingnya? Yuk simak ulasan berikut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pengertian Niacinamide

Niacinamide merupakan salah satu bentuk bahan aktif dari vitamin B3 yang sangat banyak digunakan sebagai salah satu bahan andalan dalam perawatan kulit, terutama perawatan kulit wajah. Pada vitamin B3 sendiri ada 2 bentuk, yaitu niacinamide atau dikenal juga dengan sebutan nicotinamide, dan satunya lagi niacin alias asam nikotinat. Keduanya merupakan senyawa aromatik heterosiklik yang banyak digunakan dalam industri kecantikan. Dalam penggunaannya, kedua bahan aktif tersebut digunakan sebagai agen pengkondisi kulit dan rambut, jadi tidak mengherankan apabila kita sering menemukan kedua kandungan tersebut terutama dalam serum, essence, toner, pembersih muka, shampoo, lotion, dll.

Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Seperti yang telah disebutkan diatas, niacinamide memiliki beragam fungsi dalam mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut adalah manfaat niacinamide yang bisa kalian ketahui,

1. Niacinamide efektif untuk mengatasi jerawat

Salah satu hal umum yang menjadi penyebab jerawat adalah produksi sebum yang berlebihan. Sebum yang berlebihan ini sangat berpotensi menyumbat pori-pori kulit yang bisa menyebabkan debu dan kotoran menjadi terjebak didalamnya, dan pada akhirnya pada saat terkontaminasi oleh bakteri penyebab jerawat membuat wajah menjadi berjerawat. Penggunaan niacinamide dengan cara mengoleskan ke permukaan kulit atau topikal, sangat efektif dalam membantu mencegah produksi minyak berlebih. 

2. Niacinamide mencegah penuaan dini

Selain untuk mengatasi jerawat, niacinamide juga sangat efektif dalam membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Tanda-tanda penuaan dini yang umum terjadi yaitu munculnya garis-garis halus dan keriput. Niacinamide terbukti secara klinis membantu meningkatkan produksi kolagen. Menurut penelitian, penggunaan niacinamide secara rutin dapat meningkatkan produksi kolagen sebanyak 54%. Tidak hanya itu, niacinamide juga turut meningkatkan produksi elastin antara 20%-100%. Niacinamide yang bertindak sebagai antioksidan, juga mencegah terjadinya kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas, yang dapat mempercepat munculnya tanda penuaan dini.

3. Niacinamide menjaga kulit tetap terhidrasi

Penggunaan niacinamides secara topikal dengan kadar antara 2%-5% terbukti dapat meningkatkan produksi lipid atau lemak kulit yang disebut dengan ceramide, yang mana memiliki fungsi dalam menjaga skin barrier atau pelindung kulit untuk tetap terhidrasi.

4. Niacinamide memperbaiki kondisi atau tekstur kulit

Kondisi kulit yang rusak biasanya akan mudah mengalami berbagai masalah kulit seperti kulit sensitif, berjerawat, kering, kusam dan warna kulit tidak rata. Hal tersebut terjadi karena kondisi pelindung kulit yang rusak akibat penggunaan berbagai produk perawatan kecantikan yang mengandung bahan-bahan yang tidak ramah dikulit. Salah satu bahan kimia yang dapat merusak kondisi kesehatan kulit adalah sls/sles yang sering kita temukan dalam sabun cuci muka.Sls/sles memang efektif dalam membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih pada wajah, namun sayangnya, kandungan satu ini juga turut membersihkan pelindung alami pada kulit wajah. Alhasil, penggunaan sabun cuci muka yang mengandung baha tersebut akan membuat kulit wajah menjadi kering, kesat dan kencang, sehingga kulit rawan mengalami iritasi. Penggunaan niacinamide secara rutin dapat memperbaiki kondisi kulit yang rusak tersebut dengan cara meningkatkan produksi ceramide.

5. Niacinamide untuk noda hitam atau hiperpigmentasi

Jika kalian memiliki banyak masalah terutama dengan noda hitam yang membandel atau berbagai masalah hiperpigmentasi lainnya, maka menggunakan niacinamide dapat membantu untuk mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan hasil studi, niacinamide dengan kadar 5% terbukti sangat efektif dalam membantu memperbaiki kondisi kulit, terutama untuk mengatasi noda hitam bekas jerawat, ataupun flek akibat paparan sinar matahari. 

6. Niacinamide mencerahkan wajah

Niacinamide yang merupakan antioksidan ini, membantu melawan serangan radikal bebas yang dapat membuat kulit mengalami kerusakan seperti terbentuknya hiperpigmentasi. Niacinamide dapat meningkatkan elastisitas kulit dan juga membantu mencerahkan kulit wajah secara alami. Para peneliti menemukan bahwa niacinamide bekerja dengan mengurangi produksi melanin, yang merupakan pigmen pemberi warna pada sel kulit, sehingga lambat laun kulit menjadi terbebas dari masalah hiperpigmentasi dan menjadi lebih cerah.

Salah satu produk yang mengandung niacinamide yang bisa kalian gunakan adalah The Ordinary. Kandungannya yang sederhana dengan tektur yang ringan sangat efektif membantu mengatasi berbagai masalah kulit pada wajah. 


Post a Comment for "6 Manfaat Niacinamide Untuk Kulit Wajah"