Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Untuk Mengatasi Perut Buncit Secara Alami

makanan untuk mengatasi perut buncit
makanan untuk mengatasi perut buncit

Makanan Untuk Mengatasi Perut Buncit Secara Alami

Perut buncit merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Tidak hanya menganggu penampilan, keberadaan perut buncit juga diketahui dapat membahayakan kesehatan. Banyak orang melakukan berbagai cara guna mengatasi perut buncit, termasuk salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran. Sayuran memang terbukti sangat efektif dalam membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu mengatasi perut buncit. Hal ini karena sayuran kaya akan serat, vitamin dan antioksidan. Rutin mengkonsumsi sayuran setiap harinya tidak hanya membuat perut buncit turut menghilang, tetapi berbagai penyakit dan masalah gangguan kesehatan lainnya juga akan ikut menghindar.

Sayuran yang memang padat nutrisi dan memiliki rasa yang serbaguna, akan membuat kalian tidak akan kehabisan ide dalam mengolahnya menjadi berbagai menu sajian sehat sebagai makanan diet sehat. Jika kalian sedang menjalankan program menurunkan berat badan atau sedang mencari alternatif makanan untuk mengatasi perut buncit secara alami, ada beberapa jenis sayuran tertentu yang dapat membantu mengatasi perut buncit secara lebih cepat. 

Berikut merupakan 4 jenis sayuran tertentu yang dapat membantu mengatasi perut buncit menjadi lebih cepat.

1. Wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang sangat kaya akan vitamin A dan antioksidan betakaroten.Wortel yang memiliki rasa renyah dan bisa dikonsumsi baik secara matang maupun mentah, ternyata selain sangat kaya akan nutrisi, juga sangat efektif dalam membantu mengatasi masalah perut buncit. Hal ini karena wortel memiliki kemampuan dalam meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lemak perut dapat berkurang. Tekstur yang keras pada wortel membuat wortel memiliki TEF yang tinggi. TEF yaitu The Thermogenic Effect of  Food, yang dikenal juga dengan Efek Termogenik Makanan yang merupakan tingkat kalori yang dibakar oleh makanan pada saat sedang dicerna oleh tubuh. TEF yang tinggi inilah yang membuat wortel dapat meningkatkan pembakaran kalori sehingga kalori yang dibakar menjadi lebih banyak, dan hasilnya dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan maupun dalam mengecilkan perut buncit.

2. Paprika Merah

Paprika merah merupakan salah satu sayuran serbaguna yang sering digunakan kedalam jenis berbagai masakan, termasuk sup dan tumisan. Rasanya yang khas dengan aroma yang segar, dibalut dengan sedikit sensasi pedas membuat paprika merah menjadi salah satu sayuran yang sangat sayang untuk dilewatkan. Namun siapa sangka, dibalik aroma dan rasanya yang sedap tersebut, ternyata paprika merah sangat bagus dalam membantu menurunkan perut buncit. Hal ini karena paprika merah mengandung capsaicin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, paprika merah diketahui rendah kalori namun kaya akan nutrisi termasuk serat, sehingga konsumsi paprika merah akan memberikan efek kenyang lebih lama tanpa kalori yang berlebihan. Hal inilah yang membuat paprika merah menjadi alternatif pilihan untuk dapat menurunkan perut buncit secara alami dengan lebih cepat.

3. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran super yang mengandung banyak sekali nutrisi namun juga rendah kalori. Hampir semua orang mengenal sayuran yang satu ini, karena brokoli sudah hampir menjadi salah satu makanan wajib bagi mereka yang sedang melakukan program diet sehat. Bahkan, sayuran ini juga dikategorikan kedalam salah satu "superfood" berkat kandungan nutrisinya yang sangat tinggi. Perlu diketahui, brokoli merupakan sayuran yang sangat kaya akan antioksidan, yang mana antioksidan ini sangat membantu dalam hal menurunkan peradangan yang ada didalam tubuh. Dengan berkurangnya peradangan yang ada didalam tubuh, maka proses penurunan berat badan akan menjadi lebih efisien pada setiap area tubuh, termasuk dalam mengatasi perut buncit.

Kandungan senyawa yang utama yang terdapat dalam brokoli adalah Sulforaphane, yang mana senyawa ini bekerja dengan menurunkan NF-kB dan Sitokin yang ada didalam tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi yang lain juga turut membantu dalam meningkatkan proses metabolisme seperti vitamin C, kromium dan kalsium. Vitamin C merupakan salah satu vitamin esensial dalam membantu meningkatkan metabolisme lemak menjadi energi. Selain itu, brokoli juga mengandung sejumlah karbohidrat dan juga serat namun rendah kalori. Hal ini membuat orang yang mengkonsumsi brokoli akan merasakan efek kenyang lebih lama, lebih berenergi dan pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Bayam

Nutrisi dalam kandungan bayam sudah tidak diragukan lagi. Salah satu sayuran superfood ini, diketahui sangat kaya akan vitamin, serat, mineral dan rendah kalori. Bayam sering sekali direkomendasikan bagi mereka yang mengalami anemia akibat kurangnya zat besi, dan bayam merupakan salah satu solusinya. Kandungan zat besi dalam bayam sangat melimpah, sehingga konsumsi bayam setiap hari dapat membuat tubuh terhindar dari resiko kekurangan sel darah merah. Selain itu, bayam yang kaya akan serat dapat membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama dan dapat terhindar dari rasa ingin ngemil. Sementara itu, bayam juga merupakan sumber vitamin K yang sangat melimpah. Vitamin K diperlukan oleh tubuh untuk proses pembekuan darah, namun disamping itu, vitamin K juga dibutuhkan dalam mencegah terjadinya pembentukan lemak visceral, yang menyebabkan terjadinya perut buncit. Oleh karena itu, apabila kalian sedang bingung mencari tau mengenai makanan untuk mengatasi perut buncit secara alami, maka bayam adalah jawabannya.

Post a Comment for "Makanan Untuk Mengatasi Perut Buncit Secara Alami"