Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Makanan Yang Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

makanan untuk jantung sehat
makanan untuk jantung sehat

3 Makanan Yang Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Dari tahun ke tahun, penderita penyakit jantung di dunia semakin meningkat, termasuk di Indonesia. Menurut penelitian yang telah dilakukan, setiap 15 dari 1000 orang di Indonesia menderita penyakit jantung. Sementara itu, di Amerika penyakit jantung merupakan penyebab kematian utama baik pria maupun wanita, karena hampir 47% masyarakat Amerika memiliki faktor resiko utama yang dapat menyebabkan penyakit jantung, yaitu kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan juga kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Apabila kalian ingin terhindar dari resiko terkena penyakit jantung, maka menghentikan kebiasaan merokok dan berhenti konsumsi minuman beralkohol dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Sementara itu, faktor resiko kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi 3 makanan yang mengurangi resiko penyakit jantung seperti tersebut dibawah ini.

1. Kacang-kacangan

Rutin mengkonsumsi kacang-kacangan seperti lentil, almond, walnut, pistachio dan kacang polong ternyata sangat membantu dalam mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini karena kacang-kacangan sangat kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat melindungi jantung dari serangan radikal bebas. Selain itu, kacang-kacangan juga merupakan sumber protein yang sangat baik yang membantu dalam meningkatkan mikrobioma di dalam usus yang berfungsi untuk mempertahankan kesehatan jantung. Tidak hanya itu, protein di dalam kacang-kacangan juga efektif dalam membantu menurunkan kolesterol dalam darah, meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh dan juga menurunkan peradangan, yang merupakan pemicu terjadinya penyakit jantung.

2. Biji-bijian

Selain kacang-kacangan, ternyata rutin mengkonsumsi biji-bijian juga sangat bermanfaat dalam membantu meningkatkan kesehatan jantung. Biji-bijian yang layak dikonsumsi dalam membantu memelihara kesehatan jantung adalah chia seed, flaxseed, biji labu atau pumpkin seed dan kacang hijau merupakan sumber lemak sehat yang sangat penting untuk tubuh. Tidak hanya itu, mereka juga kaya akan antioksidan dan serat yang baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk mencegah terjadinya resiko penyakit jantung. 

3. Kedelai

Mengkonsumsi berbagai makanan olahan yang terbuat dari kedelai merupakan salah satu alternatif makanan yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu dan tempe, merupakan sumber protein nabati yang sangat baik bagi tubuh. Selain kaya akan protein, makanan tersebut juga mengandung serat yang tinggi dan juga fitokimia. Rutin mengkonsumsi makanan yang terbuat dari olahan kedelai dapat menjaga kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Ketiga makanan diatas merupakan sumber makanan yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Salam sehat.



Tags:

Makanan untuk jantung sehat

Makanan yang bagus untuk jantung sehat

Makanan terbaik untuk jantung sehat

Makanan yang baik untuk jantung sehat

Makanan bagus untuk jantung sehat

Jenis makanan untuk jantung sehat

Post a Comment for "3 Makanan Yang Mengurangi Resiko Penyakit Jantung"