Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

tips menurunkan darah tinggi
tips menurunkan darah tinggi

5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Untuk anda yang mempunyai bakat atau mudah menaikan tekanan darah, terutama bagi anda yang sudah didiagnosa terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi, anda harus tau beberapa cara untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang seringkali tidak disadari keberadaannya. Dalam banyak kasus, penyakit ini baru disadari setelah terjadi komplikasi yang berbahaya, yang dapat menyebabkan kematian. Bagi anda yang terlihat sehat namun sering mengalami gejala darah tinggi seperti sesak nafas, sakit kepala dan penglihatan buram, mesti waspada dan selalu menjaga pola hidup sehat. Faktanya usia muda pun bisa terkena tekanan darah tinggi.

Hipertensi adalah istilah medis dari penyakit darah tinggi. Kondisi ini bisa menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan sekaligus meningkatkan resiko terjadinya kebutaan, penyakit stroke, jantung, gagal ginjal, bahkan kematian.

Untuk mengetahui hasil tekanan darah anda, anda bisa melihat hasil sistolik dan diastolik yang berupa angka per angka. Angka sistolik mewakili ketika darah dipompa keluar jantung sedangkan angka diastolik mewakili ketika jantung beristirahat dan darah kembali ke jantung.

Menurut The American College Of Cardiology sebuah asosiasi jantung di Amerika, dalam pedoman untuk pencegahan, deteksi, evaluasi dan manajemen tekanan darah tinggi pada orang dewasa tahun 2017, normalnya orang memiliki tekanan darah kurang dari 120/80 mmHg, kemudian orang beresiko hipertensi atau disebut prehipertensi jika mempunyai tekanan darah 120-129/80 mmHg, sedangkan seseorang dikatakan mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi bila tekanan darah lebih dari 130/80 mmHg.

Berikut adalah 5 solusi menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi menurut SKWAD Health

1. Rutin Berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah, olahraga secara rutin akan membuat jantung lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah yang menurunkan tekanan dalam arteri. Menurut penelitian The National Walker Health Study, 150 menit olahraga sedang, seperti berjalan atau 75 menit olahraga berat seperti berlari per minggu, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan hati.

2. Kurangi Konsumsi Yodium

Asupan garam terkenal cukup tinggi di seluruh dunia. Sebagian besar digunakan sebagai masakan olahan dan makanan siap saji. Untuk alasan ini, banyak upaya kesehatan publik yang bertujuan menurunkan garam dalam industri makanan. Jika anda sudah didiagnosa terkena tekanan darah tinggi lebih baik anda membatasi mengonsumsi yodium. Dari pada mengonsumsi makanan cepat saji yang mengandung banyak yodium, lebih baik anda mengonsumsi makanan dari bahan makanan yang segar dengan bumbu rempah alami.

3. Konsumsi makanan yang mengandung potassium tinggi

Potasium adalah mineral penting yang membantu tubuh membuang sodium dan mengurangi tekanan dalam darah. Makanan yang mengandung tinggi potasium diantaranya dari sayuran yaitu sayuran hijau, tomat, kentang, ubi jalar. Dari buah buahan seperti alpukat, jeruk, aprikot, dari produk susu seperti susu dan yogurt, sementara dari produk ikan ada ikan tuna, ikan salmon. Disamping itu dari berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan makanan sumber potassium tinggi.

4. Meditasi atau Deep Breathing

Kedua aktivitas ini juga termasuk dalam tehnik pengurangan stres. Stres merupakan sumber dari berbagai penyakit. Ada beberapa penelitian menyatakan bahwa meditasi dan deep breathing bermanfaat untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah.

5. Kurangi Konsumsi Kafein

Jika anda minum kopi tepat sebelum anda mengukur tekanan darah diukur, anda akan menyadari bahwa anda mengalami lonjakan tekanan darah instan. Kafein bisa membuat tekanan darah naik secara mendadak. Hal ini bisa diperparah bagi yang sensitif terhadap kafein. Terutama bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Post a Comment for "5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami"