Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Makanan Untuk Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

Makanan Untuk Mencegah Rambut Rontok Secara Alami
makanan untuk mencegah rambut rontok secara alami

8 Makanan Untuk Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

Rambut merupakan salah satu simbol kecantikan tidak hanya bagi wanita, namun juga bagi pria. Kondisi rambut yang sehat dan tebal alami tidak hanya menambah kecantikan diri kita, namun juga turut meningkatkan rasa percaya diri. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki rambut yang indah dan lebat. Banyak orang yang mengalami berbagai masalah pada rambut mereka, salah satunya masalah rambut rontok.

Perlu kalian ketahui, pertumbuhan rambut pada setiap orang itu berbeda-beda, namun pada umumnya rambut akan tumbuh dengan kecepatan sekitar 0,5 inci setiap bulan, dan akan mencapai 6 inci per tahun. Usia, genetika, tingkat kesehatan, dan pola makan semuanya turut berpengaruh terhadap kecepatan rambut untuk tumbuh. Meskipun demikian, konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tidak menutup kemungkinan untuk dapat memberikan dampak yang positif terhadap kesuburan dan pertumbuhan rambut, yang mana rambut dapat tumbuh menjadi lebih subur, tebal dan sehat.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa makanan yang dapat mendorong pertumbuhan rambut agar rambut menjadi lebat, indah, berkilau dan sehat. Tidak dapat disangkal bahwa konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dapat membantu mencegah dan menghentikan masalah rambut rontok, serta membuat rambut menjadi lebih kuat, tebal dan sehat. Tujuan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga akar rambut untuk menjadi lebih kuat, sehingga tidak mudah mengalami kerontokan yang dapat berakhir menjadi kebotakan.

Makanan Untuk Rambut Rontok

Berikut merupakan 8 makanan yang wajib di konsumsi untuk mencegah rambut rontok secara alami.

1. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan yang terkenal sangat baik untuk mengatasi pencernaan. Yogurt yang meupakan hasil dari susu fermentasi ini sangat kaya akan probiotik dan juga selenium. Banyak orang menikmati yogurt sebagai salah satu pilihan minuman sehat, dessert ataupun sebagai campuran salad. Konsumsi yogurt juga dapat meningkatkan mood, sehingga menjadi salah satu bahan andalan untuk sarapan guna memulai hari yang cerah.

Namun tahukah kalian, konsumsi yogurt setiap hari ternyata juga sangat bagus untuk mencegah rambut rontok? Konsumsi yogurt secara konsisten sangat penting guna membantu memenuhi kebutuhan mineral harian tubuh. Menurut hasil penelitian, dalam satu cangkir yogurt rendah lemak terdapat setengah dari kebutuhan yodium harian dan sebanyak 34% selenium harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu kalian ketahui, selenium dan yodium merupakan dua elemen yang secara luas terkait dengan tumbuh kembang rambut. Kedua mineral tersebut berperan penting agar kelenjar tiroid dapat bekerja dengan baik. Tubuh yang kurang asupan selenium dan yodium akan mengalami kerontokan rambut. Karena kandungannya tersebut, yogurt menjadi salah satu alternatif makanan pilihan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah rambut rontok secara alami.

Berdasarkan dari hasil studi yang telah dilakukan, yogurt tidak hanya kaya akan probiotik, yodium dan selenium, tetapi juga sangat kaya akan protein. Protein sangat dibutuhkan untuk menjaga rambut untuk tetap kuat dan tidak mudah rontok. Tidak hanya itu, yogurt juga mengandung vitamin B5 yang membantu meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan menjaga perkembangan rambut. Vitamin B5 dapat membantu mencegah kerontokan dan penipisan rambut.

2. Kacang-kacangan

Siapa yang tidak suka kacang dengan rasa gurih dan garing? Kacang yang biasa dijual sebagai cemilan ini, ternyata juga mengandung banyak nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut. Salah satu jenis kacang yang sangat baik untuk membantu mencegah rambut rontok adalah almond. Dalam segenggam almond dapat menyediakan setidaknya 37% kebutuhan vitamin E harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kacang almond juga mengandung vitamin B, seng, dan asam lemak yang penting dalam membantu menjaga kesehatan rambut. Tidak hanya kacang almond, berbagai jeni kacang-kacangan yang lain seperti walnut, pistachio, macadamia, kacang tanah dan jenis kacang yang lain pada umumnya sangat kaya akan nutrisi, termasuk vitamin E dan seng.

Perlu kalian ketahui, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa rambut rontok sangat terkait dengan kekurangan nutrisi seperti vitamin B, seng dan asam lemak omega-3. Minyak yang ditemukan dalam berbagai kacang membantu meningkatkan jumlah elastin yang terdapat didalam rambut. Elastin sendiri merupakan protein yang membuat rambut menjadi lebih elastis dan padat, sehingga dapat mencegah rambut untuk menjadi kering dan patah.

Tidak hanya mengenai masalah perkembangan rambut, kacang-kacangan juga diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya, termasuk membantu mengurangi peradangan dan mecegah risiko terjadinya penyakit jantung. Secara keseluruhan, rutin mengkonsumsi kacang-kacangan merupakan salah satu cara yang bagus untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk menjaga kesehatan rambut secara alami.

3. Paprika Merah

Paprika merah merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup sering digunakan sebagai salah satu penambah aroma pada setiap masakan. Hal ini karena paprika merah dapat memberikan aroma yang khas yang tentunya sangat menggugah selera, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan. Namun dibalik kelezatan paprika merah ini, ternyata tersimpan berbagai nutrisi penting yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Apabila kalian belum mengetahuinya, paprika merah merupakan salah satu sumber vitamin C yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Vitamin C juga berperan penting dalam melindungi rambut dari masalah rambut rontok akibat adanya kerapuhan dan kerusakan pada batang rambut. Hal ini karena Vitamin C dibutuhkan dalam membantu produksi kolagen yang mana keberadaan kolagen ini penting dalam menjaga kekenyalan kulit dan juga dalam membantu merawat kesehatan rambut.

Kolagen diperlukan untuk menjaga folikel rambut agar rambut tetap sehat dan kuat. Berdasarkan dari hasil studi yang telah dilakukan, seiring dengan bertambahnya usia, maka kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen akan semakin menurun, termasuk kemampuan memulihkan sel-sel yang ada di dermis, sehingga rambut akan menjadi semakin menipis seiring dengan bertambahnya usia. Tidak hanya itu, konsumsi paprika merah secara rutin juga dapat membantu mencegah kerontokan rambut dengan cara meningkatkan aliran darah, dan merangsang perkembangan rambut serta melindungi folikel rambut dari efek DHT. Selain itu, rasa pedas yang dihasilkan oleh paprika merah bisa mempercepat pertumbuhan rambut hingga lebih dari 50%.

4. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran favorit yang sangat mudah ditemukan disekitar kita. Bayam yang sering dimasak dalam sayur bening ini, ternyata mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, salah satunya untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut. Hal ini karena bayam sangat kaya akan betakaroten, vitamin B, vitamin C, protein dan zat besi. Tidak berhenti disitu, potassium, asam omega-3, kalsium dan magnesium semuanya ditemukan dalam sayuran berwarna hijau ini.

Tubuh yang kekurangan mineral berupa zat besi akan lebih mudah mengalami berbagai masalah termasuk jerawat, anemia dan masalah rambut rontok. Banyak penelitian yang telah menyatakan adanya korelasi antara zat besi dan rambut rontok. Hal ini karena zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin, yang mana hemoglobin ini berfungsi untuk membawa oksigen dalam perbaikan dan pertumbuhan sel-sel didalam tubuh termasuk didalamnya sel-sel yang berfungsi merangsang adanya pertumbuhan rambut. Semua nutrisi tersebut membantu membuat rambut menjadi lebih tebal, sehat dan berkilau alami.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Rutin memeriksakan kadar zat besi, penyimpanan zat besi, kadar protein, kadar vitamin D, dan berbagai tes lainnya sangat diperlukan agar tubuh tidak kekurangan nutrisi penting sehingga berbagai permasalahan kesehatan termasuk masalah rambut rontok dapat dicegah atau dihindari.

5. Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering kita temukan dimana saja. Telur dapat diolah menjadi apa saja, rasanya yang gurih dan nikmat membuat salah satu bahan makanan ini menjadi menu favorit bagi banyak orang. Telur diketahui merupakan salah satu sumber protein dan biotin, yang merupakan dua elemen penting yang sangat dibutuhkan oleh rambut untuk tumbuh menjadi lebih cepat. Perlu kalian ketahui, folikel rambut hampir sebagian besar terbuat dari protein. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang tinggi protein sangat penting untuk menjaga tumbuh kembang rambut. Dan untungnya, telur merupakan salah satu sumber protein yang bisa didapatkan dimana saja dan kapan saja. Banyak penelitian menunjukkan bahwa rambut rontok berkaitan dengan asupan protein yang kurang didalam tubuh.

Sementara itu, telur juga sangat kaya akan biotin. Biotin sendiri merupakan vitamin B yang penting dalam memperkuat kuku, memperbaiki kuku yang rapuh dan juga membantu pertumbuhan rambut. Jika tubuh tidak mendapat asupan biotin yang cukup, maka salah satu efek yang timbul yaitu rambut menjadi tipis dan mudah rontok. Beberapa makanan seperti alpukat, salmon dan almond merupakan sumber makanan yang kaya akan biotin. Tidak hanya itu, biotin juga diperlukan dalam proses pembuatan keratin, yang merupakan protein rambut. Hal inilah yang membuat suplemen biotin sering dijual sebagai salah satu suplemen penumbuh rambut. Pada dasarnya, resiko kekurangan biotin akan jarang terjadi pada mereka yang memiliki pola makan seimbang.

Tidak hanya kaya akan protein dan biotin, tetapi telur juga kaya akan selenium, seng dan berbagai elemen nutrisi rambut lainnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi telur setiap hari sangat baik dalam membantu menjaga kesehatan rambut, dan mencegah rambut rontok secara alami.

6. Ikan salmon

Kapan terakhir kali kalian makan ikan salmon? Ikan salmon mungkin bukan favorit semua orang, tetapi rutin mengkonsumsi ikan salmon sangat baik bagi pertumbuhan rambut. Nutrisi yang ditemukan dalam ikan berlemak seperti salmon, herring, dan mackerel dapat membantu meningkatkan kesuburan dan perkembangan rambut. Salmon merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, merupakan salah satu solusi alami dalam membantu mengatasi masalah rambut rontok secara alami.

Tubuh manusia dapat melakukan banyak hal yang luar biasa, salah satunya seperti mengubah sinar matahari menjadi vitamin D yang berfungsi dalam menguatkan tulang. Namun, tubuh tidak dirancang untuk dapat menghasilkan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 memiliki banyak fungsi seperti membantu meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga tubuh untuk tetap bugar dan bebas penyakit, serta membantu menjaga kesehatan rambut untuk tetap sehat, tebal indah dan berkilau alami.

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa rutin mengonsumsi suplemen berupa omega-3 dan omega-6 tidak hanya dapat membantu menghentikan kerontokan pada rambut, namun juga membuat rambut menjadi lebih tebal dan berkilau alami. Selain itu, asam lemak omega-3 juga memiliki sifat sebagai anti-inflamasi. Oleh karena itu, apabila tubuh mengalami peradangan yang menyebabkan adanya kerontokan rambut, maka asam lemak omega-3 ini akan bekerja dengan meredakan terjadinya peradangan dan mencegah terjadinya kerontokan rambut lebih lanjut.

Sumber alami omega-3 seperti salmon sangat ideal. Dalam penelitian lain, wanita yang memiliki rambut tipis dan rawan rontok yang mengonsumsi suplemen minyak ikan secara teratur diketahui mengalami penurunan yang signifikan dalam kerontokan rambut dan disisi lain justru mengalami peningkatan pertumbuhan rambut.

7. Tiram

Salah satu makanan laut yang diketahui sangat baik dalam membantu menjaga kesuburan rambut adalah tiram. Tiram yang dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara ini, merupakan salah satu sumber makanan terbaik yang dapat membantu memenuhi kebutuhan seng harian tubuh. Seng sendiri merupakan mineral yang membantu pertumbuhan dan pemulihan rambut. Jika tubuh tidak memiliki cukup seng, maka rambut akan mengalami berbagai masalah, termasuk rambut rontok. Menurut sebuah penelitian, konsumsi suplement seng dapat membantu memperbaiki masalah kerontokan rambut pada wanita yang diikuti dengan sindrom ovarium polikistik.

Jika kalian bertanya kenapa seng dapat membantu mencegah rambut rontok, hal ini karena seng bekerja dengan membantu sel-sel yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut. Kurangnya seng dalam makanan dapat menyebabkan terjadinya telogen effluvium, yang merupakan jenis kerontokan rambut yang sering terjadi akibat tubuh kekurangan nutrisi. Selain pada tiram, sejumlah bahan makanan yang juga merupakan sumber seng adalah kepiting, daging sapi, dan lobster.

8. Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari sering sekali digunakan sebagai makanan ringan yang sering kita kenal dengan sebutan kwaci. Meskipun bunga matahari begitu kecil, namun siapa sangka didalamnya mengandung begitu banyak nutrisi, yang mana nutrisi tersebut sangat penting dalam membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesuburan rambut. Selain itu, jumlah kalori yang ada biji bunga matahari sangatlah kecil, sehingga menjadikan biji bunga berwarna kuning ini semakin baik untuk dijadikan sebagai alternatif cemilan sehat.

Biji bunga matahari diketahui sangat membantu dalam memerangi masalah rambut rusak dan rontok. Hal ini karena biji bunga matahari sangat kaya akan vitamin E, seng dan selenium yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang rambut. Vitamin E dalam biji bunga matahari dapat memenuhi kebutuhan hampir 50% kebutuhan harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut penelitian, biji bunga matahari juga kaya akan vitamin B5, yang mana vitamin B5 berfungsi dalam membantu perkembangan rambut dan menjaga aliran darah ke kekulit kepala. Dalam 100gram biji bunga matahari diketahui dapat memberikan 20% kebutuhan vitamin B5 harian dalam tubuh manusia.

Demikian artikel mengenai 8 makanan untuk mencegah rambut rontok secara alami. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat.

Post a Comment for "8 Makanan Untuk Mencegah Rambut Rontok Secara Alami"