Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

24 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

gambar manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh
manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh

Mengenal Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan dalam membantu meningkatkan rasa masakan, sebagai pewarna alami dan juga sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam pengobatan tradisional. Kunyit yang merupakan tanaman rimpang ini, banyak ditemukan di wilayah Indonesia dan tersebar luas di berbagai wilayah asia tenggara lainnya. Selain itu, kunyit juga banyak ditemukan di China dan India. Di China, kunyit sudah lama menjadi bagian dari rempah-rempah pengobatan tradisional. Sementara di India, kegunaan kunyit untuk mengatasi masalah kesehatan sudah digunakan sejak zaman kuno, dan menjadi salah satu teknik pengobatan tradisional India kuno yang disebut Ayurveda. Ayurveda merupakan pengobatan holistic yang telah digunakan di India lebih dari 5000 tahun yang lalu.

Di Indonesia sendiri, selain untuk masakan kunyit juga sering digunakan sebagai salah bahan minuman untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Kunyit paling sering dimanfaatkan khasiatnya dengan membuatnya menjadi teh atau wedang, yang biasanya di campur dengan jeruk nipis dan jahe. Khasiat ramuan tersebut yaitu efektif menghalau flu dan mencegah batuk, flu dan pilek.

Kandungan Kunyit

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hampir sebagian besar kandungan kunyit adalah kurkuminoid, yang mana kurkuminoid ini terdiri dari kurkumin dan turunannya. Kurkuminoid yang merupakan antioksidan alami ini, ternyata merupakan senyawa aktif yang memberikan kunyit warna kuning cerah ke oranye'an. Kandungan kurkuminoid di dalam rimpang kunyit sebesar 3% hingga 5%. Didalam kurkuminoid, keberadaan kurkumin menguasai hampir 75%.

Menurut hasil studi, kandungan kurkumin yang ada di dalam temu lawak atau yang biasa disebut dengan curcuma xanthorrhiza adalah 1,2%, dan pada kunyit putih atau curcuma zedoaria adalah 0,1%. Sementara itu, kandungan pada kunyit biasa atau curcuma longa sebanyak 3-8%. Hal ini membuat kunyit yang berwarna kuning ini menjadi lebih unggul dibandingkan dengan tanaman rimpang yang lainnya.

Kunyit yang merupakan keluarga Zingiberaceae, mengandung minyak atsiri sebesar 2% hingga 5%, yang terdiri beberapa senyawa aktif termasuk zingiberin, humulen, atlanton, fenilpropana turmeron, seskuiterpen, dan beberapa senyawa lainnya. Selain itu, tanaman rimpang serbaguna ini juga mengandung banyak mineral seperti zat besi, natrium, magnesium, mangan, seng, kalsium, kobalt, kalium, bismuth dan juga aluminium. Tidak hanya itu, kunyit juga mengandung Tanin, yang merupakan senyawa aktif yang membantu mengikat protein dan memiliki banyak fungsi termasuk membantu mengatasi masalah pencernaan termasuk diare.

Kunyit Antioksidan Yang Kuat

Diketahui menjadi salah satu rempah-rempah yang memiliki antioksidan yang kuat, tentunya hal ini membuat keberadaan kunyit menjadi sangat menguntungkan, terutama bagi tubuh dalam melawan serangan radikal bebas. Jumlah radikal bebas yang terdapat terlalu banyak di dalam tubuh tentu akan berdampak negatif pada tubuh, yang mana tubuh akan mudah mengalami serangan berbagai penyakit serius. Untuk itu, keberadaan antioksidan yang kuat sangat dibutuhkan. Antioksidan yang kuat ini ternyata dapat ditemukan di dalam kunyit.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk mendapatkan manfaat kunyit secara maksimal, maka mengkonsumsi rempah berwarna kuning ini sangat dibutuhkan. Kunyit dapat dikonsumsi dengan menjadikannya wedang atau teh herbal. Cara membuat minuman herbal ini sangat mudah. Ambil satu ruas kunyit, bersihkan dan parut, hingga terkumpul 1 sendok makan air kunyit. Campurkan air kunyit tersebut dengan 250ml air hangat dan aduk hingga tercampur rata. Tambahkan madu dan jeruk nipis. Ramuan ini baik dikonsumsi setiap hari.

Selain cara diatas, kalian juga bisa merebus 1 ruas kunyit yang diiris tipis-tipis, kemudian rebus kedalam 300ml air. Biarkan air mendidih, dan setelah itu saring untuk diambil airnya. Kalian bisa menambahkan madu, sereh, ataupun jahe dan jeruk nipis. Waktu terbaik untuk minum kunyit yaitu pada pagi hari sebelum memulai aktivitas pagi ataupun malam hari sebelum tidur.

Rutin mengkonsumsi ramuan kunyit dapat memberikan beragam manfaat kesehatan sebagai berikut.

1. Kunyit membantu meningkatkan imun tubuh

Kunyit merupakan rempah-rempah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan yang terdapat pada kunyit yaitu kurkumin, dapat membantu meningkatkan imun tubuh secara alami. Antioksidan ini bekerja dengan memerangi radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Radikal bebas yang terlalu banyak didalam tubuh akan memicu terjadinya inflamasi, yang membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Karena itulah, rutin mengkonsumsi kunyit dapat membantu meningkatkan imun tubuh secara alami.

2. Kunyit merupakan anti-inflamasi alami

Kunyit telah lama dikenal memiliki kandungan kurkumin yang sangat tinggi. Kurkumin yang merupakan senyawa aktif ini memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi alami, yang sangat baik dalam membantu tubuh mencegah terjadinya peradangan yang dapat yang dapat mengakibatkan adanya penyakit serius dalam tubuh. Peradangan yang terjadi di dalam tubuh merupakan respon alami imun tubuh terhadap adanya iritant atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh seperti kuman, bakteri ataupun virus. Pada saat melindungi tubuh dari serangan benda asing maka sel darah putih yang merupakan imun tubuh ini, akan berusaha melindungi tubuh dengan memerangi object asing dan terjadilah reaksi berupa peradangan. Dan kunyit membantu meredakan peradangan ini sehingga resiko adanya infeksi dapat dicegah.

3. Kunyit membantu mencegah kanker

Karena kunyit memiliki sifat sebagai anti-inflamasi atau anti-peradangan, hal ini membuat tanaman rimpang satu ini menjadi sangat berpengaruh terhadap perkembangan sel kanker. Kunyit diketahui dapat membantu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga konsumsi kunyit secara rutin dapat secara alami menurunkan resiko untuk terkena kanker, terutama kanker paru-paru, kanker usus dan kanker payudara. Bahkan menurut penelitian, efek antikanker pada kunyit cukup menggembirakan meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Kunyit melindungi jantung

Sekali lagi, kunyit yang mengandung banyak sekali antioksidan ini, ternyata juga sangat efektif dalam membantu melindungi jantung dari masalah penyakit jantung. Hal ini karena kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit ternyata dapat membantu meningkatkan dan melancarkan peredaran darah, sehingga efektif memperbaiki kinerja jantung.

5. Kunyit mencegah penyakit alzheimer

Salah satu keampuhan kunyit dalam membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yaitu membantu mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Kunyit yang mengandung banyak kurkumin ini dapat membantu mencegah terjadinya reaksi peradangan kronis yang ada pada sistem saraf pusat yang dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer ini mengganggu daya ingat penderitanya serta sangat mempengaruhi perilaku penderitanya. Penyakit ini lebih sering dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut, baik bagi pria maupun wanita yang rata-rata sudah berusia di atas 60 tahun

6. Kunyit Mengatasi depresi

Mengandung kurkumin yang tinggi, ternyata tidak hanya efektif dalam membantu meningkatkan kesehatan tubuh namun juga dapat membantu mengatasi depresi. Seseorang dikatakan mengidap depresi apabila mengalami kesulitan untuk bersosialisasi, hidup dalam perasaan tertekan, sedih, merasa tidak berguna dan penuh dengan keputusasaan selama lebih dari dua minggu. Penderita depresi juga kehilangan mood untuk melakukan berbagai kegiatan yang dia sukai sebelumnya. Konsumsi kunyit dapat membantu meningkatkan mood atau suasana hati, sehingga penderita menjadi merasa lebih baik.

7. Kunyit membantu meningkatkan kesehatan kulit

Salah satu keunggulan kunyit yang sudah sering digunakan sejak zaman dahulu kala yaitu kunyit di digunakan untuk membantu meningkatkan kecantikan kulit. Dalam hal ini, kunyit dapat membantu merangsang dan mempercepat peremajaan sel-sel kulit dengan cara meningkatkan sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh, sehingga kulit mendapatkan cukup asupan oksigen, yang pada akhirnya membuat kinerja organ tubuh dalam memproduksi se kulit sehat menjadi lebih menjadi terkontrol. Hal ini tentu membuat kulit menjadi lebih cerah, segar dan bercahaya. Tidak hanya itu, kunyit juga sangat efektif dalam membantu memudarkan bekas luka yang sering meninggalkan hiperpigmentasi.

8. Kunyit membantu mencegah penyakit rematik

Salah satu berita menggembirakan bagi mereka yang menderita rematik yaitu konsumsi kunyit setiap hari ternyata dapat membantu mencegah penyakit rematik menjadi lebih parah. Bahkan bagi mereka yang memang belum pernah terkena rematik, konsumsi kunyit juga dapat membantu mencegah tubuh mengalami serangan penyakit rematik. Hal ini karena kunyit merupakan sumber antioksidan dengan senyawa aktif kurkumin, yang mana senyawa aktif kurkumin tersebut sangat ampuh dalam membantu mengurangi terjadinya peradangan yang dapat berakibat munculnya rematik. Rematik merupakan penyakit nyeri sendi.

9. Kunyit melindungi gigi dari kerusakan

Kunyit tidak hanya kaya akan antioksidan, tetapi diketahui juga kaya akan sifat antibakteri dan analgesik alami. Oleh karena itu, pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit ternyata dapat menurunkan keberadaan bakteri yang bisa menyebabkan masalah gigi berlubang. Sebagaimana kita ketahui, gigi berlubang yang menjadi sarang bakteri, dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Oleh karena itu, berkumur dengan air kunyit dinilai efektif mengurangi rasa nyeri akibat gigi berlubang, dan mencegah berkembangnya bakteri yang membuat gigi berlubang menjadi semakin parah.

10. Membantu mengatasi nyeri datang bulan

Datang bulan merupakan salah satu masalah yang sering menghantui para perempuan. Hal ini karena pada saat datang bulan, nyeri yang luar biasa sering ikut menyertai. Rasa nyeri datang bulan terjadi karena adanya proses kontraksi otot dinding rahim, akibat meningkatnya produksi hormon prostaglandin. Nyeri haid atau dismenore ini, dapat diatasi dengan mengkonsumsi air kunyit hangat. Kunyit yang merupakan pereda nyeri alami ini, dapat membantu mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh menjadi lebih tenang. Oleh karena itu, banyak orang zaman dulu yang sering menyarankan konsumsi air kunyit untuk mengatasi masalah nyeri datang bulan.

11. Kunyit merupakan anti alergi alami

Kunyit tidak hanya membantu meredakan terjadinya peradangan di dalam tubuh, tetapi juga merupakan anti alergi alami. Pada sebuah studi yang dilakukan pada tikus, kurkumin ternyata dapat menghentikan produksi peradangan molekul yang mengakibatkan reaksi alergi. Pada manusia, kunyit cukup efektif dalam membantu mengurangi reaksi gejala alergi rhinitis asalkan dikonsumsi secara rutin.

12. Kunyit membantu menyembuhkan luka lebih cepat

Salah satu keuntungan kunyit sebagai anti-inflamasi yaitu kunyit sangat membantu dalam menyembuhkan luka menjadi lebih cepat. Hal ini karena anti-inflamasi yang dihasilkan oleh kurkumin bekerja dengan mengontrol peradangan dari bakteri yang masuk ke dalam tubuh, yang dapat menyebabkan luka mengalami infeksi sehingga menjadi meradang dan memerah. Selain itu sifat anti-inflamasi yang ada di dalam kunyit turut membantu meredakan adanya infeksi tersebut karena sifat antibakteri dan antiviral, serta mencegah terjadinya serangan bakteri lebih lanjut yang dapat memperparah kondisi luka.

13. Kunyit membantu menurunkan kolesterol

Dalam beberapa studi, salah satu manfaat kunyit yaitu membantu mengontrol kolesterol dan juga membantu menurunkan kolesterol. Hal ini karena senyawa aktif yang ada di dalam kunyit yaitu curcumin sangat efektif dalam membantu menurunkan LDL. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada seekor kelinci yang diberi makan makanan tinggi lemak, menunjukkan bahwa pemberian kunyit pada kelinci tersebut dapat menurunkan trigliserida LDL sehingga mencegah LDL menjadi teroksidasi, yang akhirnya dapat menurunkan kolesterol secara alami.

14. Kunyit membantu detoks tubuh

Mengkonsumsi kunyit juga dapat membantu meningkatkan detoks tubuh. Detoks tubuh diperlukan agar racun-racun yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan sehingga mencegah terjadinya resiko berbagai penyakit serius yang dapat muncul di dalam tubuh. Konsumsi kunyit setiap hari dapat membantu mengeluarkan racun-racun tersebut secara alami, sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Untuk melakukan detoks tersebut cukup mudah, yaitu dengan meminum rebusan air kunyit setiap hari setidaknya satu cangkir akan membantu tubuh untuk menjadi lebih bersih dan sehat.

15. Kunyit membantu meningkatkan memori

Para peneliti menemukan bahwa senyawa yang ada di dalam kunyit yaitu kurkumin ternyata dapat membantu meningkatkan suasana hati dan juga memori pada lansia. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa percobaan dengan memberikan 90mg kurkumin yang dikonsumsi sehari dua kali selama 18 bulan berturut-turut diketahui sangat ampuh dalam membantu meningkatkan daya ingat pada orang yang sudah tua tanpa mengalami demensia.

16. Kunyit membantu melindungi paru-paru

Kurkumin yang merupakan senyawa anti inflamasi yang ada di dalam kunyit, ternyata memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu meningkatkan fungsi paru-paru dan membantu memerangi masalah kesehatan seperti asma, fibrosis paru dengan memulihkan paru-paru yang terluka karena adanya peradangan yang tidak biasa atau peradangan abnormal. Selain itu kunyit juga secara alami membantu membersihkan saluran pernafasan dari infeksi dan juga memerangi peradangan yang menyebabkan masalah seperti penyakit flu.

17. Kunyit mencegah penuaan dini

Antioksidan yang tinggi di dalam kunyit ternyata tidak hanya bagus untuk mengatasi inflamasi tetapi juga bagus dalam membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Penuaan dini yang terjadi biasanya diikuti dengan munculnya tanda-tanda kerutan di wajah, adanya flek-flek hitam, serta wajah terlihat lebih kusam. Rutin mengkonsumsi kunyit dapat membantu tubuh untuk mencegah terjadinya serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini karena kurkumin yang ada di dalam kunyit juga berperan sebagai antioksidan akan membantu memerangi radikal bebas yang dapat memicu terjadinya kerusakan sel-sel kulit yang mengakibatkan penuaan dini.

18. Kunyit membantu memperbaiki pencernaan

Menurut data yang dihasilkan dari berbagai penelitian, diketahui bahwa manfaat kunyit salah satunya adalah membantu memperbaiki pencernaan. Hal ini karena kunyit dapat mencegah terjadinya peradangan yang ada di dalam organ pencernaan sehingga dapat membantu memperlancar proses metabolisme tubuh dan mencegah terjadinya masalah pencernaan lebih lanjut, termasuk mengatasi masalah diare maupun masalah sembelit.

19. Kunyit membantu menurunkan berat badan

Salah satu kelebihan kunyit yang sangat terkenal yaitu kunyit merupakan salah satu penurun berat badan alami. Hal ini karena kurkumin, yang merupakan senyawa aktif pada kunyit, memiliki kemampuan menekan pertumbuhan jaringan lemak. Selain itu, bahan aktive lainnya yang terdapat pada kunyit seperti vitamin C, minyak atsiri dan beberapa mineral lainnya, ikut membantu menurunkan masalah berat badan.

20. Kunyit membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu kelebihan kunyit yaitu kunyit ternyata sangat efektif dalam membantu mengontrol tekanan darah. Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi apabila dibiarkan akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan risiko penyakit jantung dan juga penyakit stroke. Kunyit dapat membantu memperlancar peredaran darah, mencegah terjadinya penggumpalan darah, serta mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi kunyit akan sangat membantu menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi yang bisa memicu pecahnya pembuluh darah di otak.

21. Kunyit mencegah penggumpalan darah

Kunyit yang merupakan salah satu bumbu rempah dasar ini, ternyata juga merupakan antikoagulan alami yang mana dapat membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Penggumpalan darah yang terjadi di dalam tubuh tentunya dapat memberikan dampak yang sangat berbahaya karena bisa memicu terjadinya darah tinggi, stroke dan serangan jantung. Hal ini karena kandungan kurkumin yang ada didalam kunyit bekerja dengan cara menghambat faktor-faktor pembentukan pembekuan darah.

22. Kunyit membantu mengatasi masalah asam lambung

Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit yang paling sering di derita oleh masyarakat Indonesia, karena banyaknya gaya hidup yang tidak sehat, termasuk trend konsumsi makanan pedas yang sering dilakukan diluar batas. Selain itu, faktor lain terutama pola makan yang tidak beraturan serta kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan berlemak tinggi turut beresiko untuk melukai dinding lambung. Apabila inding lambung terluka, maka akan menyebabkan penyakit asam lambung. Pengobatan alami untuk mengatasi asam lambung yaitu dengan mengkonsumsi kunyit. Kunyit diketahui dapat memperbaiki kondisi dinding lambung yang terluka dan mencegah terjadinya produksi asam berlebih yang ada didalam lambung, yang dapat mengakibatkan asam lambung.

23. Kunyit membantu mengatasi jerawat

Salah satu manfaat kunyit dalam dunia kecantikan yang cukup sering dikenal yaitu kunyit sangat efektif dalam membantu mengatasi jerawat. Masalah jerawat pada umumnya sering terjadi akibat adanya beberapa faktor, terutama seperti faktor kebersihan, hormonal dan juga adanya masalah pada pencernaan. Kunyit dapat membantu mengatasi masalah tersebut karena kunyit dapat membantu menyeimbangkan hormon, dan juga memperbaiki sistim penceranaan yang buruk. Konsumsi kunyit setiap hari dapat membantu mengatasi masalah jerawat dari dalam. Sebagai informasi, kunyit baik dalam membantu mengatasi jerawat dengan cara mengkonsumsinya untuk memperbaiki dari dalam, namun tindakan mengoleskan kunyit langsung ke area muka tidak disarankan karena dapat menyebabkan iritasi terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

24. Kunyit membantu mengatasi PCOS

Salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami para wanita yaitu adalah masalah PCOS atau polycystic ovary syndrome. PCOS dapat menyebabkan berbagai masalah termasuk masalah menstruasi yang tidak lancar, masalah jerawat yang meradang yang yang sulit disembuhkan dan juga masalah mood yang tidak terkontrol. Mengkonsumsi kunyit secara rutin diketahui dapat membantu mengatasi masalah PCOS dan membantu mengontrol hormon untuk menjadi lebih stabil, sekaligus mencegah masalah jerawat dan stress berlebih.

Post a Comment for "24 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh"