Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

gambar Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Kita
manfaat buah alpukat untuk kesehatan tubuh kita

Alpukat merupakan salah satu makanan yang sering digadang-gadang sebagai makanan sehat karena mengandung banyak sekali nutrisi didalamnya. Alpukat bahkan sering disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, ataupun hanya sekedar untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena alpukat kaya akan lemak sehat dan juga kaya akan fiber atau serat yang sangat membantu dalam memperbaiki metabolisme tubuh.

Buah Alpukat

Sebelum kita mengenal manfaat buah alpukat lebih jauh, ada baiknya kalau kita memahami latar belakang dari mana buah alpukat ini berasal. Tanaman alpukat diperkirakan berasal dari Amerika Tengah dan kemudian menyebar ke Indonesia setidaknya pada abad 18. Namun berdasarkan informasi yang didapatkan, banyak fakta menyebutkan bahwa alpukat dibawa oleh Hindia Belanda menuju Indonesia sekitar tahun 1920'an guna memenuhi kebutuhan lemak para masyarakat Indonesia yang hidup dan tinggal di wilayah pegunungan.

Alpukat yang merupakan buah dari wilayah tropis ini, diketahui sangat kaya akan nutrisi dan juga kaya akan antioksidan. Nutrisi yang terkandung per 100 g buah alpukat adalah sebagai berikut.
gambar nutrisi buah alpukat
nutrisi buah alpukat



Akibat tingginya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah alpukat, buah penuh lemak tak jenuh tunggal ini menjadi salah satu makanan super yang banyak dikonsumsi oleh mereka yang ingin menerapkan pola hidup sehat.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Berikut merupakan 18 manfaat mengkonsumsi buah alpukat bagi kesehatan tubuh kita apabila dikonsumsi secara rutin.

1. Alpukat bagus untuk diet

Disebutkan ada beberapa fakta bahwa mengkonsumsi alpukat secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena menurut studi orang yang memakan alpukat setiap hari dapat mengalami perasaan lebih puas 23% dan juga setidaknya 28% mengalami penurunan keinginan untuk ngemil hingga sampai 5 jam ke depan jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi buah ini. Selain itu, fakta bahwa alpukat sangat tinggi akan serat namun sangat rendah kalori membuat tubuh dapat menurunkan lemak sehingga berat badan dapat turun secara alami. Alpukat bagus untuk diet karena mengkonsumsi alpukat secara rutin dalam jangka waktu yang lama dapat membuat tubuh seseorang menjadi lebih ideal dan juga dapat membantu mengurangi terbentuknya lemak visceral. 

2. Alpukat bagus untuk mata

Alpukat diketahui kaya akan kandungan Lutein dan xeanthanin, yang merupakan 2 fitokimia yang banyak terdapat di dalam jaringan mata yang berfungsi untuk melindungi mata dari kerusakan termasuk kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Tidak hanya itu,  asam lemak tak jenuh tunggal yang banyak terdapat di dalam alpukat juga berfungsi membantu penyerapan antioksidan yang larut dalam lemak yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti betakaroten. Mengkonsumsi alpukat setiap hari terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan mata termasuk menghindarkan mata dari berbagai penyakit makula degeneratif yang umumnya terjadi akibat pengaruh usia.

3. Alpukat bagus untuk kolesterol

Diketahui menjadi salah satu buah yang sangat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, alpukat menjadi salah satu buah yang layak diandalakan untuk membantu menurunkan kolesterol. Selain mengandung lemak tak jenuh tunggal alpukat juga diketahui mengandung Phytosterol yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui dengan mengkonsumsi 1 buah alpukat dapat membantu memenuhi 32% kebutuhan lemak tak jenuh tunggal harian. Hal ini membuat alpukat sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

4. Alpukat bagus untuk pencernaan

Hal ini karena hampir setengahnya mengandung serat yang mana setiap setengah porsi buah alpukat mengandung setidaknya 6 sampai 7 gram serat. Serat ini sangat berfungsi dalam membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, diantaranya mencegah sembelit dan juga mencegah terjadinya kanker usus. Oleh karena itu apabila kalian memiliki masalah terkait dengan pencernaan, mengkonsumsi alpukat setiap hari sangat disarankan.

5. Alpukat bagus untuk jantung

Seperti diketahui, setiap 100 gram buah alpukat mengandung 485mg kalium. Kalium memiliki fungsi dalam membantu meningkatkan kesehatan jantung. Oleh karena itu, mengkonsumsi alpukat setiap hari sangat bagus untuk membantu memperbaiki kesehatan jantung. Kalium yang berfungsi untuk membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh ini,  juga memiliki peranan vital yang lain, termasuk menjaga asam basa tubuh dan juga menjaga aktivitas listrik yang ada di area saraf dan juga jantung.

6. Alpukat bagus untuk asam urat

Hal ini karena alpukat diketahui sangat kaya akan antioksidan yang mana antioksidan ini dapat berperan dalam memerangi terjadinya peradangan atau inflamasi di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan yang ada di dalam alpukat juga berperan penting dalam membantu melawan serangan radikal bebas. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2016, konsumsi alpukat yang sangat tinggi akan antioksidan ini sangat efektif dalam membantu mencegah terjadinya asam urat, karena dapat mencegah terjadinya inflamasi dan serangan radikal bebas.

7. Alpukat bagus untuk anemia

Rutin mengkonsumsi buah alpukat diketahui dapat membantu mencegah terjadinya anemia dan juga dapat memperbaiki gejala anemia. Hal ini karena alpukat kaya akan vitamin B kompleks dan juga vitamin C yang dapat membantu mencegah terjadinya anemia, terutama anemia yang biasa dialami oleh para ibu hamil.

8. Alpukat bagus untuk diabetes

Alpukat baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes, karena alpukat sangat kaya akan serat dan juga alpukat dapat mengendalikan kadar gula darah yang ada didalam para penderita diabetes. Hal ini dapat terjadi karena alpukat diketahui mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mana lemak tak jenuh tunggal ini berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah. Selain itu, berkat serat yang ada di dalam alpukat yang dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, membuat buah berlemak ini membantu memperbaiki kinerja hormon insulin.

9. Alpukat bagus untuk darah tinggi

Alpukat sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi, karena alpukat mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Kandungan kalium yang tinggi di dalam alpukat dapat membantu memperlancar tekanan darah serta kandungan berbagai vitamin termasuk Vitamin K, vitamin B6, dan vitamin C yang ada di dalam alpukat dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Di samping itu, terdapat juga serat, asam folat, asam pantotenat atau vitamin B5 , dan antioksidan yang turut membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

10. Alpukat bagus untuk ibu hamil

Alpukat sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena buah yang satu ini diketahui juga sangat kaya akan asam folat.  Asam folat berperan penting dalam membantu perkembangan janin terutama untuk membantu perkembangan otak dan mata. Oleh karena itu, bagi ibu hamil yang ingin mendapatkan perkembangan janin yang sempurna dapat dibantu dengan mengkonsumsi alpukat setiap hari.

11. Alpukat membantu meningkatkan kesehatan kulit

Alpukat yang diketahui sangat kaya akan antioksidan, vitamin C dan vitamin B kompleks ini, ternyata sangat bagus dalam membantu menunjang kesehatan kulit. Hal ini karena antioksidan yang ada di dalam alpukat dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Vitamin B dan vitamin C yang ada di dalam alpukat juga dapat membantu merangsang produksi kolagen yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Tidak hanya itu, vitamin B juga berperan penting dalam membantu proses regenarasi sel dan mengurangi terjadinya peradangan yang ada di dalam kulit.

Post a Comment for "11 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Kita"