Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

gambar manfaat alpukat untuk ibu hamil
manfaat alpukat untuk ibu hamil

Alpukat telah lama dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena alpukat diketahui sangat kaya akan asam folat, yang mana asam folat ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin terutama untuk perkembangan otak dan mata janin. 

Menurut hasil penelitian, ternyata manfaat alpukat tidak hanya sebatas dari itu saja. Ada berbagai macam manfaat yang sangat penting yang membuat alpukat sangat layak dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa saja manfaat alpukat untuk ibu hamil, yuk simak terus ulasannya.

Mengenal Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, memilih makanan yang bernutrisi tinggi dan juga sehat sangat diperlukan karena akan sangat mempengaruhi perkembangan janin dan juga kesehatan si ibu hamil sendiri. Alpukat menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan juga janin.

Berikut merupakan beberapa manfaat alpukat yang sangat baik apabila dikonsumsi oleh ibu hamil

1. Alpukat merupakan sumber serat

Alpukat yang telah diketahui sebagai salah satu sumber serat alami ini, ternyata sangat bermanfaat dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena ibu hamil rentan untuk mengalami masalah pencernaan yang diakibatkan oleh adanya perubahan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil. 

Perubahan hormon tersebut turut mempengaruhi otot-otot di saluran pencernaan, yang membuat ibu hamil mengalami masalah pengenduran otot - otot sehingga hal ini dapat berdampak pada pergerakan dan proses makanan yang menjadi terlambat. 

Apabila hal ini dibiarkan, maka akan menyebabkan kondisi sembelit,  sehingga tambahan konsumsi serat sangat dibutuhkan. Salah satu cara aman untuk mengatasi sembelit ini yaitu dengan meningkatkan konsumsi buah yang kaya akan serat, salah satunya yaitu konsumsi buah alpukat.

2. Alpukat untuk mengatasi masalah hipertensi

Ibu hamil biasanya lebih rentan mengalami masalah hipertensi karena adanya berbagai perubahan dalam tubuhnya, sehingga sering membuat aliran darah menjadi tidak lancar dan dapat berakibat pada naiknya tekanan darah.

Alpukat diketahui sangat kaya akan kalium yang mana kalium ini dapat memperlancar sirkulasi darah serta dapat menurunkan tekanan darah secara alami. Rutin mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu ibu hamil untuk memiliki tekanan darah yang lebih stabil dan terkontrol.

3. Alpukat mengandung berbagai vitamin

Alpukat yang dikategorikan sebagai makanan super ini, diketahui mengandung banyak sekali vitamin dan mineral seperti vitamin E, vitamin C, vitamin B5, vitamin B6, dan juga vitamin K. Selain itu, alpukat juga mengandung asam folat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil.

Peranan vitamin C bagi ibu hamil sangatlah vital, salah satunya untuk membantu melawan infeksi, merangsang pembentukan kolagen, menjaga kesehatan sel, memperbaiki jaringan yang rusak, membantu tubuh untuk menyerap zat besi, dan juga untuk mempercepat penyembuhan.

Sementara itu, keberadaan asam folat di dalam alpukat juga sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya cacat tabung saraf yang biasa dialami oleh janin.

4. Alpukat sumber lemak sehat dan sumber kalori

Ibu hamil sering kali disarankan untuk menaikkan berat badannya karena ibu hamil cenderung mengalami defisiensi berat badan. 

Hal ini dapat terjadi karena banyak faktor seperti morning sickness yang dapat membuat ibu hamil kehilangan nafsu makan ,mual yang berlebihan, dan serta perubahan hormon yang turut mempengaruhi nafsu makan pada ibu hami. 

Oleh karena itu,  mengkonsumsi makanan sehat dengan tujuan untuk menaikkan berat badan sangat dibutuhkan. 

Cara menaikkan berat badan pada ibu hamil yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi namun mengandung banyak lemak sehat.Hal ini terdapat pada buah alpukat. Alpukat diketahui mengandung 250 kalori per buahnya.

Selain itu kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sangat banyak di dalam alpukat berperan penting dalam perkembangan janin.

Cara Memilih dan Mengkonsumsi Alpukat

Apabila ibu hamil ingin mengkonsumsi alpukat, ibu hamil dapat memilih alpukat yang masih dalam kondisi tidak terlalu matang. Hal ini karena  alpukat yang masih setengah matang ini dapat bertahan lebih lama. 

Alpukat yang belum matang ini dapat disimpan dalam suhu ruangan dan bisa ditunggu kurang lebih antara 4 sampai 5 hari hingga alpukat dapat matang dengan sempurna. Selain itu, alpukat dapat dipercepat proses pematangannya dengan cara memasukkannya ke dalam karung beras ataupun ke dalam kantong plastik.

Sebagai informasi, alpukat yang matang biasanya akan memiliki warna kulit yang kehitaman atau berwarna ungu gelap, namun akan sedikit lunak saat ditekan. Apabila alpukat sudah didapati dalam kondisi yang demikian, itu artinya alpukat sudah siap untuk dikonsumsi.

Perlu diingat, selalu cuci bersih alpukat agar kuman dan bakteri dapat diminimalisir. Sedikit mengenai buah alpukat, buah ini memiliki keunikan yang mana apabila ingin dimakan hanya separuh saja, jangan buang bagian isinya. Karena apabila bagian isinya itu dibuang, maka akan menyebabkan daging alpukat menjadi kecoklatan atau menjadi matang lebih cepat.

Perlu diketahui, alpukat dapat dikonsumsi dalam berbagai olahan seperti dijadikan smoothies ataupun dipanggang bersama dengan telur dan roti. Apapun cara pengolahannya, alpukat tetap nikmat disantap kapan dan dimana saja.

Post a Comment for "Mengenal Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil"