Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Manfaat Omega-3 Untuk Kesehatan

gambar manfaat omega-3
manfaat omega-3 untuk kesehatan

Mengenal Omega-3

Mungkin banyak dari kalian yang sudah sering mendengar kata-kata omega-3 tetapi masih belum begitu mengenal apa sebenarnya omega-3 itu.

Omega-3 merupakan salah satu jenis lemak sehat yang sangat mempengaruhi kinerja organ tubuh. Keberadaan lemak sehat ini sangat penting bagi tubuh, oleh karena itu, kurang asupan jenis lemak sehat ini dapat memicu timbulnya berbagai penyakit didalam tubuh.

Jenis Omega-3

Omega 3 yang merupakan lemak esensial ini, memiliki 3 jenis lemak yang sangat bermanfaat bagi tubuh, yaitu DHA, EPA, dan ALA. Apa artinya DHA, EPA, dan ALA itu? Yuk baca informasi dibawah.

DHA

DHA (Docosahexanoid Acid) atau Asam Docosahexaenoic, adalah asam lemak tak jenuh yang banyak ditemukan di dalam otak dan juga retina mata, sehingga keberadaan DHA sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan juga untuk menopang fungsi penglihatan mata.

EPA

EPA (Eicosapentaenoic Acida) atau Asam Eikosapentanoat atau sering disebut juga sebagai asam timnodonat, memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi dan menyeimbangkan suasana hati, serta mencegah depresi.

ALA

ALA (Alpha-Linolenic Acid) atau Asam Alfa Linolenat meupakan asam yang sangat penting dalam membantu mendukung pertumbuhan tubuh manusia, terutama untuk menjaga kesehatan organ vital seperti jantung.

Agar kebutuhan omega-3 didalam tubuh dapat tercukupi, maka konsumsi makanan yang kaya akan lemak sehat ini sangat disarankan. Sumber makanan yang kaya akan omega-3 yaitu ikan salmon, ikan kembung, ikan sarden, ikan shishamo, telur, chia seed, flaxseed, minyak zaitun, kacang kedelai, kacang almond, dan biji-bijian yang lain.

Manfaat Omega-3 Untuk Kesehatan

Omega-3 yang merupakan nutrisi penting untuk tubuh, dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Dilansir dari webMD, berikut merupakan dampak yang akan diberikan kepada tubuh apabila asupan omega-3 terpenuhi,

1. Membantu memperbaiki suasana hati

Konsumsi omega-3 dapat menjaga kesehatan otak, termasuk menjaga kesehatan mental. Omega-3 dapat membantu mencegah depresi, gangguan suasana hati dan juga kecemasan.

Hal ini karena minyak essential satu ini bekerja dengan meningkatkan peredaran aliran darah di otak, dan menstimulasi produksi hormon serotonin, sehingga suasana hati menjadi lebih baik. Hormon serotonin akan membuat seseorang menjadi bahagia, dan terhindar dari rasa stress dan depresi.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Omega-3 sangat dibutuhkan untuk perkembangan fungsi retina mata. Hal ini karena struktur utama lemak yang ada didalam mata adalah DHA. Konsumsi omega-3 secara rutin dapat mencegah terjadinya penyakit mata, salah satunya adalah degernerasi makula.

3. Bagus untuk perkembangan otak pada bayi dan juga anak-anak

Agar otak pada bayi dan anak-anak dapat berkembang dengan baik dan sempurna, memenuhi asupan omega-3 sangat dibutuhkan. Hal ini karena omega-3 merupakan nutrisi penting dalam membangun perkembangan dan fungsi otak. 

Oleh karena itu, anak-anak sering diberikan minyak ikan untuk meningkatkan perkembangan otak mereka.

4. Meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita

Salah satu faktor yang turut mempengaruhi kesuburan baik pria maupun wanita adalah omega-3. Tubuh yang kurang mendapat asupan omega-3 akan mengalami penurunan kesuburan.

Konsumsi omega-3 atau minyak ikan, dapat meningkatkan kesuburan, sehingga kesempatan untuk mendapatkan keturunan menjadi semakin besar. 

5. Mencegah resiko penyakit jantung

Konsumsi omega-3 sangat baik untuk kesehatan jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat - LDL dan trigliserida. Karena hal tersebut, omega-3 dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, yang sering dialami oleh mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

Konsumsi rutin omega-3 juga dapat mencegah terjadinya resiko penyakit berbahaya seperti stroke dan tekanan darah tinggi.

6. Mencegah perut buncit

Jika kalian memiliki perut buncit, maka kalian bisa mengatasinya dengan rutin mengkonsumsi minyak ikan. Hal ini karena minyak ikan kaya akan omega-3.

Omega-3 bekerja dengan menurunkan kadar kortisol didalam tubuh, dan mencegah terjadinya penumpukan lemak visceral yang menyebabkan perut buncit.

7. Mencegah inflamasi

Omega-3 memiliki sifat untuk menghentikan adanya peradangan atau inflamasi. Inflamasi yang terjadi didalam tubuh dapat meningkatkan resiko munculnya penyakit berbahaya seperti kanker.

Konsumsi rutin lemak sehat satu ini akan tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, tetapi juga membantu menurunkan resiko terhadap adanya infeksi penyakit berbahaya.

8. Membantu menurunkan berat badan

Konsumsi omega-3 secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. Hal ini karena omega-3 dapat mempercepat pembakaran energi, sehingga mempengaruhi keberadaan lemak didalam tubuh.

Jika kalian ingin mendapatkan berat badan yang ideal, konsumsi minyak ikan bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang dapat dicoba.

9. Meningkatkan imun tubuh

Omega-3 sangat berpengaruh dalam membantu memperbaiki dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena omega-3 bekerja dengan melindungi organ-organ vital tubuh, sehingga fungsi dan kinerja organ tersebut dapat menjadi maksimal.

Organ tubuh yang bekerja dengan baik otomatis akan membuat tubuh menjadi lebih kuat, dan imun tubuh menjadi lebih baik.

10. Mencegah insomnia

Bagi penderita insomnia, konsumsi omega-3 akan membantu memperbaiki kualitas tidur dan mencegah insomnia lebih lanjut.

Hal ini karena lemak satu ini dapat meningkatkan produksi serotonin, sehingga membuat tubuh menjadi lebih rileks, dan bahagia.

Post a Comment for "Mengenal Manfaat Omega-3 Untuk Kesehatan"