Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Manfaat Vitamin C dan Efek Sampingnya

gambar apa saja manfaat vitamin c dan efek sampingnya
apa saja manfaat vitamin c dan efek sampingnya

Vitamin C merupakan salah nutrisi yang penting bagi tubuh karena dapat membantu tubuh menjalankan fungsinya. 

Fungsi vitamin C diantaranya adalah menjaga dan mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh, pembentukan kolagen, protein, neurotransmiter, serta meningkatkan penyerapan zat besi.

Selain itu, vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, sehingga berperan penting dalam menangkal berbagai macam penyakit.

Kekurangan Vitamin C

Vitamin C mudah larut dalam air dan bisa terbuang lewat urin, sehingga vitamin tidak tersimpan lama dalam tubuh. 

Vitamin C memiliki peran penting dalam kesehatan darah dan jaringan tubuh terutama kulit, rambut, tulang dan sendi. 

Sehingga jika tubuh kekurangan vitamin C, berbagai jaringan inilah yang paling berdampak dan menimbulkan berbagai gejala seperti kulit kering, rambut patah dan bercabang, nyeri otot, mudah memar, mimisan, badan letih dan lesu, gusi bengkak atau berubah warna, luka lebih sulit sembuh hingga tubuh mudah terinfeksi penyakit.

Sumber Vitamin C

Tidak seperti hewan, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri sehingga untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, tubuh perlu mendapatkan asupan vitamin C dari makanan setiap harinya.

Selain itu, sekarang vitamin C juga juga banyak ditemukan di berbagai produk, baik itu minuman maupun suplemen. 

Kebutuhan vitamin C untuk usia dewasa adalah 90 miligram untuk laki-laki dan 75 miligram untuk perempuan per hari.

Vitamin C, banyak ditemukan dalam kandungan buah dan sayur seperti cabe, paprika, kale, daun peterseli, brokoli, tomat, bayam, lemon, jeruk, stroberi, kiwi, pepaya, nanas, mangga, pisang serta blackcurrant.

Dan fakta uniknya adalah jika selama ini kita beranggapan bahwa jeruk adalah buah yang paling banyak mengandung vitamin C, faktanya jambu biji merupakan buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi.

Dalam 100 gram jambu biji, mengandung 200 mg vitamin C yang jauh lebih tinggi dari pada buah jeruk yang hanya 53mg.

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

Mengingat pentingnya peranan vitamin C bagi tubuh kita, maka konsumsi makanan terutama sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C sangat disarankan.

Berikut adalah manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui,

1. kekebalan tubuh

Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan fungsi sel darah putih (limfosit dan neutrofil).

Vitamin C juga dapat memperkuat sel epitel kulit, dimana kulit memiliki fungsi yang sangat penting untuk melindungi tubuh baik dari lingkungan, udara, bakteri hingga mikroba.

2. mengelola tekanan darah tinggi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan hipertensi.

Konsumsi suplemen vitamin C secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 3,84 mmHg dan diastolik sebesar 1,48 mmHg pada orang dewasa sehat.

3. Mencegah tubuh kekurangan zat besi

Zat besi sangat penting bagi tubuh, zat besi dibutuhkan sel darah merah untuk mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh.

Kekurangan zat besi akan menghambat peredaran oksigen ke seluruh tubuh, dan menyebabkan defisiensi zat besi atau anemia yaitu kondisi sel darah merah yang tidak memiliki cukup zat besi.

Oleh sebab itu vitamin C sangat dibutuhkan untuk mencegah kondisi tersebut, karena vitamin C dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

4. Mengurangi resiko penyakit kronis

Vitamin C merupakan antioksidan alami bagi tubuh yang dapat melindungi berbagai sel tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan sel tubuh rentan mengalami mutasi atau kerusakan yang menyebabkan efek yang berbahaya seperti penyakit jantung dan kanker.

5. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin C sangat penting bagi kesehatan kulit karena dapat mendorong produksi kolagen dan melindungi sel kulit dari kerusakan serta membantu mempercepat proses penyembuhan luka, sehingga kulit tampak sehat dan kencang. Antioksidan dalam vitamin C juga mencegah kulit dari penuaan dini.

6. Menurunkan kolesterol

Menurut penelitian, konsumsi 500 gram vitamin C per hari dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah yang dapat menyumbat pembuluh darah.

7. Mencegah penyakit asam urat

Kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat membentuk kristal yang menyebabkan nyeri pada persendian.

Penelitian juga telah membuktikan bahwa konsumsi vitamin C selama 30 hari dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

8. Mengurangi resiko gangguan mata

Katarak dan degenerasi makula terjadi akibat kerusakan protein dan matriks ekstraseluler yang kaya akan kolagen.

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan mata karena mampu mendorong produksi protein dan kolagen sehingga mampu memperlambat proses terjadinya katarak dan degenerasi makula karena faktor usia.

Efek Samping Vitamin C Bagi Tubuh

Vitamin C akan menimbulkan efek interaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tertentu seperti penurunan kadar vitamin C jika dikonsumsi dengan obat golongan barbiturat seperti phenobarbital, penurunan efektivitas obat antikogulan seperti warfarin, penurunan kadar amfetamin dalam darah serta peningkatan kadar obat hormonal yang mengandung estrogen.

Vitamin C dengan dosis yang tidak tepat dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti diare, mual, pusing, sakit kepala, keram perut atau heartburn. 

Selain itu segera hubungi dokter jika mengalami reaksi alergi obat atau efek samping yang serius seperti nyeri saat berkemih maupun urin berwarna merah muda atau berdarah.

Post a Comment for "Apa Saja Manfaat Vitamin C dan Efek Sampingnya"