Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buah Untuk Radang Tenggorokan Secara Alami

gambar buah untuk radang tenggorokan secara alami
buah untuk radang tenggorokan secara alami

Radang tenggorokan (Faringitis) atau sering kita sebut dengan panas dalam adalah kondisi peradangan yang terjadi pada bagian tenggorokan (faring) yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Virus penyebab pilek dan flu adalah infeksi virus yang biasanya menyebabkan radang tenggorokan. Selain itu, virus penyebab cacar air, campak dan virus Corona juga bisa mengakibatkan peradangan pada tenggorokan. 

Infeksi ini dapat ditularkan melalui percikan air liur yang terhirup saat penderitanya batuk, bersin atau berbicara.

Buah Untuk Radang Tenggorokan Secara Alami

Selain obat ada beberapa buah yang bagus dikonsumsi untuk meringankan radang tenggorokan. Secara umum, buah yang lembut dan mudah ditelan sangat aman dikonsumsi saat mengalami radang tenggorokan.

Buah dengan tekstur yang lembut akan mengurangi resiko iritasi pada tenggorokan. Beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi saat radang tenggorokan yang bisa dicoba antara lain:

1. Buah Delima

Buah delima kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh terutama untuk menjaga kekebalan tubuh serta membasmi infeksi virus dan bakteri. 

Hal ini dikarenakan sekitar 40% kebutuhan vitamin C harian tubuh manusia bisa ditemukan pada buah delima. Antioksidan yang tinggi pada buah ini mampu bekerja melawan peradangan di seluruh tubuh, mencegah stres oksidatif, serta kerusakan akibat radikal bebas.

Dikutip dari hellosehat, dalam tes laboratorium, buah delima terbukti mengandung sifat anti-bakteri dan anti-virus sehingga berkhasiat untuk mencegah dan melawan infeksi penyakit. 

Antibakteri dan antijamur yang ada pada buah delima dapat melindungi tubuh terhadap infeksi dan peradangan di mulut, hal ini termasuk radang tenggorokan serta kondisi seperti periodontitis, gingivitis dan denture stomatitis.

2. Buah Alpukat

Teksturnya yang sangat lembut serta nikmat untuk dikonsumsi dengan berbagai kreasi makanan, menjadikan alpukat sebagai pilihan yang tepat untuk dikonsumsi saat mengalami radang tenggorokan. Karena saat mengalami radang tenggorokan, biasanya kita mengalami kesulitan makan dan menelan.

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat serta memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga, dapat meredam peradangan dalam tubuh. Buah alpukat juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengimbangi pilihan makanan yang kurang sehat.

3. Buah Naga

Buah naga dikenal sebagai buah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan berperan penting dalam menangkal radikal bebas serta bakteri yang menyebabkan peradangan, termasuk diantaranya adalah radang tenggorokan.

Buah naga bisa menjadi alternatif yang menarik, karena memiliki rasa yang lezat dan mudah diolah seperti jus atau smoothie.

4. Buah Pisang

Buah pisang kaya akan vitamin C, vitamin B6 serta kalium yang bekhasiat untuk meredakan radang tenggorokan. 

Selain itu, teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat sangat nyaman dan mudah dikonsumsi saat tenggorokan kita sakit atau mengalami radang tenggorokan.

5. Buah Lemon

Lemon sangat terkenal dengan kandungan vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta memberi kekuatan tubuh untuk melawan infeksi, termasuk infeksi radang tenggorokan.

Menggunakan lemon untuk mengatasi sakit tenggorokan juga sangat mudah. Caranya yaitu, campurkan satu sendok teh jus lemon dalam segelas air hangat, dan minum untuk meredakan rasa sakit di tenggorokan.

Pada umumnya, radang tenggorokan bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan. Sakit tenggorokan biasanya akan sembuh atau mereda dengan sendirinya dalam waktu satu minggu.

Tapi radang tenggorokan biasanya juga disertai dengan gejala lain seperti demam, batuk, flu, nyeri saat berbicara, benjolan di leher, hingga sesak nafas.

Jika gejala radang tenggorokan belum mereda setelah lebih dari seminggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Post a Comment for "Buah Untuk Radang Tenggorokan Secara Alami"