Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Vitamin E dan Efek Sampingnya

gambar manfaat vitamin E dan efek sampingnya
manfaat vitamin E dan efek sampingnya

Siapa sih yang tidak mengenal vitamin E? Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang banyak dikenal oleh masyarakat luas karena kemampuannya dalam memperbaiki struktur kulit.

Banyak produk kecantikan yang menyertakan vitamin E sebagai salah satu kandungan utama mereka. Tidak hanya itu, vitamin E yang bersifat sebagai antioksidan ini, juga efektif melawan serangan radikal bebas yang dapat memberikan dampak negatif pada tubuh.

Mengenal Vitamin E, Manfaat, Sumber Serta Efek Samping Bagi Kesehatan Tubuh

Apa Itu vitamin E?

Vitamin E merupakan vitamin yang mengandung senyawa tokoferol dan tokotrienol. Keduanya merupakan antioksidan yang bersifat fat soluble atau larut dalam lemak.

Vitamin E menjadi vitamin yang populer karena manfaatnya bagi kecantikan dan kesehatan kulit, serta sebagai antioksidan dan pelindung sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kebutuhan Vitamin E per hari

Kebutuhan vitamin E per hari tentu saja berbeda-beda tergantung usia. Kebutuhan harian tubuh akan vitamin E untuk anak-anak adalah 4-7 mg atau setara 8-15 IU sedangkan untuk orang dewasa adalah 15-19 mg atau 20-30 IU per hari.

Sumber Vitamin E

Kebutuhan vitamin E dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan berikut:
  • Konsumsi sayuran hijau (bayam, sawi, lobak dan brokoli)
  • Kacang-kacangan (kacang almond, kacang tanah dan kedelai)
  • Biji-bijian (jagung, gandum dan biji bunga matahari)
  • Buah-buahan (kiwi, mangga, pepaya, alpukat, tomat dan wortel)
  • Makanan laut (ikan kod, salmon, udang dan kerang),
  • Serta dari minyak nabati (minyak kelapa dan minyak zaitun).
  • Produk makanan yang sudah diperkaya dengan vitamin E, seperti sereal, jus dan margarin.
  • Suplemen vitamin E jika diperlukan.

Kekurangan Vitamin E

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang kekurangan vitamin E, diantaranya adalah:
  1. Gangguan pencernaan seperti penyakit crohn, celiac, sirosis hati, pankreatitis kronis serta cystic fibrosis. Kondisi ini menyebabkan lemak serta vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E dan K) sulit diserap oleh tubuh.
  2. Faktor keturunan atau kelainan genetik yang menyebabkan tubuh sulit mencerna vitamin E.
  3. Diet ekstrim atau kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin E.

Gejala kekurangan vitamin E

Kekurangan vitamin E dapat menimbulkan berbagai gejala seperti pucat dan mudah lelah, refleksi tubuh lambat, gangguan koordinasi gerakan tubuh (banyak bergerak atau sulit mengambil suatu benda), kesemutan atau mati rasa pada bagian tubuh tertentu hingga menyebabkan gangguan penglihatan.

Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh

Menurut penelitian, seseorang yang rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E memiliki kekebalan tubuh dan kesehatan kulit yang lebih baik.

Namun manfaat vitamin E tidak berhenti sampai disitu saja. Berikut adalah beberapa manfaat vitamin E yang perlu diketahui,

1. Menjaga kekebalan tubuh

Tidak kalah dengan vitamin C, vitamin E juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. 

Antioksidan berperan penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang berpotensi merusak jaringan dan sel-sel dalam tubuh.

Beberapa penelitian juga menjelaskan bahwa vitamin E dapat meningkatkan produksi sel darah putih terutama limfosit yang dapat berpengaruh pada kekuatan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan berbagai virus dan bakteri penyakit.

2. Menjaga kesehatan kulit

Ada banyak manfaat vitamin E bagi kesehatan kulit diantaranya adalah mengurangi peradangan, membantu pembentukan kolagen, hingga meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit.

Vitamin E yang kita konsumsi akan diserap oleh lapisan epidermis kulit dan digunakan untuk memperbaiki kulit yang mengalami kerusakan.

3. Menjaga keseimbangan hormon

Kemampuan vitamin E dalam menyeimbangkan sistem hormon mampu menjaga keseimbangan sistem endokrin dan saraf.

Hormon yang tidak seimbang dapat menimbulkan berbagai gejala atau keluhan seperti sakit perut saat menstruasi, infeksi saluran kemih, kenaikan berat badan, alergi hingga gangguan kecemasan.

Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E dapat mencegah munculnya berbagai gejala atau keluhan tersebut.

4. Nutrisi untuk kehamilan dan kesehatan janin

Kadar vitamin E yang cukup pada ibu hamil dapat membantu perkembangan awal sistem saraf embrio serta tumbuh kembang janin dalam kandungan, melancarkan sirkulasi darah yang baik untuk kesehatan plasenta, membantu pembentukan sel darah merah sehingga mencegah ibu hamil terkena anemia, serta mengurangi risiko keguguran.

5. Menjaga kesehatan reproduksi dan kesuburan, baik bagi pria maupun wanita

Kandungan antioksidan pada vitamin E dapat memperbaiki kualitas sperma yang rusak serta menjaga kesehatan dan melindungi organ reproduksi dari radikal bebas yang menyebabkan gangguan kesuburan. 

Penelitian menunjukkan bahwa pemberian suplemen yang mengandung selenium, vitamin E dan vitamin C dapat memperbaiki kualitas dan pergerakan sperma.

Konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin E juga dapat mendukung kualitas sel telur sehingga meningkatkan peluang dan potensi hamil.

6. Membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa anti-inflamasi yang terdapat pada vitamin E, yaitu tokotrienol ternyata sangat berkontribusi dalam membantu pencegahan terjadinya penyakit alzheimer.

Vitamin E dapat memperlambat kehilangan memori serta penurunan fungsi otak. Oleh karena itu, konsumsi vitamin E sangat penting terutama bagi lansia.

Efek Samping Dan Bahaya Vitamin E

Vitamin E jika dikonsumsi dengan obat-obatan tertentu dapat menimbulkan efek interaksi obat seperti menurunkan efektivitas suplemen zat besi, ketoconazole atau vitamin B3.

Meningkatkan risiko terjadinya perdarahan jika dikonsumsi dengan obat pengencer darah, seperti warfarin. Serta menurunkan penyerapan vitamin E jika dikonsumsi dengan cholestyramine, colestipol, atau orlistat.

Kelebihan vitamin E atau konsumsi vitamin E dengan dosis yang tidak sesuai dapat menimbulkan berbagai efek samping seperti pusing, mual, diare, nyeri perut, lelah yang tidak biasa hingga penglihatan kabur.

Demikian merupakan artikel mengenai manfaat vitamin E dan efek sampingnya. Semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Vitamin E dan Efek Sampingnya"