Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Untuk Ibu Hamil

gambar makanan penurun kolesterol untuk ibu hamil
makanan penurun kolesterol untuk ibu hamil

Saat hamil, ibu akan mengalami banyak keluhan yang menjadi tantangan selama proses kehamilan. Yang paling banyak dan umum dirasakan oleh ibu hamil adalah rasa mual, muntah dan ngidam, terutama pada trimester pertama kehamilan.

Mual, muntah dan ngidam pada ibu hamil dapat mengganggu selera makanan dan asupan nutrisi pada ibu. Keluhan ini, terkadang menjadi alasan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang tidak sehat.

Sedangkan saat hamil ibu membutuhkan berbagai jenis nutrisi yang baik yang dibutuhkan bagi kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin dalam kandungann. Saat hamil, ibu juga akan mengalami peningkatan kadar kolesterol. 

Hal ini wajar terjadi karena peningkatan kolesterol dimanfaatkan tubuh untuk memproduksi sel dan pembentukan hormon yang dibutuhkan ibu dan janin selama kehamilan.

Namun konsumsi makanan berlemak seperti makanan cepat saji, gorengan, dan jeroan akan beresiko lebih meningkatkan kadar kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Kolestrol yang terlalu tinggi akan meningkatkan resiko hipertensi dan serangan jantung, terutama bagi ibu hamil yang sudah memiliki riwayat kolesterol tinggi sebelumnya. Oleh sebab itu, ibu hamil wajib memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya.

3 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat mengontrol kolesterol tinggi pada ibu hamil:

1. Makanan yang banyak mengandung serat

Serat dapat membantu menurunkan kolesterol dengan berbagai cara, diantaranya yaitu serat dapat mengikat lemak dan kolesterol pada usus kecil sehingga tidak terserap dalam aliran darah. Dengan hal ini kolesterol mudah dikeluarkan.

Serat juga mengikat asam empedu (mengurangi jumlah garam empedu), dengan diikat dan dibuangnya asam empedu tubuh akan kekurangan asam empedu.

Sedangkan asam empedu sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh akan bekerja keras membentuk asam empedu lagi menggunakan kolesterol.

Dengan terpakainya kolesterol untuk membentuk asam empedu baru, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan berkurang. Selain itu serat juga dapat mencegah gula darah naik setelah makan.

Serat ada 2 jenis, yaitu serat larut dan serat tak larut. Namun serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol adalah jenis serat yang dapat larut dalam air.

Beberapa jenis makanan berserat yang baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah oat, gandum, kacang atau lentil, brokoli, Kubis Brussel, alpukat, beri, dan apel.

2. Makanan yang mengandung lemak sehat

Lemak sebenarnya juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti menyediakan cadangan energi, membantu penyerapan zat gizi, membentuk hormon serta melindungi organ tubuh.

Namun ada beberapa jenis lemak yang mempengaruhi kesehatan tubuh, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. 

Lemak jenuh yang menumpuk dalam tubuh dapat meningkatkan kolesterol jahat dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Sedangkan lemak tak jenuh dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dan tentu saja mengurangi resiko penyakit jantung.

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh bisa kita dapatkan dari jenis kacang-kacangan (kacang tanah, kacang mede, kedelai, almond), jagung, biji wijen dan alpukat.

3. Makanan yang mengandung omega 3

Omega 3 dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau yang sering kita sebut dengan HDL (high density lipoprotein).

HDL yaitu kolesterol yang berfungsi untuk membersihkan kelebihan kolesterol berbahaya dalam darah dan mengembalikannya ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh.

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang banyak mengandung omega 3, seperti ikan tuna, salmon, makarel dan sarden.

Penutup

Makanan di atas, selain berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol juga memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, penting menjaga pola makan sehat dan olahraga secara teratur.

Disamping itu, konsumsi makanan penurun kolesterol untuk ibu hamil sangat bermanfaat menjaga kolesterol tubuh tetap stabil. 

Post a Comment for "3 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Untuk Ibu Hamil"