Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Dengan Bahan Alami

9 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Dengan Bahan Alami
9 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Dengan Bahan Alami

9 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Dengan Bahan Alami

Penyebab rambut rontok

Memiliki rambut rontok parah tentu akan membuat khawatir, apalagi jika rontoknya dalam jumlah yang sangat tidak wajar. Untuk itu, memahami penyebab rambut rontok sangatlah penting. Ada banyak penyebab rambut rontok, namun di artikel ini akan kita ulas sedikit mengenai beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan rambut rontok parah.

1. Menggunakan shampoo yang salah

Penggunaan shampoo yang salah akan menjadi pemicu terjadinya rambut rontok. Kandungan kimia yang terdapat pada shampoo apabila tidak sesuai dengan kondisi rambut kalian, maka akan menyebakan kerontokan menjadi semakin parah.
2.Penggunaan alat styling rambut
Penggunaan alat styling rambut secara terus menerus akan merusak kesehatan rambut. Penggunaan hair styling seperti hair dryer dan catok setiap hari akan merusak kandungan nutrisi pada rambut, sehingga membuat rambut menjadi rapuh, tipis dan mudah rontok

3. Sering mewarnai rambut

Apabila kalian sering bereksperimen dengan warna rambut, tentu kalian sudah tidak asing dengan cat rambut. Cat rambut mengandung banyak sekali bahan kimia, yang tentu saja akan mempengaruhi kondisi kesehatan rambut. Penggunaan cat rambut yang terlalu sering akan mengubah struktur rambut, dan tanpa diikuti adanya perawatan lanjutan, maka resiko terjadinya kerusakan pada rambut akan semakin tinggi, sehingga rambut akan menjadi semakin mudah rontok.

4. Rambut rontok karena sering menggunakan obat pelurus rambut

Penggunaan obat pelurus rambut harus dilakukan oleh tenaga yang proffesional akan kerusakan rambut dapat dihindari. Namun meski begitu, resiko terjadinya kerusakan tetaplah sangat besar. Tidak jarang banyak orang yang habis melakukan pelurusan rambut, maka rambutnya menjadi mudah rontok dan semakin menipis. 

5. Rambut rontok akibat stress

Stres dapat memicu terjadinya rambut rontok. Kondisi tubuh yang depresi dan stress, secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuhnya, termasuk kondisi kesehatan rambut. Semakin kalian stress, maka rambut yang rontok akan menjadi semakin parah.

6. Rambut rontok akibat kurang asupan nutrisi

Asupan nutrisi yang cukup tidak hanya memelihara kesehatan tubuh, tetapi juga menjadi kesehatan rambut. Pada orang yang kekurangan nutrisi, maka kondisi rambut juga akan ikut terpengaruh. Kondisi rambut pada orang yang kekurangan nutrisi cenderung tipis, warna lebih terang, tidak bercahaya, helai rambut rapuh, kusut dan mudah rontok.

7. Rambut rontok karena paparan polusi 

Rambut rontok karena paparan polusi merupakan salah satu faktor yang jarang disadari oleh kita semua. Udara yang kotor, asap rokok, paparan sinar matahari dan masih banyak lagi, merupakan kondisi yang dapat merusak kesehatan rambut dan dapat memperparah rambut rontok.

8. Rambut rontok karena sakit atau penyakit

Penyebab rambut rontok yang lain yaitu karena tubuh sedang mengalami sakit.Orang yang sakit akan mengalami gangguan fungsi organ, yang tentunya secara tidak langsung juga turut mempengaruhi kondisi kesehatan rambut. Beberapa orang yang menjalani terapi kesehatan seperti kemoterapi juga akan mengalami rambut rontok parah karena adanya komplikasi atau efek samping dari terapi yang dilakukan. Selain itu, orang yang menderita tipes juga rawan mengalami kerontokan rambut karena kurangnya asupan nutrisi untuk rambut.

9. Rambut rontok setelah melahirkan

Rambut rontok setelah melahirkan sebenarnya merupakan kondisi yang wajar karena adanya perubahan hormon pada ibu melahirkan. Pada saat seorang wanita mengalami masa kehamilan, maka hormon didalam tubuh akan berubah. Hormon progesteron yang meningkat akan membuat rambut menjadi kering dan mudah rontok. Dan kerontokan rambut ini akan semakin parah hingga masa melahirkan usai.

Cara mengatasi rambut rontok

Cara mengatasi rambut rontok parah secara alami yang dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang terdapat disekitar kita. Selain hemat biaya, penggunaan bahan alami juga juga menurukan resiko terkena efek negatif dari bahan kimia yang biasa digunakan pada produk komersial. Bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai perawatan dalam mengatasi masalah rambut rontok sangat banyak, sehingga hal ini tentu memudahkan kita dalam melakukan perawatan dirumah. Selain itu, biaya yang murah tentu merupakan sebuah keuntungan yang sangat sayang jika kita lewatkan begitu saja.

Berikut adalah cara mengatasi rambut rontok parah dengan bahan alami yang bisa kita lakukan dirumah,

1. Menggunakan masker rambut telur dan madu

Telur dan madu sudah diketahui mengandung banyak vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Rutin menggunakan masker rambut yang terbuat dari madu dan telur terbukti dapat memperkuat akar rambut, mencegah rambut rusak dan kering serta membantu rambut menjadi lebih halus dan lembut. Cara membuat masker ini cukup mudah, yaitu cukup mencampurkan dua butir telur dan setengah cangkir madu. Aduk dengan seksama dan oleskan secara merata pada rambut anda. Diamkan selama satu jam agar masker bisa bekerja dengan sempurna. Bilas dengan air dingin agar telur dan madu dapat dibilas dengan sempurna. Gunakan masker alami ini setidaknya satu bulan sekali.

2. Menggunakan sari cuka apel atau apple cider vinegar

Sari cuka apel telah dikenal dengan segudang manfaatnya. Mulai dari melawan jerawat, menurunkan berat badan hingga mencegah rambut rontok. Kandungan antioxidant pada cuka apel ternyata juga ampuh untuk mencegah rambut rontok pada rambut. Sari cuka apel bermanfaat untuk memperkuat akar rambut serta merangsang pertumbuhan rambut baru. Selain itu, sari cuka apel juga efektif untuk melembutkan rambut dan mengembalikan kemilau alami rambut. Cara memanfaatkan sari cuka apel untuk mencegah rambut rontok parah yaitu dengan mencampurkan setengah cangkir sari cuka apple dengan minyak zaitun. Oleskan secara merata pada seluruh rambut dan diamkan kurang lebih selama satu jam, Minyak zaitun berkhasiat melembutkan rambut serta menjaga kelembaban rambut. Setelah ramuan ini didiamkan kurang lebih satu jam, segera bilas rambut dengan air hangat hingga bersih. Kemudian, lanjutkan dengan menggunakan shampoo seperti biasa.

3. Mencegah rambut rontok dengan minyak kelapa

Minyak kelapa sangat baik bagi pertumbuhan rambut serta membantu rambut tumbuh sehat dan kuat sehingga mengurangi terjadinya kerontokan. Cara menggunakannya yaitu oleskan minyak kelapa pada seluruh kulit kepala dan lanjutkan pada batang rambut. Lakukan pijatan ringan selama kurang lebih sepuluh menit dan diamkan selama 30 menit. Bilas rambut hingga bersih dengan menggunakan air hangat, lalu lanjutkan dengan penggunaan shampoo seperti biasa. Rutin menggunakan minyak kelapa setidaknya seminggu sekali maka hasilnya rambut akan menjadi semakin hitam, lebat dan tebal. 

4. Memperbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi pertumbuhan rambut. Nutrisi yang kurang akan membuat rambut menjadi tumbuh tidak sehat dan rawan rontok. Untuk itu asupan gizi yang tepat sangat diperlukan untuk mencegah rambut menjadi rontok dan tidak sehat. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, serta konsumsi lebih banyak ikan dan kacang-kacangan. 

Hal-hal yang perlu dihindari untuk mencegah rambut rontok

Agar rambut rontok bisa semakin berkurang, hindarilah hal-hal berikut ini
1. Jangan membilas rambut dengan air hangat, hal ini akan membuat rambut kehilangan kelembaban alaminya, sehingga rambut akan menjadi semakin kering, mudah patah dan cepat rontok
2. Hindari kebiasaan menggosok rambut pada saat mengeringkan rambut. Hal ini penting karena jika menggosok rambut, maka rambut akan mengalami gesekan yang akan merusak folikel rambut, sehingga rambut akan menjadi kusut, mudah patah dan mudah rontok.
3. Hindari hujan, panas yang berlebihan dan udara yang penuh polusi. Hal tersebut akan membuat rambut menjadi tumbuh tidak sehat sehingga rambut menjadi rapuh dan cepat rontok. Selalu lindungi rambut dari polusi sehingga serangan radikal bebas dapat dihindari.
4. Tidak menggunakan perawatan rambut yang menggunakan banyak bahan kimia seperti mengeriting dan meluruskan rambut karena bahan kimia yang ada didalamnya akan mempercepat kerusakan rambut.
5. Menghindari penggunaan hair dryer dan catok rambut. Kedua alat tersebut memang sangat praktis dan mudah untuk membuat rambut menjadi cantik, tetapi penggunaan yang terlalu sering akan merusak rambut sehingga membuat rambut rontok semakin parah.

Post a Comment for "9 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Dengan Bahan Alami"