Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tanda Umum Bahwa Tubuh Kekurangan Vitamin

Tanda Umum Bahwa Tubuh Kekurangan Vitamin
Tanda Umum Bahwa Tubuh Kekurangan Vitamin

6 Tanda Umum Bahwa Tubuh Kekurangan Vitamin

Apabila seseorang mengalami kekurangan asupan vitamin, maka tubuh orang tersebut akan menjadi lemah dan rentan terkena serangan berbagai virus dan penyakit. Apabila kondisi tersebut dibiarkan, maka berbagai resiko munculnya penyakit kronis akan semakin besar. Untuk mengatasi tersebut, seseorang biasanya akan memilih jalur medis, yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter. Namun jika kalian enggan untuk melakukan konsultasi dengan dokter, maka diagnosa mandiri juga bisa dilihat dari kondisi tubuh terkini.

Berikut adalah tanda-tanda bahwa tubuh sedang mengalami kekurangan asupan vitamin

1. Bibir kering dan pecah-pecah

Kondisi bibir kering dan pecah-pecah, bukan hanya pertanda bahwa tubuh sedang dehidrasi, tetapi juga menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang mengalami defisiensi vitamin C. Tidak hanya bibir kering dan peah-pecah, kurang vitamin C juga menyebabkan gusi menjadi mudah berdarah. Apabila anda mengalami hal tersebut, maka segeralah mengkonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak vitamin C. 

Sumber vitamin C secara alami bisa didapatkan dari buah-buahan seperti lemon, nanas, jeruk, bengkoang, semangka, pepaya, manggis, mangga dan masih banyak lagi. Sementara itu, sumber vitamin C juga bisa didapatkan dari sayur-sayuran seperti tomat, timun, dan paprika.

2. Kulit terlihat pucat dan tidak bercahaya

Orang yang jarang keluar rumah dan jarang terpapar sinar matahari, akan memiliki kecenderungan untuk memiliki kulit yang lebih pucat. Namun, untuk orang yang mengalami kekurangan vitamin B12, tubuh terlihat lebih pucat, tidak bercaya dan selalu merasa letih serta tidak memiliki tenaga untuk melakukan aktivitas meskipun hanya sekedar aktivitas ringan.

Jika anda mengalami kondisi yang demikian, maka cobalah untuk mengkonsumsi lebih banyak daging, telur, keju, susu, ikan dan seafood, yang mana bahan - bahan tersebut merupakan sumber vitamin B12 secara alami. Namun jika anda sudah rutin mengkonsumsi makanan tersebut tetapi badan masih suka terasa lelah, letih, lesu dan pucat, maka sebaiknya anda pergi memeriksakan diri ke dokter.

3. Tubuh mudah lelah dan gampang kram

Tubuh yang selalu mengalami kelelahan terus menerus, mudah kram dan terkadang juga merasakan nyeri tulang, bisa jadi merupakan salah satu pertanda bahwa tubuh sedang kekurangan vitamin D. Vitamin D tidak dapat diproduksi oleh tubuh, namun vitamin D bisa didapatkan secara alami dengan memanfaatkan paparan sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi yang menyinari kulit ini akan membantu tubuh untuk membentuk vitamin D. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi jamur. Berbagai jenis jamur seperti champignon, tiram dan shitake merupakan sumber vitamin D secara alami.

4. Rambut kering dan rapuh

Rambut yang kering, berketombe, mudah patah dan rontok juga merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sedang mengalami kekurangan vitamin terutama vitamin B7. Fungsi vitamin B7 atau yang dikenal juga dengan sebutan biotin yaitu membantu metabolisme tubuh untuk memproses karbohidrat, lemak dan protein. Biotin atau vitamin B7 merupakan vitamin larut air yang bisa didapatkan secara alami dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, ikan, telur, kacang-kacangan dan susu.

5. Tubuh selalu capek, kepala pusing dan selalu mengantuk

Jika anda selalu merasa capek, kepala mudah pusing dan selalu merasa mengantuk sepanjang hari, kemungkinan besar tubuh anda kurang mendapatkan asupan vitamin B komplek. Vitamin B komplek berfungsi untuk membantu tubuh mengubah nutrisi penting menjadi energi. Selain dampak pada tubuh yang mudah lelah, kekurangan vitamin B kompleks juga menyebabkan masalah pada daya ingat, emosi tidak stabil dan mudah tersinggung.

Meskipun tubuh sudah mendapatkan cukup tidur, namun anda selalu merasa tidak bersemangat di pagi harinya bahkan hingga siang hari masih merasa lelah, maka anda bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B kompleks. Vitamin B komplek bisa didapatkan dari ikan, udang, kerang, telur, ikan, kacang-kacangan, ayam, daging dan sayuran hijau. 

6. Mata bengkak

Mata yang tiba-tiba terasa sembab dan bengkak merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Mata yang bengkak tanpa sebab tersebut ternyata juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang kekurangan yodium. 

Jika tubuh kekurangan yodium, maka anda bisa mengkonsumsi lebih banyak makanan laut karena makanan laut merupakan sumber yodium alami. Selain itu, sumber yodium alami juga bisa didapatkan dari susu, yoghurt dan keju.

Post a Comment for "6 Tanda Umum Bahwa Tubuh Kekurangan Vitamin"