Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan

Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan
Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan

Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan

Spirulina sudah lama diklaim sebagai makanan super berkat adanya kandungan vitamin, mineral, dan proteinnya yang sangat tinggi. Banyak orang yang percaya bahwa rutin mengkonsumsi spirulina dapat meningkatkan kesehatan karena kandungan klorofilnya yang tinggi. Kandungan klorofil ini dianggap dapat mendetoksifikasi dan membersihkan tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa spirulina dapat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk proses detoksifikasi dan pembersihan tubuh, memperkuat rambut, kulit, dan kuku serta membantu meningkatkan dan mempertahankan energi tubuh.

Spirulina sendiri adalah alga hijau kebiruan yang tumbuh di air tawar. Alga hijau ini merupakan organisme bersel satu sederhana dengan bentuk spiral yang dibuatnya pada saat tumbuh dengan menangkap energi dari matahari.

Sebagai bahan makanan, spirulina sendiri menjadi populer sebagai sumber protein lengkap vegan karena mengandung sekitar 65% protein, dan didalamnya termasuk 8 asam amino esensial dan 12 asam amino non-esensial. Spirulina juga merupakan sumber zat besi dan kalsium yang tersedia secara hayati, serta sumber vitamin A, B, dan K. Semua vitamin dan mineral ini mudah dicerna, diserap, dan digunakan oleh tubuh.

Spirulina juga memiliki fakta lain yaitu memiliki skor ORAC lebih dari 24.000, yang merupakan empat kali skor blueberry. Skala ORAC mengukur kemampuan antioksidan makanan, makanan yang mendapat skor tinggi pada skala ORAC dianggap mempertahankan sel-sel tubuh terhadap kerusakan oksidatif yang menyebabkan penuaan dini. Karena spirulina merupakan makanan rendah lemak dan natrium, maka spirulina juga menjadi salah satu alternatif yang populer untuk digunakan dalam diet penurunan berat badan.

Berikut adalah manfaat spirlina untuk kesehatan tubuh

Spirulina bagus untuk kesehatan liver atau hati

Spirulina sering digunakan untuk membantu mengurangi lemak hati. Beberapa studi pendahuluan menunjukkan spirulina mungkin bermanfaat bagi pasien dengan hepatitis kronis dan membantu mengurangi kerusakan hati dan sirosis. Namun, jika Anda memiliki kondisi hati yang kronis, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Spirulina untuk detox tubuh

Diperkirakan spirulina dapat mengikat logam berat dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Hal ini karena tingginya kandungan klorofil yang merupakan salah satu agen detoksifikasi paling kuat di alam - yang membantu membersihkan tubuh dari racun.

Spirulina untuk penambah energi

Dalam beberapa tahun terakhir, fokus telah beralih ke manfaat spirulina untuk olahraga dan pemulihan, dan semakin disertakan dalam campuran protein shake untuk mendukung kekuatan dan meningkatkan energi tubuh. Fakta bahwa spirulina bukan stimulan, membuatnya semakin digemari karena tidak menyebabkan lonjakan dan penurunan tingkat energi, vitamin B dan nutrisi lainnya memberikan tingkat energi yang konsisten dan berkelanjutan.

Spirulina untuk mata

Spirulina kaya akan karotenoid, merupakan senyawa antioksidan kuat yang penting untuk proses pemeliharaan penglihatan agar selalu sehat terutama dalam kondisi cahaya yang berubah dan seiring bertambahnya usia mata. Berdasarkan hasil penelitian, spirulina diketahui menyediakan 14 kali lebih banyak beta-karoten daripada wortel.

Spirulina untuk mengatasi malnutrisi

Spirulina digunakan untuk memerangi malnutrisi di negara berkembang. Sejumlah organisasi sedang mengembangkan makanan yang diperkaya spirulina untuk menyediakan sumber vitamin, mineral, dan protein yang terkonsentrasi pada anak-anak dan orang dewasa yang kekurangan gizi. Alasan utama lain spirulina dipilih untuk memerangai malnutrisi akarena spirulina memiliki kemampuan dalam membantu tubuh menyerap nutrisi ketika kehilangan kemampuan untuk menyerap bentuk makanan normal.

Spirulina mencegah alergi

Rutin mengkonsumsi spirulina dalam dosis tinggi dapat membantu mengurangi gejala alergi seperti pilek dan mata gatal. Sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa spirulina dapat bermanfaat bagi penderita alergi hidung.

Efek samping spirulina

Sejauh ini, spirulina masih dalam taraf aman. Selain itu, spirulina juga dianggap aman untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, karena kandungan zat besi yang tinggi membuatnya bermanfaat bagi ibu dan anak.

Apabila Anda sedang mengkosumsi obat-obatan tertentu, memang saat ini masih belum ada indikasi bahwa spirulina berinteraksi dengan obat resep apa pun. Namun, karena spirulina dapat merangsang respons kekebalan tubuh jika Anda mengonsumsi obat apa pun untuk menekan sistem kekebalan, maka sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Pada saat membeli suplemen atau bubuk spirulina, penting untuk selalu memilih spirulina yang organik. Hal ini karena nilai gizi spirulina sangat tergantung pada kondisi di mana spirulina tumbuh, dan memilih varietas organik memastikan bahwa spirulina tumbuh dalam kondisi bebas pestisida dengan banyak sinar matahari dan tingkat suhu sedang.

Spirulina biasa dikonsumsi antara 200mg hingga 600mg per hari. Spirulina bubuk juga sering ditambahkan ke dalam makanan atau smoothie. Namun, tidak semua orang menyukai rasa dan bau spirulina. Hal ini karena bau dan rasanya mirip dengan rumput laut. Jika Anda termasuk orang yang tidak menyukai bau dan rasa spirulina, maka mengkomsumsi suplement spirulina merupakan pilihan yang tepat.

Post a Comment for "Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan"