Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Paling Efektif Untuk Mendapatkan Kulit Mulus Bebas Jerawat.

cara mudah kulit bebas jerawat
cara mudah kulit bebas jerawat

8 Cara Paling Efektif Untuk Mendapatkan Kulit Mulus Bebas Jerawat.

Kita semua pasti pernah mencari cara bagaimana caranya mendapatkan wajah bersih bebas jerawat, mulus dan glowing bukan? Apalagi dalam dunia maya, banyak bertebaran mengenai tips untuk mendapatkan kulit wajah mulus bebas jerawat. Namun, tidak jarang juga tips yang dibagikan alih-alih membuat kulit menjadi sehat dan jauh dari jerawat, justru membuat jerawat makin parah dan muka makin hancur. Hal ini sering sekali dialami oleh banyak orang. Oleh karena itu, memilih tips yang tepat dan sesuai kondisi kulit sangatlah dibutuhkan. Berikut adalah artikel mengenai 10 cara efektif untuk mendapatkan kulit mulus bebas jerawat yang cocok sekali buat kalian. 

1. Rajin membersihkan wajah

Jika ingin mendapatkan kulit wajah bersih, mulus dan bebas jerawat, tentu saja membersihkan wajah adalah kuncinya. Namun, bukan berarti kita bisa membersihkan wajah dengan sabun wajah secara berulang kali dalam sehari lantas kulit mulus bisa kita dapatkan. Terlalu sering mencuci wajah akan merusak kulit lapisan pelindung alami kulit wajah, atau yang sering juga disebut dengan skin barrier. Apabila skin barrier kulit wajah rusak, maka kulit akan menjadi sensitif dan jerawat akan semakin bertambah parah. 

Berikut adalah cara yang benar dalam membersihkan wajah, pertama bersihkan kulit wajah dengan menggunakan cleansing oil, cleansing balm atau dengan micellar water. Pastikan debu, sisa make up dan minyak yang ada pada kulit wajah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah wajah sudah dibersihkan, lanjutkan mencuci wajah dengan sabun wajah berPH rendah. Hal ini penting untuk menjaga kulit agar tidak kering dan lapisan pelinding kulit tetap terjaga. Setelah wajah selesai dicuci dengan sabun wajah, lanjutkan dengan menggunakan pelembab wajah sesuai dengan kebutuhan kulit wajah.

2. Menggunakan skincare yang sesuai dengan tipe kulit wajah

Penggunaan skincare yang tepat akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kulit wajah. Hal ini karena skincare yang berfungsi sebagai penjembatan akan kebutuhan nutrisi kulit, akan bekerja lebih maksimal apabila disesuaikan dengan kondisi kebutuhan kulit. Sebagai contoh, kulit kering menggunakan skincare untuk kulit berminyak. Hal ini tidak hanya akan memperburuk kondisi kulit, tetapi juga akan merusak lapisan pelindung alami kulit kalian. Untuk itu, sebelum membeli skincare, selalu pastikan kondisi kulit kalian itu seperti apa. Terlebih untuk kalian yang memiliki kulit berjerawat, menggunakan rangkaian produk yang tepat sangatlah penting agar jerawat bisa diatasi dan jaringan kulit juga bisa diperbaiki.

3. Hindari produk yang mengandung alcohol

Produk mengandung alcohol telah lama dipercaya dapat menyembuhkan wajah berjerawat, karena adanya anggapan bahwa bakteri penyebab alcohol akan mati karena berinteraksi langsung dengan alcohol. Selain itu, banyak juga yang menganggap bahwa alcohol dapat membersihkan kelebihan minyak diwajah, karena sekali diusapkan ke wajah, alcohol akan membuat kulit menjadi kering. Namun fakta mengatakan berbeda. Alcohol yang diusapkan ke wajah akan membuat wajah menjadi kehilangan kelembaban alaminya dan justru akan merusak struktur kulit. Alcohol memang akan membuat kulit wajah menjadi kering dan bebas kilap, namun hal itu hanya akan bersifat sementara. Dan efek tersebut tidak akan mengobati permasalahan yang sebenarnya, yaitu kenapa muka bisa mengalami kelebihan produksi minyak dan jerawat menjadi tumbuh subur di wajah.

4. Selalu menggunakan tabir surya

Tabir surya atau yang dikenal juga dengan sunscreen atau sunblock merupakan pelindung kulit yang wajib kalian gunakan jika ingin memiliki wajah mulus bebas jerawat. Selama ini masih banyak orang yang abai akan pentingnya penggunaan krim pelindung matahari ini. Namun siapa sangka, jika mengabaikan krim satu ini justru sederetan masalah jerawat akan siap menanti. Tabir surya berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terutama sinar UVA dan UVB yang dapat merusak sel kulit. Paparan sinar matahari akan dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini seperti munculnya garis halus dan kerutan, flek, milia, dan jerawat. Jika kalian memiliki kulit sensitif dan berjerawat, pilihlah tabir surya dengan jenis suncreen broadspectrum, karena tabir surya jenis ini lebih aman buat kulit yang cenderung sensitif, berminyak dan berjerawat, serta ampuh melindungi kulit baik dari paparan sinar UVA maupun UVB.

5. Makan-makanan yang kaya akan serat

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berminyak dan kurang serat akan memicu kulit menjadi kusam dan berjerawat. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji juga turut semakin memperparah kondisi kulit kalian. Jika kalian ingin mendapatkan kulit mulus bebas jerawat secara alami, maka jangan pernah melewatkan konsumsi makanan yang kaya akan serat. Makanan kaya akan serat tentu bisa didapatkan dengan mengkonsumsi lebih banyak sayur, buah-buahan dan biji-bijian. Selain itu, sayuran, buah-buahan dan biji-bijian merupakan sumber antioxidant, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selalu jaga asupan makanan kalian agar kulit menjadi mulus berseri dan bebas jerawat.

6. Minum banyak air putih

Air putih selain bagus untuk kesehatan tubuh, juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Air putih sangat membantu proses perbaikan kulit, yang mana kulit yang terhidrasi dengan baik maka secara alami akan menjadi lebih bersih, cerah dan glowing. Perlu kalian ketahui, kulit yang berjerawat terjadi karena kondisi kulit yang tidak terhidrasi dengan baik, sehingga memicu kulit untuk memproduksi sebum berlebih dengan harapan untuk menjaga kelembaban kulit. Namun siapa sangka, justru kondisi ini dapat membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat, yang kemudian bercampur dengan bakteri penyebab jerawat, sehingga pertumbuhan jerawat akan menjadi semakin banyak. Oleh karena itu, selalu konsumsi cukup air putih agar kulit mulus bebas jerawat bisa didapatkan.

7. Hindari konsumsi makanan manis

Kebiasaan mengkonsumsi makanan manis tidak hanya buruk bagi kondisi kesehatan tubuh, tetapi juga buruk bagi kesehatan kulit wajah. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis akan memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak sebum, yang mana sebum yang dihasilkan akan menjadi lebih pekat dibanding dengan sebum normal pada biasanya. Hal inilah yang membuat para penyuka makanan manis jauh lebih rentan mendapat serangan jerawat, terutama di daerah rahang dan dagu. Sebum yang lebih pekat memiliki potensi lebih menutup pori-pori kulit, sehingga pori-pori yang tersumbat akan lebih mudah ditumbuhi komedo dan jerawat.

8. Rutin melakukan olahraga

Kegiatan olahraga sangat baik untuk tubuh, karena terbukti membuat kinerja organ menjadi lebih produktif sehingga tubuh menjadi lebih aktif. Selain itu, rutin melakukan olahraga juga membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat serta meningkatkan asupan oksigen ke dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Dan hal ini juga turut mempengaruhi kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Kulit wajah yang mendapat cukup asupan oksigen akan menjadi lebih kenyal dan sehat berseri alami.

Post a Comment for "8 Cara Paling Efektif Untuk Mendapatkan Kulit Mulus Bebas Jerawat."