Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Merawat Kulit Tubuh Dengan Mudah di Rumah

cara merawat kulit tubuh dengan mudah di rumah
cara merawat kulit tubuh dengan mudah di rumah

9 Cara Merawat Kulit Tubuh Dengan Mudah di Rumah

Pasti banyak diantara kalian yang masih suka bingung bagaimana cara merawat kulit tubuh agar senantiasa sehat, segar, bersih dan mulus. Merawat kulit tubuh dengan benar dan tepat sangat penting agar kelembaban dan kesehatan kulit tetap terjaga. Disini akan dibagikan sedikit info bagaimana cara merawat kulit tubuh dengan mudah yang mungkin dapat membantu kalian untuk mendapatkan kulit yang diinginkan.

1. Agar kulit menjadi lembut dan sehalus sutra

Eksfoliasi merupakan langkah yang baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi gelap, kasar dan kusam. Eksfolias juga sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan lapisan kulit yang lebih sehat dan halus. Jika kalian ingin mencoba membuat ramuan eksfoliasi sendiri caranya sangat mudah. Hanya cukup mencampurkan garam dan minyak zaitun dalam ukuran yang sama, dan gosokkan ramuan itu pada seluruh tubuh. Kalian juga dapat lebih fokus menggosok pada bagian tumit, siku ataupun daerah tubuh lainnya yang menurut kalian lebih gelap dan kasar. Melakukan eksfoliasi dengan memanfaatkan bubuk kopi juga bisa membantu menghaluskan kulit, sehingga kulit menjadi lembut dan sehalus sutra.

2. Menggunakan sabun yang bebas SLS dan PH yang rendah

Apabila kalian merasa kulit terasa kering dan ada sensasi tertarik terutama setelah selesai mandi, maka kalian perlu memperhatikan dan mengetahuikandungan sabun yang sedang kalian gunakan. Sabun dengan kandungan SLS akan membuat kulit menjadi lebih kering karena SLS bekerja dengan membersihkan minyak tubuh secara menyeluruh. Demikian juga dengan sabun dengan PH yang tinggi, maka akan membuat kulit menjadi semakin kering. Setidaknya pilihlah sabun yang tidak menggunakan SLS dan ber PH rendah agar kulit tidak menjadi semakin kering. Sabun dengan kandungan minyak zaitun ataupun minyak kelapa akan membantu memberikan kelembaban extra sehingga kesehatan kulit tetap terjaga. 

3. Memperbanyak minum air putih

Untuk mendapat kulit yang indah, tubuh juga membutuhkan cairan yang cukup. Cairan yang cukup akan membuat kulit terjaga kelembabannya dan kesehatan sel kulit akan menjadi lebih baik. Kulit akan menjadi lebih cerah dan bebas dari kering dan kusam. Pastikan bahwa kalian selalu meminum air secara cukup, setidaknya 8 gelas perharinya, namun kebutuhan ini tentunya disesuaikan dengan tingkat aktivitas kalian. Memperbanyak minum air putih merupakan salah satu cara merawat kulit tubuh dengan mudah dirumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

4. Melindungi kulit dari sinar matahari

Salah satu cara merawat kulit adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung. Paparan sinar matahari secara langsung tidak hanya membuat kulit menjadi kering dan kasar, tetapi juga akan menyebabkan penuaan dini. Hal ini karena paparan sinar matahari yang mengandung sinar UVA dan UVB akan merusak sel kulit yang memicu terjadinya masalah kulit seperti kulit kusam, kasar, dan tidak bercahaya. Selalu gunakan krim penangkal sinar matahari atau biasa disebut dengan tabir surya atau sunblock atau sunscreen dengan SPF yang disesuaikan dengan jenis kulit yang kalian miliki. Pastikan kalian menggunakan tabir surya ini secara teratur setiap harinya.

5. Selalu menggunakan pelembab kulit setiap hari

Pelembab kulit merupakan salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan agar kulit senantiasa lembut dan halus. Pelembab berfungsi menjaga kulit agar tidak mengalami dehidrasi. Selalu gunakan pelembab kulit setiap kali kalian selesai mandi, agar pelembab dapat meresap sempurna kedalam sel kulit. Pilihlah pelembab kulit yang aman serta tidak menimbulkan iritasi pada kulit kalian.

6. Mandi menggunakan air pancuran atau shower

Shower atau air pancuran sangat baik untuk menjaga kulit tubuh anda dibandingkan mandi dengan berendam. Gunakan air yang suam-suam kuku untuk mandi di pancuran bukan air yang panas. Kebiasaan mandi dengan air terlalu panas selain akan melukai kulit, juga akan membuat kulit menjadi jauh lebih lebih kering.

7. Memakan makanan dengan gizi yang seimbang

Makan makanan yang sehat dengan gizi seimbang tidak hanya baik bagi tubuh kalian, tetapi juga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit kalian. Selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioxidant merupakan kunci untuk mendapatkan kulit sehat dan indah secara alami. Makanan yang kaya akan antioxidant biasanya bisa didapatkan dari sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian.

8. Dengan cukup tidur atau istirahat

Kalau kalian mendapat tidur yang cukup tidur maka kulit akan terlihat segar berseri-seri dan sehat alami. Tubuh membutuhkan kurang lebih 7 hingga 9 jam untuk beristirahat agar kulit tetap sehat. Hindari kebiasaan begadang yang sangat merugikan kesehatan tubuh. Usahakan untuk selalu tidur sebelum pukul 11 malam agar tubub dapat beristirahat dengan sempurna.

9. Saat udara dingin menggunakan pakaian hangat

Cuaca yang dingin juga sangat mempegaruhi kesehatan kulit. Tidak hanya matahari saja yang dapat merusak kulit tetapi juga cuaca yang dingin dapat mengakibatkan kulit menjadi kering. Maka dari itu ketika tubuh anda merasa suhu tubuh telah menurun segeralah menggunakan pakaian yang hangat agar suhu tubuh tetap stabil dan kulitpun tetap terjaga.

Inilah beberapa info yang mungkin dapat membantu merawat kulit kalian menjadi lebih sehat dengan mudah. Semoga info cara merawat kulit ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Post a Comment for "9 Cara Merawat Kulit Tubuh Dengan Mudah di Rumah"