Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

manfaat kunyit untuk kesehatan
manfaat kunyit dan efek sampingnya

18 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Kunyit atau yang sering disebut juga dengan kunir, merupakan tanaman rimpang yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Menurut penelitian, kunyit yang kaya akan antioksidan membuatnya menjadi salah satu bahan paling efektif di dalam dunia pengobatan. Kunyit yang masih satu keluarga dengan jahe, sering dimanfaatkan sebagai rempah-rempah bumbu dapur terutama di India, timur tengah dan wilayah asia tenggara. Kunyit memiliki warna kuning ke oranye'an yang begitu pekat, sehingga apabila kita menggunakannya tanpa menggunakan sarung tangan, maka tangan pun akan ikut menjadi kuning.

Di India, kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda, yaitu pengobatan herbal kuno yang sudah lama dipraktekkan oleh masyarakat India. Dengan semakin majunya tekhnologi di dunia, penelitian terhadap manfaat kunyit bagi kesehatan juga semakin meningkat. Bahkan, beberapa tahun belakangan ini disebutkan kunyit dapat melawan kanker, anti depresi, menurunkan berat badan dan yang terakhir, dapat melawan virus corona karena kemampuan kunyit dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Kenapa Kunyit Bagus untuk Kesehatan

Kunyit yang memiliki warna cerah kuning ke oranye'an ini, diketahui mendapatkan warna terangnya berkat kandungan senyawa bioktif yang ada didalamnya, yaitu kurkuminoid. Pada kunyit terdapat kurang lebih 2 - 9%, dan berdasarkan penelitian, 75% dari kurkuminoid aktif adalah kurkumin.

15 Manfaat kunyit untuk kesehatan

1. Kunyit untuk asam lambung

Kunyit yang biasa digunakan sebagai salah satu bumbu masakan ini, diketahui mengandung polisakarida yang dapat membantu meringankan gejala tukak lambung. Polisakarida ini bekerja dengan menjadi pelindung pada lapisan lendir yang ada di lambung dan menghambat adanya pertumbuhan bakteri yang dapat memicu terjadinya penyakit maag. Oleh karena itu, keberadaan polisakarida ini sangat berpotensi untuk digunakan sebagai agen teraupetik yang ditujukan untuk mengobati penyakit tukak lambung. Selain itu, antioksidan berupa kurkumin dan polifenol yang banyak ditemukan didalam kunyit dapat membantu mengatasi inflamasi atau radang yang dapat memicu terjadinya acid reflux atau asam lambung.

2. Kunyit bagus untuk mata minus

Berdasarkan penelitian, kunyit yang sangat kaya akan antioksidan dapat membantu memelihara kesehatan mata, terutama untuk masalah katarak, glaukoma dan mata minus. Hal ini karena antioksidan pada kunyit dapat memerangi radikal bebas, yang mana radikal bebas yang terlalu banyak didalam tubuh dapat menimbulkan stres oksidatif yang bisa merusak kesehatan mata. Konsumsi kunyit secara rutin setiap hari dapat mencegah berbagai resiko penyakit mata, termasuk mata minus. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan.

3. Kunyit membantu meringankan nyeri

Rasa nyeri biasanya timbul akibat adanya radang atau inflamasi pada jaringan tubuh. Radang atau inflamasi di dalam tubuh menandakan adanya penyakit yang dapat mengganggu kinerja organ tubuh sehingga tubuh akan menjadi sakit dengan menimbulkan rasa nyeri. Kunyit dapat membantu meringankan rasa nyeri ini karena kandungan antioksidan pada kunyit bersifat sebagai anti-inflamasi atau antiradang alami. Oleh karena itu, konsumsi rutin tanaman herbal satu ini dapat meredakan dan meringankan rasa nyeri secara alami.

4. Kunyit membantu meningkatkan fungsi hati

Hal ini karena senyawa aktif yang ada pada kunyit, kurkumin, bekerja dengan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh, sehingga fungsi hati dapat menjadi lebih maksimal. Antioksidan pada kunyit juga bekerja dengan melindungi sel pada hati dari terjadinya resiko kerusakan akibat adanya paparan senyawa kimia yang berkaitan dengan empedu.

5. Mencegah diabetes

Karena tingginya kandungan antioksidan yang ada kunyit, kunyit juga bermanfaat dalam membantu mencegah penyakit diabetes, terutama diabetes tipe 2. Kunyit secara alami dapat membantu menurunkan kadar gula darah, dan menjaganya tetap stabil. Selain itu, antioksidan pada kunyit yang bekerja sebagai antiinflamasi, membantu mencegah radikal bebas untuk menimbulkan kerusakan lebih lanjut, terutama terkait dengan masalah diabetes.

6. Mencegah kanker

Tidak bisa dipungkiri bahwa kunyit merupakan tanaman rimpang yang sangat berkhasiat karena kandungannya akan antioksidan yang sangat tinggi. Menurut cancerresearchuk, kandungan antioksidan pada kunyit memiliki sifat asli sebagai antiinflamasi, yang mana inflamasi merupakan cikal banyak dari munculnya berbagai penyakit kronis, termasuk kanker. Dalam beberapa penelitian, senyawa pada kunyit efektif membunuh sel kanker tertentu dan mencegah sel kanker tersebut untuk tumbuh kembali. Meskipun bagitu, penelitian lanjutan masih sangat diperlukan.

7. kunyit untuk memperbaiki mood

Minuman hangat dengan bahan utama kunyit sering digunakan untuk membantu merilekskan tubuh. Hal ini karena kunyit dapat menenangkan pikiran dan memperlancar peredaran pembuluh darah. Dilansir dari Healtline, kunyit dapat membantu memperbaiki mood dan mencegah depresi. Menurut penelitian, kandungan kunyit yang berupa kurkumin, merupakan antioksidan yang sangat efektif dalam memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah didalam tubuh, termasuk inflamasi. Inflamasi ini terkait erat dengan meningkatnya resiko depresi, namun hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

8. Kunyit bagus untuk jantung

Berkat kandungan antioksidan yang tinggi, kunyit menjadi salah satu tanaman herbal dalam membantu memelihara kesehatan, termasuk menjaga kesehatan jantung. Kurkumin merupakan antioksidan kuat yang sangat efektif dalam bekerja sebagai antiviral dan juga antiinflamasi. Karena itu, kurkumin dapat memperkuat kinerja jantung. Selain itu, kunyit juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dengan cara meningkatkan fungsi pembuluh darah, sehingga peredaran darah menuju jantung menjadi lebih maksimal.

9. Kunyit menurunkan kolesterol

Kunyit sudah lama menjadi salah satu alternatif dalam membantu menurunkan kolesterol. Hal ini tidak lepas dari kinerja kurkumin, yaitu senyawa aktif yang merupakan kandungan utama kunyit. Kurkumin bekerja dengan menurunkan kadar LDL- Low-density Lipoprotein atau kolesterol jahat dan trigliserida, serta mencegah LDL untuk teroksidasi. Disisi lain, kurkumin dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL-High Density Lipoprotein. Kurkumin dapat menstabilkan jumlah kolesterol baik dan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh

10. Kunyit untuk batuk

Kunyit yang memiliki sifat alami sebagai antiviral, antiinflamasi dan antibakteri, sangat sering digunakan sebagai salah satu obat tradisional dalam mengatasi masalah batuk, terutama untuk batuk kering yang sangat menyiksa. Atasi batuk tersebut dengan cara mengkonsumsi air kunyit yang didapatkan dari perasan kunyit sebanyak 2 ruas yang dicampur dengan 1 sendok makan madu. Selain itu, kunyit juga sangat bagus dalam membantu mengatasi bronkitis dan asma.

11. Kunyit menurunkan berat badan

Bagi yang ingin memerangi obesitas atau sekedar ingin mendapatkan berat badan ideal, maka rutin mengkonsumsi kunyit adalah salah satu usaha yang patut untuk dicoba. Kunyit yang kaya akan kurkumin, dapat mencegah terjadinya inflamasi dan membantu mengontrol kadar gula darah. Tidak hanya itu, kunyit juga dapat mengontrol kolesterol yang ada didalam tubuh, sehingga rutin mengkonsumsi tanaman herbal satu ini dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal.

12. Kunyit antibiotik alami

Kunyit yang telah lama digunakan dalam masyarakat India kuno sebagai salah satu bagian dari pengobatan Ayurveda, juga bekerja sebagai antibiotik alami. Hal ini karena sifat antiseptik dan antibakteri yang ada pada kunyit sangat tinggi, sehingga kunyit sering dimanfaatkan dalam mengobati kudis, kusta, bisul, dan kulit yang berjamur. Penggunaan kunyit secara topikal dapat mencegah terjadinya penyebaran infeksi dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

13. Kunyit bagus untuk mengobati radang

Kunyit yang kaya akan kandungan kurkumin dan zat aktive yang lain, sangat efektif dalam membantu mencegah dan mengobati radang yang timbul baik akibat virus atau serangan yang lain. Hal ini karena kurkumin yang bertindak sebagai antioksidan kuat, juga dapat bertindak sebagai antiviral yang mana dalam hal ini dapat melawan serangan virus sehingga radang lebih lanjut dapat dihindari.

14. Kunyit mempercepat penyembuhan luka

Kunyit mengandung banyak sekali bahan aktif yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka. Hal tersebut karena kunyit secara alami mengandung sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka terbuka. Selain itu, kunyit yang bersifat sebagai antioksidan, dapat merangsang produksi sel-sel kulit yang lebih sehat sehingga penyembuhan luka dapat menjadi lebih cepat.

15. Kunyit bagus untuk kulit

Kunyit mengandung antioksidan yang bekerja melawan terjadinya inflamasi dan radikal bebas yang dapat merusak kesehatan kulit. Oleh karena itu, rutin mengkonsumsi kunyit dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, termasuk mencegah terjadinya penuaan dini seperti garis halus pada wajah, keriput, dan flek atau noda akibat paparan sinar matahari. Selain itu, sifat anti-inflamasinya sangat membantu dalam mencegah peradangan akibat jerawat. Dalam jangka panjang, kunyit sangat bermanfaat dalam membantu mengembalikan cahaya alami kulit, sehingga kulit tampak cerah dan sehat.

16. Kunyit menurunkan tekanan darah tinggi

Selain dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesetrol, ternyata kunyit juga efektif membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena kunyit dapat membantu meningkatkan fungsi jaringan pembuluh darah atau endotel, sehingga aliran darah menjadi lancar. Selain itu, kurkumin juga bekerja dengan menghambat enzim yang dapat mempersempit pembuluh darah, sehingga resiko tekanan darah tinggi dapat dihindari.

17. Kunyit untuk PCOS - Polycystic Ovary Syndrome

PCOS merupakan salah satu masalah medis yang paling sering diderita oleh wanita. Hal ini terjadi akibat hormon yang tidak stabil, sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan baik dari masalah menstruasi hingga jerawat yang tidak kunjung sembuh. PCOS sering dipicu oleh kondisi inflamasi pada tubuh dan juga padanya potensi resistensi pada insulin. Untungnya, masalah PCOS ini ternyata dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi kunyit. Kunyit yang merupakan antiradang alami dan penstabil kadar gula darah, dapat membantu meringankan dan mencegah PCOS, serta membantu tubuh untuk menyeimbangkan hormon kembali.

18. Kunyit untuk mengatasi endometriosis

Tidak hanya mengatasi PCOS, kunyit ternyata juga dapat membantu mengatasi endometriosis. Endometriosis sendiri merupakan kondisi dimana jaringan pelindung dinding rahim tumbuh diluar rahim dan mengalami penebalan. Jaringan pelindung rahim biasanya tumbuh didalam rahim dan akan luruh pada saat masa mestruasi, namun karena tumbuh di luar, maka jaringan ini tidak dapat ikut luruh, sehingga mengakibatkan iritasi dan peradangan, yang mana menimbulkan rasa nyeri pada saat datang bulan. Konsumsi kunyit dapat menekan resiko terjadinya peradangan, dan rasa nyeri pada saat datang bulan dapat diatasi.

Efek Samping Kunyit

Meskipun kunyit sangat bagus untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, bukan berarti kunyit dapat dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi kunyit yang berlebihan justru dapat memberikan dampak sebaliknya. Maksimum dosis kunyit yang bagus untuk tubuh adalah 500mg setiap harinya. Dosis tinggi dapat dikonsumsi namun perlu pengawasan dokter. Berikut merupakan efek samping kunyit apabila dikonsumsi secara berlebihan,

1. Kepala pusing
2. Mual
3. Muntah
4. Alergi
5. Batu ginjal

Post a Comment for "18 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya"