Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Ramuan Herbal Untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit Secara Alami

cara merawat kulit dari dalam tubuh
cara merawat kulit dari dalam tubuh

7 Ramuan Herbal Untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit Secara Alami

Memiliki kulit mulus, cerah dan bercahaya merupakan impian bagi semua orang. Namun sayangnya, tidak semua orang dikaruniai kulit yang mulus akibat adanya faktor-faktor tertentu, sehingga kondisi kulit menjadi jauh dari harapan. Apabila kita melihat kembali ke masa lalu, dimana yang namanya produk kecantikan belum beredar luas seperti sekarang ini, maka kita akan melihat banyak sekali wanit yang memiliki kecantikan alami dengan aura alaminya. Usut punya usut, wanita jaman kuno sering sekali mengkonsumsi ramuan herbal sebagai bagian dari rutinitas kecantikan mereka.

Menurut penelitian, ramuan herbal diketahui memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, termasuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena ramuan herbal banyak mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-virus dan juga sebagai detox tubuh. Oleh karena itu, tidak heran apabila wanita jaman dulu memiliki wajah yang cantik alami, bersih mulus dan bebas jerawat..

Apabila kalian tertarik ingin menggunakan ramuan herbal sebagai salah satu rutinitas perawatan kecantikan, maka berikut adalah rangkuman mengenai herbal apa saja yang bisa kalian manfaatkan.

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang sering digunakan baik sebagai bumbu masakan maupun sebagai obat tradisional. Hal ini karena kunyit mengandung curcumin, yang merupakan senyawa antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Kunyit diketahui dapat membantu mengurangi alergi kulit karena memiliki sifat alami sebagai anti-inflamasi, anti-bakteri dan juga anti jamur. Sebagai anti-jamur, kunyit bekerja sangat efektif dalam membantu mengurangi pertumbuhan mikroba serta membantu menghambat adanya aktivitas jamur dalam tubuh.

Senyawa curcumin yang bertindak ssebagai anti-alergen secara alami efektif dalam mencegah terjadinya reaksi alergi. Sifat anti-inflamasi pada kunyit juga dapat menenangkan kulit, mengurangi resiko terbentuknya jaringan parut, mencegah jerawat, dan membantu memudarkan serta menghilangkan bekas luka.

Rutin mengkonsumsi air kunyit terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja organ pencernaan, sehingga dapat secara efektif meningkatkan metabolisme tubuh dan menyingkirkan racun yang bisa membuat kulit menjadi rentan mengalami jerawat.

Berikut adalah panduan bagaimana menggunakan kunyit sebagai salah satu ramuan perawatan kecantikan.

1. Teh Kunyit

Cara paling mudah untuk mengkonsumsi air kunyit yaitu parut 2 ruas kunyit, kemudian peras untuk diambil airnya. Begitu airnya sudah didapatkan, campurkan dengan 150cc air hangat, tambahkan sedikit madu dan beberapa tetes air jeruk nipis. Minumlah ramuan ini setidaknya sehari 2x. Khasiat yang akan didapatkan adalah kulit menjadi semakin kencang, bersih dan bercahaya. Selain itu, tubuh yang langsing ideal juga akan didapatkan seiring dengan konsumsi rutin setiap hari.

2. Rutin menggunakan masker kunyit

Kunyit yang dikenal ampuh dalam melawan bakteri penyebab jerawat, juga dapat membantu memudarkan flek hitam secara alami serta mampu meratakan warna kulit wajah yang tidak rata akibat paparan sinar matahari. Cara membuat masker kunyit sangatlah mudah. Parut 1 ruas kunyit segara (bisa diganti dengan 1/2 sendok teh kunyit bubuk dan campurkan dengan 1 sendok makan madu asli). Aduk kedua bahan hingga tercampur merata. Bersihkan wajah, lalu oleskan masker kunyit yang sudah diaduk rata tadi. Diamkan pada kulit wajah setidaknya 15-20 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat. Lakukan perawatan dengan masker kunyit ini setidaknya seminggu sekali.

2. Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang yang paling sering digunakan sebagai penghangat tubuh tatkala rasa dingin menyerang,, Tidak jarang orang juga memanfaatkan jahe sebagai salah satu bahan untuk membantu melawan penyakit flu. Kenyataan bahwa jahe sangat bagus untuk membantu memelihara kesehatan tubuh ini ternyata sudah lama diketahui. Bahkan, kemampuan jahe dalam dunia medis juga tertera dalam pengobatan Ayurveda dari India, yang mana Jahe banyak sekali digunakan sebagai salah satu bagian dalam melakukan pengobatan alami.

Hal ini ternyata tidak lepas dari kandungan jahe yang sangat kaya akan vitamin, mineral dan juga antioksidan. Selain itu, jahe juga mengandung minyak alami yang disebut dengan gingerol. Menurut penelitian, senyawa dalam jahe ini diketahui juga memiliki khasiat sebagai anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan juga dapat membantu mencegah terbentuknya jerawat. Karena kemampuannya inilah, maka jahe juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki penampilan dan tekstur kulit.

Untuk memperbaiki penampilan dan tekstur kulit tersebut, maka jahe bisa dimanfaatkan dengan cara mengkonsumsinya secara langsung. Banyak orang yang mengkonsumsi jahe dengan cara menjadikannya sebagai teh, karena efek hangat dan menenangkan yang bisa didaptkan setelah mengkonsumsinya. Kalian bisa membuat minuman teh jahe dengan cara mengiris beberapa ruas jahe, sereh dan jeruk nipis, kemudian rebus dengan 300ml air. Begitu air telah mendidih dan sedikit menyusut, segera matikan api dan biarkan air menjadi hangat. Tambahkan madu asli agar manfaatnya bisa semakin maksimal.

3. Kencur

Kencur merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki aroma sangat khas dan segar. Kencur biasa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan bumbu dapur ataupun sebagai obat tradisional. Kencur yang juga dapat memberikan rasa hangat namun segar ini, hampir sedikit mirip dengan jahe dan kunyit. Kencur diketahui sangat kaya akan flavonoid dan polifenol, yang merupakan antioksidan kuat yang sangat penting bagi tubuh. Kencur sangat efektif dalam mengatasi inflamasi atau pembengkakan, karena memiliki anti-inflamasi alami.

Berkat hal tersebut, kencur menjadi salah satu rempah yang sangat bagus dalam membantu meningkatkan kecantikan kulit tubuh. Rutin mengkonsumsi kencur dapat mencerahkan kulit secara alami, dan dapat mengatasi masalah kulit berjerawat. Kalian bisa ambil beberapa ruas kunyit dan parut untuk diambil airnya. Campurkan air dari hasil perasan kencur dengan segelas air hangat. Bisa ditambahkan madu untuk meningkatkan rasa minuman kencur ini. Konsumsi setiap hari agar hasil maksimal bisa dimanfaatkan.

4. Rosemary

Rosemary merupakan salah satu herbal yang sangat terkenal akan kemampuannya dalam membantu meningkatkan kesuburan rambut. Namun siapa sangka, ternyata rosemary juga sangat bagus dalam membantu merawat kulit berjerawat. Hal ini karena rosemary memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit sehingga resiko terjadinya inflamasi atau pembengkakan dapat dihindari. Selain itu, rosemary juga bekerja sebagai antiseptic sehingga sangat efektif dalam membantu mengobati berbagai masalah kulit, termasuk psoriasis dan eksim.

Cara memanfaatkan rosemary bagi kesehatan kulit cukuplah mudah. Rosemary bisa digunakan sebagai toner wajah, caranya yaitu ambil beberapa genggam rosemary, dan rebus dengan 1 liter air. Sebelum merebus, siapkan es batu, panci yang memiliki tutup dan juga mangkuk tahan panas yang kecil 2 buah. Langkah pertama, masukkan mangkuk pertama kedalam panci dengan posisi telungkup / terbalik dengan posisi ditengah. Setelah itu, tumpuk mangkuk satunya lagi dengan menghadap keatas. Masukkan air ke sekeliling mangkuk, jangan sampai ada air yang masuk kedalam mangkuk. Masukkan rosemary dan tutup panci dengan posisi tutup yang terbalik. Lalu letakkan es batu diatas tutup panci. Masak dengan api kecil dan biarkan uap air jatuh kedalam mangkuk yang ada didalam panci. Setelah semua air terkumpul, air tersebut siap digunakan sebagai toner alami. Selamat mencoba.

5. Kembang sepatu

Kembang sepatu atau yang biasa disebut dengan bunga sepatu banyak sekali tumbuh di wilayah kita, Indonesia. Kembang sepatu atau bunga sepatu biasa digunakan sebagai hiasan bunga taman karena warnanya yang cantik merah merona. Namun dibalik kecantikan bunga tersebut, bunga sepatu ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Bunga sepatu atau kembang sepatu memiliki nama latin hibiscus rosa sinensis, sangat sering digunakan sebagai salah satu teh yang berkhasiat bagi kesehatan. Teh kembang sepatu atau bunga sepatu diketahui dapat meningkatkan kesehatan kulit karena memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat sehingga sangat berguna dalam mengatasi masalah yang berhubungan dengan kulit seperti iritasi, ruam, gatal atau peradangan kulit. Kembang sepatu atau bunga sepatu juga dapat membantu mengurangi terjadinya kerusakan kulit akibat serangan radikal bebas, sehingga memicu terbentuknya stress oksidatif yang dapat menyebabkan tanda-tanda awal penuaan dini seperti keriput, bintik hitam, garis-garis halus, kulit kendor, dll.

Teh kembang sepatu banyak dijual dipasaran dengan nama teh Hibiscus. Untuk membuat minuman dari bunga ini cukuplah mudah. Ambil setengah sendok makan teh hibiscus kemudian campurkan dengan air panas. Cara membuat teh dari bunga ini sama persis seperti cara membuat teh pada umumnya. Rutin konsumsi minuman ini agar kulit senantiasa awet muda dan bersih bercahaya.

6. Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan baik dalam masakan maupun kue. Selain itu, kayu manis juga seringkali digunakan sebagai penambah aroma dalam minumam. Kayu manis yang berasal dari daerah Birma ini, banyak tumbuh hampir di seluruh belahan wilayah dunia. Khasiat kayu manis bagi kesehatan juga tidak main-main. Mulai dari keampuhannya membantu mengontrol kadar gula darah, hingga membantu menurunkan berat badan.

Kayu manis diketahui memiliki sifat antibacterial, antiinflamasi dan juga antiviral. Hal ini karena kayu manis banyak mengandung antioksidan fenolik dan flavonoid, yang mana antioksidan tersebut dapat melawan serangan radikal bebas yang dapat merusak kesehatan. Kayu manisdiketahui juga dapat membantu merangsang terjadinya pembentukan kolagen (protein) serta membantu meningkatkan hidrasi kulit dan juga tingkat elastisitas kulit. Oleh karena itu, kayu manis sangat efektif dalam membantu mengurangi dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Berkat sifat alaminya sebagai antibacterial, kayu manis juga sering dimanfaatkan untuk membantu melawan infeksi bakteri penyebab jerawat.

Kayu manis akan dapat dirasakan manfaatnya apabila dikonsumsi secara langsung. Dan salah satu cara mengkonsumsi kayu manis secara langsung yaitu dengan diolah menjadi minuman kesehatan. Cara membuat minuman kesehatan dengan kandungan kayu manis sangatlah mudah. Kalian cukup menyediakan 1 buah jeruk nipis atau 2 sendok makan air lemon, 1 sendok makan madu, 2 sereh geprek, 350ml air dan 1 cm kayu manis. Langkah pertama yaitu panaskan air dan masukkan sereh geprek hingga air mendidih. Biarkan air mendidih hingga aroma sereh keluar. Begitu air sudah mendidih, matikan api dan saring airnya. Setelah air disaring, segera tambahkan kayu manis, madu dan air jeruk nipis ataupun lemon. Tunggu hingga air menjadi hangat dan segera minum.

7. Teh chamomile

Teh chamomile merupakan teh yang banyak digunakan di Mesir, Amerika Selatan, Australia, India dan Afrika Selatan. Teh chamomile banyak digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur karena teh ini bersifat menenangkan. Hal ini karena kandungan antioksidan berupa apigenin yang bekerja dengan cara memberikan rasa relax ke tubuh sehingga dapat membuat tidur menjadi lebih lelap.

Namun selain itu, teh chamomile juga banyak digunakan sebagai obat demam. Hal ini karena teh chamomile memiliki sifat alami sebagai anti-inflamasi dan kandungan antioksidan yang ada pada teh ini dapat menenangkan iritasi kulit serta mempercepat proses penyembuhan bekas luk. Sebagai tambahan, teh satu ini juga efektif membantu mengurangi jerawat dan bekasnya karena kandungan antioksidan polifenol dan fitokimia yang sangat tinggi. Hal ini juga yang membuat teh chamomile dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus pada wajah.

Kalian bisa menyeduh teh chamomile seperti teh pada umumnya. Konsumsi teh chamomile ini setidaknya 1-2 cangkir setiap hari agar dampak positifnya bisa dirasakan. Jangan pernah mengkonsumsi teh chamomile secara berlebihan, karena apapun yang berlebihan dapat memberikan dampak negative yang tentu saja dapat merugikan kondisi kesehatan tubuh.

Post a Comment for "7 Ramuan Herbal Untuk Meningkatkan Kesehatan Kulit Secara Alami"