Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skincare Remaja Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

kulit berminyak dan berjerawat pada remaja
kulit berminyak dan berjerawat pada remaja

Skincare Remaja untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Usia remaja merupakan usia dimana seorang anak mulai mengalami banyak perubahan dan penyesuaian untuk menjadi dewasa. Pada saat seorang anak mulai memasuki usia remaja, biasanya akan mulai mengalami banyak perubahan ditubuhnya, diantaranya seperti mulai mengalami menstruasi (untuk anak perempuan), untuk anak laki-laki mulai mengalami perubahan suara, tingkat keasaman bau badan juga menjadi lebih kuat, mulai tumbuh rambut di area-area organ intim dan juga mulai mengalami masalah pada kulit wajah yang pada umumnya menjadi lebih berminyak.

Perubahan - perubahan yang terjadi tersebut tentu tidak lepas dari adanya perubahan hormon didalam tubuh. Hal ini tentu juga turut mempengaruhi kondisi kulit wajah. Kulit wajah yang semula tidak bermasalah mulai mengalami masalah kulit berminyak dan berjerawat. Hal ini merupakan hal umum yang dialami oleh para remaja. Kulit yang berubah menjadi berminyak dan berjerawat terjadi akibat hormon didalam tubuh yang menjadi tidak stabil, sehingga turut mempengaruhi kinerja kelenjar minyak. Kelenjar minyak atau yang dikenal dengan sebaceous glands merupakan kelenjar yang memproduksi minyak pada jaringan kulit tubuh manusia.

Tahapan Penggunaan Skincare Pada Remaja

Penggunaan skincare yang tepat untuk kulit berminyak dan berjerawat pada remaja sangatlah penting. Lalu jenis skincare apa saja yang diperlukan oleh remaja? yuk baca tips berikut ini!

1. Micellar water

Kulit wajah pada remaja merupakan kondisi kulit pada masa keemasan, dimana produksi kolagen kulit masih melimpah dan regenerasi sel kulit relatif terjadi lebih cepat dibanding kulit pada orang dewasa. Untuk itu, penggunaan skincare dasar yang tepat sangat penting agar kulit senantiasa terjaga kesehatannya. Hal yang bisa dilakukan apabila kulit mejadi berminyak dan berjerawat yaitu rutin membersihkan kulit wajah setiap pagi sebelum cuci mukan dan malam hari menjelang tidur malam dengan micellar water. Micellar water berfungsi untuk mengangkat kotoran atau debu pada wajah. Kalian bisa menggunakan Garnier Micellar Cleansing Water berwarna pink yang aman untuk kulit sensitif sekalipun. Jangan lupa setelah membersihkan kulit wajah dengan miscellar water, lanjutkan dengan mencuci muka dengan sabun wajah.

2. Sabun wajah atau facial wash

Penggunaan sabun wajah sangat penting karena sabun wajah berfungsi membersihkan sel-sel kulit mati dan kotoran atau debu yang tidak terangkat pada saat membersihkan kulit wajah dengan miscellar water. Pilihlah sabun wajah dengan pH rendah agar skin barrier kulit tetap terlindungi. Beberapa sabun wajah pH rendah yang bisa digunakan yaitu COSRX Morning Gel Cleanser, Somethinc Low pH Gentle Jelly Face Cleanser dan Skintific 5X Ceramides Low pH Cleanser.

3. Pelembab atau moisturizer

Setelah membersihkan muka dengan sabun wajah, maka tindakan berikutnya adalah memberikan pelembab. Pelembab sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Perlu kalian ketahui, kulit yang berminyak bukan berarti kulit memiliki kelembaban berlebih, namun kulit yang berminyak justru kulit tidak terhidrasi dengan baik. Kulit yang tidak memiliki kelembaban yang cukup akan membuat kelenjar minyak berpikir bahwa kulit membutuhkan produksi minyak tambahan. Hal inilah yang membuat kulit menjadi semakin berminyak. Jadi, untuk mengurangi produksi minyak berlebih tersebut, perlu menggunakan pelembab yang cukup. Gunakan pelembab yang hypoallergenic atau tidak menyebabkan komedo. Pilih pelembab yang ringan dan bebas dari kandungan parfum. Kandungan parfum atau pewangi pada pelembab dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Beberapa pelembab yang bagus untuk kulit remaja dan aman dikantong adalah Madame Gie Skin Barrier Moisturizer dan Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisturizer Gel.

4. Sunscreen

Setelah menggunakan pelembab, maka langkah yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan sunscreen. Suncreen berfungsi menjaga kulit dari serangan sinar matahari yang dapat menyebabkan berbagai masalah seperti penuaan dini, kulit kusam, berminyak dan berjerawat. Penggunaan dan pemilihan sunscreen yang tepat sangat dibutuhkan agar kulit tidak mengalami iritasi ataupun reaksi alergi. Beberapa sunscreen yang direkomendasikan untuk remaja adalah sunscreen dari Skin Aqua Moisture Milk,. Apabila kalian memiliki masalah kulit berminyak yang parah, maka bisa menggunakan sunscreen dari Innisfree Tone Up No Sebum Sunscreen.

Apakah remaja perlu menggunakan Serum dan Essence?

Mungkin pertanyaan diatas sering muncul dalam benak kalian. Perlu diketahui, pada saat menginjak usia remaja, penggunaan serum dan essence belum begitu diperlukan, kecuali kalian memiliki kondisi kulit wajah tertentu. Hal ini karena kondisi kulit remaja masih dalam masa perkembangan dan dalam kondisi prima. Penggunaan serum bisa kalian gunakan begitu kalian menginjak usia 18 tahun keatas.

Sebagai catatan tambahan, pada saat menggunakan produk kecantikan baik itu pelembab maupun sunscreen, selalu gunakan secukupnya, jangan berlebihan ataupun kekurangan. Pemberian produk yang berlebihan pada kulit wajah akan membuatnya terbuang sia-sia. Dan lebih parahnya, justru dapat menyumbat pori-pori kulit dan menjadikannya sebagai sarang berkembangnya bakteri. Oleh karena itu, ketahui seberapa banyak kalian kulit kalian membutuhkan produk kecantikan tersebut. Ingin bertanya lebih lanjut? Silahkan komen dibawah ya...

Post a Comment for "Skincare Remaja Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat"