Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Depresi Menurut Psikolog

gambar cara mengatasi depresi menurut psikolog
cara mengatasi depresi menurut psikolog

Apa Itu Depresi

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang membuat seseorang larut dalam kesedihan, kekecewaan dan keputus-asaan yang berlarut-larut dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Depresi bisa berujung bunuh diri, pernyataan tersebut tentu sangat menakutkan, dan tentu saja ini juga menunjukkan pada kita bahwa depresi bukanlah kondisi yang bisa diabaikan atau diremehkan.

Cara Mengatasi Depresi Menurut Psikolog

Lalu bagaimana cara mengatasi depresi agar terhindar dari tindakan yang membahayakan seperti menyakiti diri sendiri atau bahkan bunuh diri? Berikut penjelasan dari psikolog Dian Ibung.

Dalam chanel YouTube Gue Sehat, psikolog Dian Ibung menjelaskan bahwa depresi berbeda dengan stres. 

Depresi sendiri merupakan suatu kondisi yang membuat seseorang merasa putus asa, tidak berguna, rendah diri, sedih dan tidak diharapkan. Kondisi ini umumnya berlangsung dalam waktu yang lama dan biasanya lebih dari 6 bulan. 

Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus tanpa bantuan dan tanpa perbaikan, maka lambat laun akan mengganggu fungsi emosional, fungsi psikologi, serta gangguan secara fisik, bahkan bisa menyebabkan gangguan jiwa. 

Hal ini karena seseorang yang mengalami depresi cenderung kehilangan mood, minat dan motivasi hidup. Mereka akan tetap pada situasi mood yang buruk tanpa alasan atau meskipun masalah yang dihadapi sudah terlewati.

Lain halnya dengan stres, yang mana kondisi ini biasa dialami karena menghadapi situasi atau masalah tertentu dan jika masalahnya sudah selesai atau terlewati maka stres pun akan mereda. Dalam kondisi stres, seseorang juga masih bisa merasa senang dan terhibur saat berada pada situasi yang menyenangkan.

Penyebab Depresi

Jika tanpa sebab atau alasan seseorang bisa terkena depresi, lalu apakah yang menyebabkan seseorang terkena depresi?

Depresi bisa disebabkan karena banyak faktor, atau bukan karena faktor tunggal. Diantaranya adalah karena kerentanan genetik atau keturunan, stres yang berkepanjangan, penyalahgunaan obat-obatan, kecanduan alkohol serta faktor penyakit (kondisi sakit yang menyebabkan depresi) misalnya kanker, parkinson, dan diabetes.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terkena depresi?

Depresi tidak hanya disebabkan oleh 1 faktor saja, maka tidak ada hal signifikan yang bisa dilakukan atau menjamin seseorang bisa terhindar dari depresi.

Salah satu cara mengatasi depresi menurut psikolog agar depresi tidak mudah menyerang yaitu dengan  meningkatkan kemampuan mengelola stres yang baik, sehingga suasana hati tidak mudah menjadi goyah. 

Selain itu, mencari solusi penyebab depresi yang tepat agar stres tidak berkelanjutan sehingga membuat tubuh mengalami depresi merupakan langkah yang sangat diperlukan.

Cara Mengatasi Depresi

Untuk mengurangi resiko terkena depresi, cara mengatasi depresi menurut psikolog adalah dengan menghindari faktor-faktor yang dapat memicu depresi, diantaranya adalah pola pikir dan pola hidup yang sehat, seperti:
  • Tidak menggunakan obat-obatan terlarang
  • Tidak mengkonsumsi alkohol berlebihan
  • Rutin melakukan olahraga, meditasi dan mengerjakan hobi yang disukai
  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi
  • Tidak begadang
  • Menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula
Demikian merupakan artikel mengenai cara mengatasi depresi menurut psikolog, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Depresi Menurut Psikolog"