Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami Tanpa Obat

Bukan Dengan Makanan, Kolesterol Tinggi Dapat Diatasi Dengan Cara Berikut!
gambar cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami tanpa obat
cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami tanpa obat


Untuk mengatasi suatu penyakit dalam hal ini adalah kolesterol tinggi, alangkah baiknya jika kita terlebih dulu paham apa itu kolesterol tinggi, bahayanya serta gejalanya sehingga kita bisa mendeteksi lebih dini penyakit ini serta dapat mengatasinya dengan cara yang tepat.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami Tanpa Obat

Pengertian Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi secara alami oleh organ hati yang terdapat pada sel tubuh atau di dalam aliran darah. Lemak ini juga bisa ditemukan dalam makanan hewani, seperti daging dan susu.

Kolesterol diperlukan untuk memproduksi sejumlah hormon, pembentukan sel, serta menghasilkan vitamin D. Sedangkan kolesterol tinggi merupakan kondisi saat seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darah.

Apakah bahaya kolesterol tinggi bagi tubuh?

Kolesterol berperan penting bagi tubuh. Akan tetapi, jika kadarnya terlalu tinggi atau melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk pada pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Plak akan mempersempit arteri, sehingga hanya sedikit darah yang bisa melewatinya. Akibatnya, akan terjadi hambatan aliran darah pada jantung, otak serta bagian tubuh lainnya. 

Jika tidak ditangani dengan tepat, penumpukan lemak dapat pecah dan menyebabkan kondisi yang lebih serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Apa yang menyebabkan kolesterol seseorang menjadi tinggi?

Pada umumnya ada 3 faktor yang menyebabkan seseorang memiliki potensi kolesterol tinggi, diantaranya adalah:
  1. Faktor genetik atau keturunan,
  2. Faktor penyakit seperti obesitas, diabetes, hipotiroidisme, gagal ginjal kronis dan HIV, serta
  3. Faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh (gorengan, jeroan, kulit ayam, susu full cream), jarang berolah-raga, merokok, dan stres.

Apa gejala kolesterol tinggi?

Kolesterol tinggi biasanya tidak memiliki gejala apapun. Pada beberapa kasus, gejala baru terasa saat kolesterol tinggi mengarah pada penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan resiko serangan stroke dan jantung. Pemeriksaan darah adalah satu-satunya cara untuk mendeteksi kolesterol tinggi.

Berapa kadar kolesterol yang normal pada seseorang?

Untuk ukuran normal kadar kolesterol berbeda antara pria dan wanita. Dalam hal ini kadar kolesterol untuk pria dewasa adalah 125-200 mg/dl, LDL: kurang dari 100 mg/dl dan HDL: lebih dari 40 mg/dl. Sedangkan kadar kolesterol dinyatakan tinggi jika total kolesterol: lebih besar dari atau sama dengan 239 mg/dl. LDL: 160–189 mg/dl.

Kadar kolesterol normal pada wanita dewasa yakni 125-200 mg/dl, LDL: kurang dari 100 mg/dl dan HDL: 50 mg/dl atau lebih. Sedangkan Kadar kolesterol dinyanyikan tinggi jika total kolesterol: lebih besar dari atau sama dengan 239 mg/dl. LDL: 160–189 mg/dl.

Apa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi?

Menurut dr. L. Aswin, Sp.PD pada Chanel YouTube Gue Sehat dalam tema tips menurunkan kolesterol. Tidak ada makanan tertentu yang secara signifikan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, selain hanya berfungsi untuk membantu mengurangi penyerapan lemak saja.

Satu satunya cara menurunkan kolesterol adalah pola hidup yang sehat, yaitu dengan diet seimbang, dan rutin berolah-raga. Menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi lemak, terutama lemak jenuh dan lemak trans seperti gorengan, jeroan, kulit ayam serta susu full cream.

Konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung lemak baik seperti yang terkandung dalam salmon, mackerel, herring dan lain-lain.

Mengutip informasi yang dibagikan oleh hellosehat, dijelaskan bahwa dengan olahraga dapat merangsang enzim yang bisa membantu mengeluarkan kolesterol jahat atau LDL dari darah ke hati. Setelah itu, kolesterol akan diubah menjadi empedu untuk proses pencernaan dan dikeluarkan dari tubuh.

Demikian merupakan informasi cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami tanpa obat, semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami Tanpa Obat"