Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester 1

gambar makanan untuk ibu hamil trimester 1
makanan untuk ibu hamil trimester 1

Makanan sangat penting bagi tubuh manusia, terutama makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik karena sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh.
Apa lagi untuk ibu hamil, asupan makanan tidak hanya dimanfaatkan untuk tubuh sang ibu, tetapi juga sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan janin di dalam kandungan.

Tips Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester 1

Masa kehamilan akan berlangsung selama 40 minggu atau sekitar 280 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Dalam fase kehamilan, akan dibagi menjadi 3 periode kehamilan atau yang sering kita sebut dengan trimester, dan setiap trimester berlangsung selama 12-14 minggu atau per tiga bulan. 

Trimester pertama adalah saat usia kandung mencapai 1 – 13 minggu, trimester ke dua 14 – 27 minggu dan trimester ke 3 saat kehamilan mencapai usia 28 – 41 minggu, sesuai dengan pertumbuhan janin dan perubahan tubuh ibu hamil.

Pada awal kehamilan trimester pertama, ibu hamil biasanya akan mengalami banyak gejala dan keluhan. Seperti tidak selera makan, mual, muntah, dan mudah merasa lelah. Hal ini disebabkan karena tubuh ibu hamil sedang mengalami penyesuaian dengan perubahan hormonal kehamilan, seperti peningkatan hormon estrogen dan progesteron.

Lalu makanan jenis apa saja yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil pada trimester pertama supaya memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin?.

Berikut merupakan tips makanan untuk ibu hamil trimester 1 yang baik untuk dikonsumsi.

1. Asam Folat

Asam folat merupakan mikronutrisi paling penting, karena dibutuhkan disepanjang kehamilan, khususnya pada trimester pertama. Asam folat juga dikenal sebagai vitamin B9 yang dapat mencegah terjadinya kecacatan saluran syaraf pada janin, seperti spina bifida.

Makanan yang mengandung asam folat adalah strawberry, jeruk, kacang merah, sayuran hijau, buah bit dan bunga kol.

2. Kalsium

Kalsium sangat berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium selama bertumbuh, janin akan mengambil dari tubuh sang ibu. Sebab itu, ibu hamil yang kekurangan kalsium atau sedikit mengkonsumsi kalsium akan mengalami osteoporosis.

Kebutuhan kalsium ibu hamil adalah 1.000 – 1.300 mg per hari. Susu, keju, yogurt dan sayuran berwarna hijau gelap adalah makanan yang mengandung kalsium. 

Jika ada ibu hamil yang memiliki alergi terhadap produk susu, bisa diganti dengan greek yogurt yang mengandung probiotik.

3. Zat Besi

Saat hamil, suplai darah meningkat karena memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin. Oleh sebab itu zat besi sangat penting bagi ibu hamil. Kebutuhan zat besi pada ibu hamil adalah 27 mg per hari.

Dokter dan bidan pasti akan meresepkan vitamin atau suplemen yang mengandung zat besi. Selain itu, makanan yang mengandung zat besi adalah bayam, daging dengan sedikit lemak, telur dan tahu.

4. Asam Lemak Omega 3

Ikan laut adalah sumber asam lemak omega tiga. Tapi pada ibu hamil disarankan untuk membatasi konsumsi seafood karena kandungan merkuri dan zat kontaminasi yang terkandung dalam ikan laut. 

Mengkonsumsi seafood 2 kali dalam seminggu sudah cukup memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 yang disarankan pada ibu hamil.

Ikan teri, salmon, sarden, chia seed dan flax seed adalah beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega tiga.

5. Kalium

Kalium dan natrium dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh serta mengatur tekanan darah. Asupan kalium yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah 2.900 mg per hari, bisa diperoleh dari vitamin dan makanan seperti alpukat dan pisang.

6. Protein

Protein dibutuhkan ibu hamil dan janin untuk perkembangan otot serta mendukung pertumbuhan jaringan rahim.

Kebutuhan protein pada ibu hamil adalah 70 gr per hari, yang dapat diperoleh dari telur, daging sapi, ayam, kacang kacangan, ikan, tahu dan tempe.

7. Serat

Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi diantaranya, roti gandum utuh, pasta, beras merah, sereal serta buah dan sayur. 

Serat juga biasanya diperoleh dari suplemen yang telah diresepkan oleh dokter. Memenuhi kebutuhan serat dan cukup minum, dapat mencegah timbulnya gas dan kram selama kehamilan.

8. Vitamin A dan C

Vitamin A bermanfaat untuk pertumbuhan serta pemisahan sebagian besar sel dan jaringan yang tentu saja sangat penting untuk pertumbuhan janin yang sehat.

Vitamin C penting untuk pertumbuhan tulang dan jaringan pada janin, juga meningkatkan penyerapan zat besi. Kebutuhan vitamin C untuk ibu hamil adalah 85 mg per hari yang bisa didapatkan dari brokoli, jeruk, strawberry, serta suplemen yang diresepkan oleh dokter.

Trimester pertama kehamilan adalah masa yang sulit bagi ibu hamil, karena perubahan hormon yang menyebabkan mual dan muntah, sehingga mempengaruhi selera makan.

Untuk meredakan rasa tidak nyaman tersebut, berikut beberapa tips yang bisa di coba.
  • Makan sereal atau biskuit di waktu pagi hari.
  • Makan dengan porsi kecil tapi sering sepanjang hari.
  • Hindari makanan pedas, berlemak dan berminyak.
Demikian tips makanan untuk ibu hamil trimester 1, semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Makanan Untuk Ibu Hamil Trimester 1"