Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengatasi Depresi Pada Diri Sendiri

gambar cara mengatasi depresi pada diri sendiri
cara mengatasi depresi pada diri sendiri

Depresi adalah gangguan suasana hati, yang dapat mempengaruhi pola pikir, aktivitas serta perilaku seseorang.

Ketika mengalami depresi, seseorang biasanya akan merasa sedih, putus asa, kehilangan minat terhadap aktivitas yang biasa dia lakukan sehari-hati, kehilangan motivasi hidup, serta menyalakan diri sendiri.

Depresi berbeda dengan perasaan sedih yang biasa. Namun, karena pemahaman yang salah, depresi sering diabaikan atau disepelekan. Padahal, depresi merupakan gangguan serius yang dapat menyebabkan penderitanya memiliki ide untuk menyakiti dirinya sendiri atau bahkan bunuh diri.

7 Cara Mengatasi Depresi Pada Diri Sendiri

Depresi akan mudah disembuhkan jika cepat ditangani. Jika penanganan depresi dilakukan oleh dokter, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan seperti anti-depresan serta psikoterapi sesuai dengan tingkat atau aspek yang dialami pasien penderita depresi.

Lalu apa sebaiknya yang bisa kita lakukan sebagai pertolongan pada diri sendiri, jika kita mengalami gejala seperti depresi, agar kita terhindar dari gangguan perilaku yang bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain?

Berikut adalah 7 cara mengatasi depresi pada diri sendiri yang dapat dilakukan secara mandiri.

1. Jangan membiarkan diri sendirian

Orang yang sedang mengalami depresi, sering tersesat dengan pikirannya sendiri sehingga tidak bisa menggunakan akal sehatnya dan cenderung berfikiran negatif. 

Selain itu, orang yang depresi biasanya menarik diri dari lingkungan sosialnya, sehingga menyulitkan orang lain untuk menolongnya. 

Depresi akan lebih mudah diatasi jika kita mendapatkan dukungan dari orang yang peduli dan sayang dengan kita.

Menikmati dan menghabiskan waktu bersama keluarga serta teman-teman dapat membantu melupakan depresi serta meningkatkan suasana hati secara efektif.

2. Jadilah lebih aktif

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa endorfin atau zat kimia yang membuat seseorang merasa senang, dapat ditingkatkan dengan melakukan olahraga secara rutin. 

Beberapa bentuk olahraga yang bisa membantu meningkatkan mood antara lain berjalan, berenang, lari, bersepeda, menari, yoga dan mendaki. 

Tak hanya dapat memperbaiki suasana hati dan menjaganya agar lebih stabil, olahraga secara rutin dapat menyehatkan tubuh.

3. Istirahat yang cukup

Seseorang yang mengalami depresi mungkin merasa kesulitan untuk tidur. Namun, kurang tidur justru dapat memperburuk kondisi depresi. 

Jadwalkan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Jangan tidur siang terlalu lama, karena akan membuat kita kesulitan untuk tidur kembali pada malam hari.

Lebih baik sibukkan diri dengan kegiatan yang positif di siang hari. Menjauhi segala distraksi, seperti ,TV, komputer, dan handphone sebelum tidur, dapat membantu memperbaiki tidur kita. Minum secangkir susu hangat atau mandi sebelum tidur juga ide yang baik untuk mengurangi depresi.

4. Terapkan Pola Makan Sehat

Tak hanya menjadi kebutuhan dasar manusia, mengonsumsi makanan sehat dinilai dapat membantu menurunkan resiko depresi.

Hal ini karena makanan juga dapat memengaruhi kinerja sel tubuh, sistem kekebalan tubuh, hingga kemampuan tubuh dalam merespon stres. Penting untuk selalu menjaga pola makan sehat.

Saat depresi, orang cenderung makan secara berlebih untuk mengatasi emosinya, atau sering disebut dengan makan secara emosional. Hal ini dapat berbahaya apabila tidak memperhatikan apa yang dikonsumsi.

Makan secara tidak terkendali atau Binge eating saat depresi, dapat menyebabkan penyakit kesehatan lainnya. Penting untuk memilih sayuran dan buah buahan daripada makanan yang banyak mengandung lemak dan gula.

Beberapa makanan yang dapat meningkatkan suasana hati, adalah ikan berlemak karena kaya akan omega-3. Omega-3 terbukti dapat mengubah zat kimia pada otak yang bertugas mengatur suasana hati.

5. Hadapi Masalah

Setiap orang punya permasalahan, dan banyak dari mereka mengalami depresi. Tetapi seringkali mereka berpaling dari masalah daripada mencoba menghadapinya.

Lari dari realita justru tidak menyelesaikan permasalahan tapi memperparah kecemasan dan depresi seseorang. Arahkan diri sendiri untuk menerima dan menghadapi kenyataan.

Ketika dibimbing oleh prinsip realitas, seseorang akan mengembangkan kapasitas yang lebih dalam untuk menghadapi kehidupan dengan lebih efektif. Apa yang dulu membuat kita takut akan terasa akrab dan permasalahan hidup menjadi lebih bisa diatur.

6. Sibukkan diri dengan kegiatan yang positif atau mengembangkan hobi

Orang yang sedang mengalami depresi biasanya kehilangan minat terhadap berbagai aktivitas, sekalipun aktivis itu adalah hoby atau aktivitas yang dulu dia senangi.

Berbagai kegiatan positif dan menekuni hobi seperti mengspresikan diri secara kreatif lewat musik, seni, membaca, menulis, olahraga atau apa pun yang disukai bisa membantu keluar dari depresi serta dapat mengalihkan berbagai pikiran negatif.

Akan lebih baik jika bergabung dalam komunitas hobi, karena bisa bertemu dengan banyak orang dan mendapatkan energi positif serta kehangatan dari mereka.

7. Mendekatkan Diri Pada Tuhan

Dengan mendekatkan diri pada Tuhan kita berharap pertolonganNya dan berpasrah padaNya, meyakini bahwa Tuhan tidak akan memberi cobaan pada hambanya melebihi batas kemampuan kita.

Dengan mendekatkan diri pada Tuhan hati akan menjadi lebih tenang sehingga emosi lebih bisa dikontrol.

Namun jika merasa tidak bisa mengendalikan atau mengatasi depresi sendiri serta merasa butuh bantuan profesional, maka berkonsultasi dengan dokter atau psikiater adalah cara terbaik, karena mungkin kita memerlukan kombinasi obat dan psikoterapi untuk mengatasi depresi yang sedang dialami.

Demikian 7 cara mengatasi depresi pada diri sendiri, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "7 Cara Mengatasi Depresi Pada Diri Sendiri"