Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Yang Menyebabkan Gula Darah Naik

gambar makanan yang menyebabkan gula darah naik
makanan yang menyebabkan gula darah naik

Pernahkan kalian mendengar mengenai makanan yang menyebabkan gula darah naik? Dalam dunia medis, gula darah (Blood Glucose) adalah istilah yang mengacu pada tingkat gula atau glukosa di dalam darah.

Gula darah berasal dari makanan yang kita makan dan menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Setelah makan, sistem pencernaan akan memecah karbohidrat menjadi glukosa dan diserap oleh tubuh.

Setelah berada di dalam darah, hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas akan membantu glukosa untuk masuk ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi, sedangkan kelebihan glukosa akan disimpan di hati untuk digunakan di kemudian hari.

Kadar Gula Darah Yang Normal Pada Tubuh

Gula darah bisa menjadi parameter kesehatan seseorang dengan memperhatikan kadarnya pada level yang normal.

Secara normal, tubuh akan mempertahankan kadar gula darah sebesar 70-110 mg/dl (miligram glukosa dalam 100 mililiter darah) dan akan meningkat kadarnya setelah makan.

Dan kemudian, kadar gula darah biasanya akan berada pada level terendah pada pagi hari (sebelum makan). 

Kadar gula darah di bawah 70 mg/dl disebut dengan hipoglikemia (kadar gula rendah) yang bisa menyebabkan seseorang pingsan, sedangkan kadar gula di atas 180 mg/dl disebut hiperglikemia (kadar gula tinggi) dan beresiko terkena diabetes.

Faktor yang mempengaruhi kadar gula darah

Banyak faktor yang mempengaruhi perubahan atau tingkat gula darah dalam tubuh. Diantaranya adalah pola makan, metabolisme tubuh, serta akibat efek samping obat-obatan tertentu.

Ketika kadar gula darah tinggi, beberapa tanda atau gejala akan dirasakan oleh tubuh seperti kelelahan, mudah haus, nafsu makan meningkat, berat badan menurun, sering buang air kecil.

Tidak hanya berhenti disitu, tanda lain yang juga turut menandakan kadar gula darah tinggi adalah kulit kering dan terasa panas, sering mengalami infeksi gigi, mudah gelisah hingga penglihatan buram.

Makanan yang menyebabkan gula darah naik

Banyak orang yang masih awam mengenai makanan apa saja yang menyebabkan kadar gula darah menjadi naik. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai apa saja makanan yang menyebabkan gula darah naik dengan lebih detail,

1. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi

Nasi putih, pasta, roti, tepung terigu, serta kentang goreng merupakan jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah serat.

Karbohidrat yang tinggi pada makanan akan diolah menjadi gula darah (glukosa), sehingga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

2. Makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang tinggi

Makanan seperti daging olahan, makanan cepat saji, krimer, daging merah, keju, mentega, selai kacang, susu tinggi lemak, kripik kentang dan jus merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Makanan ini memang tidak secara langsung dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, namun dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang dapat menyebabkan resistensi insulin, sehingga meningkatkan risiko diabetes.

3. Buah kering dan buah kalengan

Buah yang dikeringkan seperti kismis (buah anggur yang dikeringkan), umumnya memiliki kadar gula yang tinggi.

Kismis mengandung karbohidrat lebih besar dibandingkan dengan buah anggur segar. Selain itu, buah kalengan, buah kering maupun buah beku yang diolah menjadi smoothies dan jus juga termasuk asupan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dan meningkatkan risiko diabetes.

4. Minuman ringan yang manis

Berbagai minuman dengan pemanis seperti teh manis, minuman coklat, buble tea, dan kopi yang dicampur dengan gula, sirup atau karamel, termasuk juga minuman berenergi dan minuman bersoda, adalah minuman yang mengandung karbohidrat tinggi.

Jenis-jenis minuman tersebut diatas dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, minuman tersebut juga sarat akan fruktosa yang sering dikaitkan dengan resistensi insulin, obesitas dan penyakit perlemakan hati (fatty liver).

Kesimpulan

Dengan mengurangi atau menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah, kita dapat menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, dengan rutin berolahraga, tidak merokok, rutin mengecek kadar gula darah dan kondisi kesehatan kita, diharapkan kita terhindar dari resiko yang disebabkan karna kadar gula darah tinggi, seperti kerusakan ginjal, saraf dan diabetes.

Post a Comment for "Makanan Yang Menyebabkan Gula Darah Naik"