Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Konsumsi Susu Kayu Manis (Cinnamon Milk)

7 Manfaat Konsumsi Susu Kayu Manis (Cinnamon Milk)
7 Manfaat Konsumsi Susu Kayu Manis (Cinnamon Milk)
Mungkin diantara kalian ada yang masih asing dengan minuman susu kayu manis, padahal minuman ini memiliki banyak sekali manfaat. Susu kayu manis merupakan minuman kesehatan yang sudah lama dikenal dalam dunia Ayurveda, yaitu ilmu kesehatan yang berasal dari negara India, dan untuk keefektifan manfaatnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Minuman ini sangat mudah dibuat, yaitu hanya dengan mencampurkan susu hangat ditambah dengan kayu manis. Rutin mengkonsumsi minuman ini sangat bagus untuk menjaga kepadatan tulang, sehingga dapat menghindarkan kita dari radang sendi. Selain itu, susu kayu manis juga membuat kita terhindar dari gangguan pencernaan dan kram. Kayu manis manis sendiri merupakan salah satu rempah yang banyak memiliki kontribusi dalam dunia medis. Baca lebih lanjut untuk mengetahui manfaat mengkonsumsi susu kayu manis.

1. Efektif menurunkan berat badan

Kayu manis memiliki kemampuan dalam menghambat asupan makanan, dan susu memiliki kandungan calcium dan protein yang tinggi, sehingga membuat tubuh kenyang lebih lama, oleh karena itu mengkonsumsi susu yang dicampur dengan kayu manis bagus untuk menurunkan berat badan. Banyak studi membuktikan bahwa mengkonsumsi susu kayu manis setiap hari dapat menurunkan berat badan secara bertahap.

2. Membuat tulang lebih kuat

Kayu manis memiliki kandungan Calcium yang sangat tinggi, dan susu juga memiliki kandungan calcium yang tinggi pula, sehingga mengkonsumsi kedua bahan ini sangat bagus untuk untuk menjaga kepadatan tulang serta menjaga kesehatan gigi. Konsumsi susu kayu manis juga disarankan bagi mereka yang menderita radang sendi, karena radang sendi terjadi akibat adanya tulang yang rapuh, untuk itu konsumsilah susu kayu manis untuk mencegah terjadinya tulang yang rapuh.

Baca juga:

Sari Cuka Apel atau ACV untuk Diabetes
7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan
5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

3. Membantu mengatasi diabetes

Mengkontrol kadar gula darah pada level sehat sangatlah penting dan disini kayu manis memiliki peranan meningkatkan sensitivitas kinerja insulin dalam menjaga kadar gula darah sehingga gula darah tetap stabil. Oleh karena itu, mengkonsumsi susu kayu manis sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah diabetes.

4. Dapat Mengurangi Kolesterol

Banyak sekali suplemen yang dapat membantu mengurangi kolesterol, namun jika anda ingin menurunkan kolesterol secara alami, maka kayu manis adalah jawabannya. Kayu manis memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat atau yang biasa kita kenal sebagai LDL. Kadar LDL yang rendah berarti kita dapat terhindar dari resiko penyakit jantung. Untuk itu, disarankan mengkonsumsi susu kayu manis setiap hari.

5. Mengatasi masalah Insomnia atau gangguan tidur

Masalah insomnia atau gangguan tidur ini sering sekali diderita oleh orang dewasa, meskipun pada beberapa kasus dapat terjadi pada anak-anak. Apabila kita mengalami masalah gangguan tidur, maka hal ini dapat berakibat pada kesehatan tubuh dan mental kita, sehingga masalah gangguan tidur harus segera diatasi. Cara paling gampang mengatasinya yaitu dengan meminum secangkir hangat susu kayu manis, karena susu kayu manis dapat membuat kita nyaman dan tenang, sehingga meningkatkan kualitas tidur kita.

6. Meningkatkan memory

Manfaat susu kayu manis selain menghangatkan dan membuat kita tenang, ternyata minuman ini juga bermanfaat dalam meningkatkan kewaspadaan, daya ingat, fokus serta meningkatkan respon dalam melakukan kegiatan yang kita lakukan. Oleh karena itu, apabila kita ingin meningkatkan daya ingat kita, maka rutin memkonsumsi secangkir susu kayu manis setiap hari jauh lebih baik daripada mengkonsumsi obat-obatan atau suplemen penambah daya ingat, yang tentu saja memiliki efek samping yang belum tentu kita ketahui.

7. Mencegah penyakit parkinson

Penyakit parkinson merupakan penyakit neurodegeneratif, seperti halnya alzheimer, yang mana penyakit ini mnyerang otak secara progresif sehingga mempengaruhi gerakan tubuh. Studi yang dilakukan pada tikus penderita parkinson oleh Rush University Medical Centre di Chicago menunjukkan bahwa kayu manis yang disuntikkan kedalam hati tikus ternyata mampu melindungi neuron dari kerusakan, meningkatkan fungsi motorik serta menghentikan hilangnya protein.Oleh karena itu konsumsi minuman susu kayu manis ini sangat bagus buat otak kita.

Post a Comment for "7 Manfaat Konsumsi Susu Kayu Manis (Cinnamon Milk)"