Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan

7 manfaat lemon untuk kesehatan
7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan


Lemon merupakan buah yang terkenal memiliki beragam manfaat, mulai sebagai penyedap makanan hingga untuk mengatasi masalah kesehatan. Lemon kaya akan vitamin c, fiber dan vitamin lainnya. Fakta bahwa lemon bagus untuk kesehatan jantung, mengontrol berat badan dan menjaga kesehatan pencernaan bukanlah isapan jempol belaka. Manfaat lemon tidak hanya berhenti disitu saja, banyak studi menunjukkan bahwa lemon memiliki segudang manfaat yang sangat bagus untuk tubuh kita, mari baca lebih lanjut untuk mengetahui beberapa manfaat lemon untuk kesehatan kita.


7 manfaat lemon untuk kesehatan kita

1. Lemon bagus untuk Jantung

Lemon merupakan sumber vitamin C, yang mana 1 buah lemon memiliki kandungan kurang lebih 31mg vitamin C, karenanya konsumsi satu buah lemon dapat memenuhi kebutuhan asupan harian (RDI - Reference Daily Intake) sebanyak 51% . Menurut hasil studi yang telah dilakukan, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan juga stroke. Tidak hanya berhenti sampai disitu, ternyata senyawa serat dan beberapa kandungan lainnya dalam lemon ternyata secara signifikan mampu menurunkan resiko beberapa faktor penyebab penyakit jantung. Disebutkan juga bahwa mengkonsumsi serat lemon sebanyak 24gram setiap hari selama sebulan penuh dapat menurunkan kadar total kolesterol dalam darah. Kemampuan lemon dalam menurunkan kadar kolesterol ini karena didalam buah lemon ternyata juga mengandung diosmin dan hesperidin - yang memiliki peran utama dalam membantu memerangi kolesterol.


2. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk karena garam dan mineral yang terkumpul didalam ginjal mengeras membentuk seperti batu kecil, yang apabila buang air kecil (melewati saluran kemih) akan menyebabkan rasa nyeri. Penyakit ini cukup umum terjadi dan dapat terjadi berulang kali. Orang yang menderita batu ginjal biasanya disarankan untuk meminum air putih lebih banyak. Dalam perjalanannya, ditemukan bahwa asam sitrat efektif dalam mencegah batu ginjal, karena asam sitrat dapat memingkatkan ph dan volume urin, sehingga batu ginjal akan sulit terbentuk. Mengkonsumsi setidaknya 125ml jus lemon setiap hari setidaknya dapat memenuhi kebutuhan asam sitrat harian untuk mencegah terjadinya batu ginjal.


3. Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Kulit lemon sangat kaya akan d-limonene dan pada banyak studi disebutkan bahwa d-limonene dapat memberikan manfaat dalam mencegah penyebaran kanker lebih lanjut. Studi dilakukan pada enam orang penderita kanker stadium lanjut, dan dalam rentang waktu enam hingga dua belas bulan penggunaan d-limonene, ternyata dapat mengurangi perkembangan kanker secara signifikan. Dalam sebuah data baru, University of Arizona Cancer Center melakukan sebuah penelitian terhadap 43 wanita yang baru saja didiagnosis mengidap kanker payudara, yang kemudian mereka menjalani prosedur lumpektomi dan diberi 2grams limonene setiap hari kurang lebih selama 2 hingga 6 minggu sebelum operasi dilakukan. Hasil menunjukkan bahwa d-limonene dapat menurunkan 22% ekspresi penanda tumor, terutama pada tumor payudara cyclin D1.


Baca juga:

5 Masker Alami Paling Ampuh Mengatasi Jerawat
9 Penyebab Tumbuhnya Jerawat Pada Wajah
12 Langkah Penting Wajah Glowing Hanya dalam Waktu 7 Hari

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang menderita obesitas, antioksidan polifenol yang ditemukan pada lemon ternyata dapat menurunkan berat badan secara signifikan. Selain itu, dalam penelitian ini juga ditemukan ternyata polifenol dapat meningkatkan resistensi insulin dan dapat mengimbangi efek negatif pada kadar glukosa darah, sehingga efektif untuk mencegah terjadinya diabetes tipe 2.


5. Melancarkan Pencernaan

Dalam dunia ayurveda, sudah lama diketahui bahwa lemon sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh, oleh karenanya air lemon seringkali dimanfaatkan sebagai obat pencahar atau laxative alami. Minumlah secangkir air lemon hangat setiap hari untuk melancarkan pencernaan dan mencegah penumpukan racun ditubuh.


6. Mengatasi Bau Mulut

Seperti kita ketahui, kita sering memanfaatkan lemon untuk menghilangkan bau amis pada ikan, daging ataupun untuk mengurangi bau bawang yang menyengat. Dan hal ini ternyata juga berlaku untuk mengatasi bau mulut yang mengganggu. Cara mengatasi bau mulut dengan lemon sangatlah gampang, cukup minum air lemon hangat dipagi hari dan biasakan juga minum air lemon setelah makan, maka bau mulut akan menjauh dari mulut kita.


7. Meningkatkan Kekencangan Kulit

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Vitamin C memiliki peran aktif dalam perawatan kulit, terutama dalam mengatasi penuaan dini, jerawat, flek serta mencerahkan kulit. Dalam hal ini, lemon yang sangat kaya akan Vitamin C terbukti dapat mencegah penuaan dini dan merangsang pembentukan collagen apabila dikonsumsi secara rutin setiap hari.




Post a Comment for "7 Manfaat Lemon untuk Kesehatan"