Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat Jahe Untuk Mengatasi Rambut Rontok

7 Manfaat Jahe Untuk Mengatasi Rambut Rontok

7 Manfaat Jahe Untuk Mengatasi Rambut Rontok
7 Manfaat Jahe Untuk Mengatasi Rambut Rontok


Sebelum kita berbicara mengenai manfaat jahe untuk mengatasi rambut rontok, alangkah baiknya kita mengenal dahulu apa sebenarnya jahe itu. Jahe merupakan tanaman rimpang yang memiliki khasiat sangat luar biasa dalam dunia kesehatan, yang mana khasiat tersebut sering dimanfaatkan terutama untuk mengobati kembung, flu, batuk dan pilek. Namun selain itu, ternyata jahe juga diketahui sangat ampuh untuk mengatasi rambut rontok, hal ini karena jahe memiliki sifat stimulasi yang mana dapat merangsang pertumbuhan rambut baru dengan lebih cepat.

Jahe yang merupakan tanaman asli wilayah asia, telah lama dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dapur yang dikenal mampu meningkatkan nafsu makan, selain itu jahe juga sering dikonsumsi sebagai teh ataupun minuman penghangat badan tatkala dingin melanda. Selama pada masa abad ke 13 hingga ke 14, jahe banyak diperjual-belikan ke wilayah eropa sebagai salah satu komoditas rempah-rempah yang sangat diminati. 

Mengingat jahe memiliki begitu banyak manfaat dalam dunia kesehatan, tentu tidak mengherankan apabila jahe menjadi salah satu bahan andalan dalam tehnik pengobatan Ayurveda India. Lalu apakah jahe bagus untuk mengatasi rambut rontok? Jawabannya adalah YA! Jahe merupakan salah satu bahan tanaman terbaik yang sangat efektif untuk memperbaiki pertumbuhan rambut serta mengatasi masalah rambut rontok.

Simak daftar berikut, 7 manfaat jahe untuk mengatasi rambut rontok


1. Merangsang pertumbuhan rambut

Jahe secara tradisional sudah dering digunakan sebagai campuran ramuan untuk mencegah rambut rontok dan sekaligus digunakan sebagai tonik untuk merangsang pertumbuhan rambut baru. Namun hingga saat ini belum ada bukti ilmiah mengenai klaim tersebut.

2. Mencegah ketombe yang mengakibatkan rambut rontok

Ketombe dan rambut rontok sering terjadi bersamaan. Hal ini terjadi karena sel kulit mati akibat ketombe menyumbat folikel rambut sehingga membuat rambut menjadi mudah rontok. Sementara itu jahe memiliki sifat sebagai antijamur yang sangat ampuh yang dapat membantu untuk mengendalikan ketombe yang mana pada akhirnya dapat mencegah terjadinya rambut rontok.

3. Sebagai kondisioner alami

Rambut yang kering akan menjadi mudah rambuh dan pada akhirnya akan membawa pada masalah kerontokan. Dan salah satu manfaat jahe pada rambut yitu bertindak sebagai kondisioner alami pada rambut. Jahe akan merawat rambut menjadi tetap lembab, lembut dan berkilau, serta mencegah kerapuhan terjadi pada rambut. Meskipun bukti ilmiah mengenai hal ini masih belum ada, namun masyarakat kuno sudah banyak yang memnuktikannya.

Baca juga:

Sari Cuka Apel atau ACV untuk Diabetes
5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan
Efek Samping Sari Cuka Apel atau Apple Cider Vinegar

4. Membantu meningkatkan aliran darah pada folikel rambut

Jahe yang mengandung gingerol, yaitu senyawa yang terdapat pada jahe segar berupa fitokimia fenol, memiliki kemampuan untuk mengendurkan pembuluh darah serta meningkatkan sirkulasi darah. Karena hal inilah, maka nutrisi pada folikel rambut dapat ditingkatkan sehingga membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat.

5. Membuat rambut tetap sehat dan kuat

Jahe yang ternyata juga kaya akan asam linoleat, sangat efektif untuk menjaga akar rambut tetap kuat, sehingga rambut tidak mudah menjadi rontok dan bisa mencegah terjadinya kebotakan dini.

6. Memperbaiki tekstur atau kondisi rambut rapuh

Jahe kaya akan vitamin B-6 dan magnesium, yang dalam hal ini mereka memiliki peran untuk mendorong pertumbuhan rambut baru menjadi lebih sehat serta meningkatkan vitalitas rambut.

7. Mencegah rambut rusak dan bercabang

Rambut yang rusak dan bercabang tentu saja akan membuat rambut terlihat kusam dan mudah rontok. Gunakan air jahe pada bilasan terakhir setelah keramas, maka kalian akan terbebas dari rambut kusut, rusak dan bercabang. Sekali lagi, hal ini terjadi karena pengaruh gingerol yang ada dalam jahe, yang memiliki sifat sebagai kondisioner alami rambut.



Post a Comment for "7 Manfaat Jahe Untuk Mengatasi Rambut Rontok"