Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal 7 Kandungan Senyawa pada Aloe Vera atau Lidah Buaya

Mengenal 7 Kandungan Senyawa pada Aloe Vera atau Lidah Buaya
7 Kandungan Senyawa pada Aloe Vera atau Lidah Buaya


Sejarah singkat aloe vera

Berbicara mengenai aloe vera, kali ini kita membahas lebih dalam mengenai 7 kandungan senyawa pada aloe vera. Namun sebelum membahas lebih dalam perihal kandungan pada tanaman sukulen dari genus aloe ini, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu aloe vera. Aloe vera atau yang disebut juga lidah buaya, merupakan tanaman dari semenanjung Arab, berwarna hijau dengan gerigi disetiap sisi sampingnya, merupakan tanaman yang kaya sekali akan manfaat. Meskipun berasal dari semenanjung Arab, tanaman ini banyak tumbuh subur di daerah Africa Utara. Pada abad ke 17, tanaman ini mulai diperkenalkan di berbagai belahan wilayah Asia dan bdan juga wilayah Eropa.

Aloe vera selain dulu digunakan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga dibudidayakan sebagai alternatif pengobatan alami. Berdasarkan berbagai penelitian yang telah dilakukan, aloe vera diketahui sangat ampuh dalam mengobati berbagai masalah kesehatan, terutama khasiatnya dalam mengobati luka bakar. Tanaman aloe vera sangat efektif untuk mengobati luka bakar karena aloe vera mengandung mannose 6 phospate dan polisakarida (polysaccharide). Mannose 6 Phospate (C6H13O9P) merupakan molekul yang diikat oleh lektin dalam sistem kekebalan tubuh, sementara polisakarida (polysaccharide) merupakan satuan yang tersusun dari ratusan hingga ribuan satuan monosakarida yang dihubungkan dengan ikatan glikosidik(glycosidic). Disini kedua senyawa tersebut berfungsi untuk mempromosikan proliferasi fibroblas yang berguna dalam memproduksi asam hyaluronat serta hidroksiprolin (hidroxyproline) pada fibroblas (fibroblasts) yang mana memiliki peran penting dalam penyembuhan luka.

Baca juga:

5 Masker Alami Paling Ampuh Mengatasi Jerawat
9 Penyebab Tumbuhnya Jerawat Pada Wajah
Teori Di Balik Viralnya Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan - Mengatasi Penyakit Kulit - Eksim - Psoriasis

Selain ampuh dalam mengobati luka bakar, aloe vera juga sangat ampuh dalam mengobati berbagai masalah penyakit kulit, seperti jerawat, kulit kering, alergi, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi. Hal ini karena aloe vera mengandung banyak vitamin dan 7 senyawa penting, terutama pada gel (lendir) yang dihasilkan oleh daging aloe vera. Beberapa vitamin yang dapat ditemukan dalam gel aloe vera adalah Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C dan Vitamin E. 

Dan untuk kandungan senyawanya, berikut merupakan 7 kandungan senyawa yang ada pada aloe vera:

1. Minyak Atsiri, yang sangat bagus sebagai anti inflammatory dan anti bacterial
2. Lignin yang merupakan serat makanan yang dapat merangsang pencernaan dan mampu menembus kulit dengan membawa berbagai zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh dengan cara mengikatnya dan kemudian dibawa kedalam lapisan kulit yang paling dalam.
3. Asam salisilat berfungsi untuk meredakan rasa sakit, menurunkan demam dan menghentikan inflamasi
4. Sterol yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan sebagai anti inflamasi
5. Saponin untuk efek pembersihan dan sebagai anti septik
6. Anthraglicosides yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti virus dan akti jamur
7. Asam tanan yang merupakan polifenol yang memiliki efek sebagai anti mikro bakteri dan anti inflamasi.

Demikian ulasan mengenai 7 kandungan senyawa pada aloe vera, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



Post a Comment for "Mengenal 7 Kandungan Senyawa pada Aloe Vera atau Lidah Buaya"