Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Penyebab Tumbuhnya Jerawat Pada Wajah

9 Penyebab Tumbuhnya Jerawat Pada Wajah
Penyebab Tumbuhnya Jerawat Pada Wajah


Siapa sih yang ga mau punya wajah bersih mulus tanpa jerawat? Tentu kita semua mau punya wajah bersih bebas jerawat, namun sayangnya, tidak semua orang bisa punya wajah bersih mulus tanpa jerawat, karena jerawat selalu punya 1001 alasan untuk tetap eksis di muka kita. Jerawat sering kali muncul pada usia produktif, mulai dari remaja hingga dewasa. Penyebab Jerawat sendiri bermacam-macam, namun disini akan kita bahas 9 penyebab tumbuhnya jerawat pada wajah kita. Oh iya, jenis-jenis jerawat juga bermacam-macam, salah satunya ada jerawat juvenil, vulgaris, conglobata dan lainnya.

Berikut merupakan 9 penyebab tumbuhnya jerawat pada wajah kita.

1. Smartphone atau Handphone.

Kenapa smartphone atau handphone disebut sebagai penyebab jerawat pada wajah kita? karena memang pada permukaan smartphone atau handphone merupakan salah satu tempat penyebar kuman terbaik pada tubuh manusia. Bisa dibayangkan apabila smartphone atau handphone permukaannya jarang dibersihkan, banyak sekali debu dan kuman yang menempel, manalagi bercampur dengan keringat, makeup dan sebagainya, alhasil hal itu adalah tempat paling perfek untuk kuman berkembang biak. Untuk itu, selalu bersihkan permukan smartphone atau handphone kita untuk meminimalkan infeksi jerawat pada wajah kita

2. Kurang Tidur. 

What??Kurang tidur menjadi penyebab jerawat?? Yupp, betul sekali, kurang tidur merupakan salah satu pemicu penyebab terjadinya jerawat. Hal ini terjadi karena kurang tidur dapat menyebabkan imun kita melemah, sehingga kuman penyebab jerawat akan lebih mudah menginfeksi kulit kita. Oleh karena itu, usahakan tidur tepat waktu, hindari begadang dan jangan bermain handphone hingga larut malam.

3. Makanan Manis.

Buat kalian penggemar makanan manis, tentu makan-makanan manis merupakan sebuah kenikmatan yang tiada tara, namun tahukah kalian, selain penyakit diabetes mengintai, makanan manis merupakan penyebab tumbuhnya jerawat membandel? apabila kalian penikmat makanan manis dan jerawat kalian selalu datang silih berganti, maka ini saatnya kalian stop makan-makanan manis. Hal ini karena kandungan gula pada makanan manis membuat kulit kita memproduksi minyak berlebih dan akhirnya menyebabkan jerawat. Jika kalian tetap ingin makanan manis, ganti cemilan kalian dengan buah-buahan dan perbanyak minum juice sayur ditambah buah, tapi jangan ditambah gula. Hal ini bagus untuk memperbaiki metabolisme kalian.

4. Malas Membersihkan Make-up

Hello ladies, adakah diantara kalian yang suka males mau membersihkan make-up saat mau tidur??Upps, jika ada, mulai sekarang ubah habit kalian. Selalu bersihkan make-up sebelum kalian pergi tidur, karena make-up yang masih menempel pada kulit kita akan menyumbat pori-pori kulit wajah, sehingga kulit wajah akan susah bernafas dan menjadi lebih rentan terhadap infeksi kuman. Selain itu, jarang membersihkan make-up juga membuat kulit kita lebih cepat mengalami penuaan dini. 

5. Sering ganti produk kecantikan

Jika kalian sering coba-coba produk kecantikan, maka mulai sekarang hentikan kebiasaan itu. Kebiasaan gonta-ganti produk kecantikan sangat tidak baik buat kulit kita, apalagi kalau kita punya kulit cenderung berjerawat, sensitif dan rawan alergi. Setiap produk kecantikan memiliki kandungan yang berbeda-beda, kalau kita terlalu sering ganti, kita akan kesulitan untuk menemukan penyebab masalah kulit pada wajah kita. Untuk itu, setialah pada produk kecantikan pilihanmu.

6. Kuas Makeup Kotor

Kuas makeup yang kotor merupakan rumah yang sangat cocok untuk kuman penyebab jerawat berkembang biak, hal ini karena banyak diantara kita yang jarang membersihkan kuas make-up, karena "kotoran"nya tidak terlalu nampak, sehingga kita sering cuek aja terus menggunakannnya tanpa memperhatikan kebersihannya. Apabila hal ini kita biarkan terus, maka hal ini dapat menyebabkan jerawat membandel pada wajah kita. Untuk itu, sering-seringlah membersihkan kuas make up agar jerawat tidak gampang muncul.

Baca juga:

12 Langkah Penting Wajah Glowing Hanya dalam Waktu 7 Hari
Teori Di Balik Viralnya Manfaat Jus Seledri untuk Kesehatan - Mengatasi Penyakit Kulit - Eksim - Psoriasis
7 Manfaat Jahe Untuk Mengatasi Rambut Rontok

7.  Sering Makan Gorengan

Siapa sih yang ga suka makan gorengan?? Tentu kita semua suka sekali menyantap gorengan, apalagi ditambah cabe dengan ditambah minumannya es teh, hmmm,,,sungguh nikmat dunia! Tapi tunggu dulu, selain gorengan sangat tidak bagus buat tubuh kita, gorengan juga menjadi salah satu penyebab utama menjadi jerawatan! Kok bisa?? ya bisa dong, gorengan itu kandungan kolesterolnya tinggi, rawan menyumbat pembuluh darah, juga membuat metabolisme tubuh kita berantakan. Karena metabolisme yang berantakan, hal ini menjadi pemicu terjadinya jerawat, oleh karena itu, hindari gorengan jika kalian ingin bebas dari jerawat.

8. Kurang Vitamin D

Vitamin D??Kok bisa? Iya bisa, karena kurang vitamin D membuat immune kita menjadi lemah sehingga mudah terserang infeksi, dan hal ini berlaku bagi kuman penyebab jerawat. Lalu solusinya bagaimana kalau kita kekurangan vitamin D? Solusinya cukup mudah, rajin-rajinlah berjemur dibawah sinar matahari pagi atau beli supplement makanan Vitamin D.

9. Terlalu Sering Mengkonsumsi Antibiotik

Mungkin bagi kalian yang punya penyakit tertentu dan diharuskan mengkonsumsi antibiotik rutin, hal ini masih dapat dimaklumi. Namun apabila konsumsi antibiotik ini dilakukan secara terus menerus, maka pada jangka panjang ini akan memberikan efek yang tidak bagus, karena bakteri baik yang ada didalam tubuh kita juga akan ikut hilang. Apabila hal ini terjadi, maka hal ini juga dapat menjadi pemicu wajah berjerawat, terutama di jalur rahang wajah kita. Untuk menyeimbangkan kembali dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Probiotic sangat disarankan. 

Post a Comment for "9 Penyebab Tumbuhnya Jerawat Pada Wajah"