Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Langkah Penting Wajah Glowing Hanya dalam Waktu 7 Hari

12 Langkah Penting Wajah Glowing Hanya dalam Waktu 7 Hari
12 Langkah Penting Wajah Glowing Hanya dalam Waktu 7 Hari


12 langkah penting untuk wajah glowing hanya dalam 7 hari akan membuat kalian terkejut apabila kalian melakukan nya dengan rutin dan konsisten. Tetapi mendapatkah wajah glowing hanya dalam waktu 7 hari apakah itu mungkin? Yup, tentu saja semua itu sangat mungkin, asalkan kalian benar-benar mau berkomitmen untuk memberikan treatment yang terbaik kepada kulit wajah kalian. Treatment yang terbaik tentu meliputi berbagai tahapan, yang mana tahapan tersebut wajib dilakukan secara konsisten dan dengan cara yang benar. Karena apabila hanya dilakukan secara konsisten atau rutin, tanpa memperhatikan tata caranya, maka hal itu hanya akan merusak kulit wajah kalian. Dan hal itu juga berlaku sebaliknya. Apabila kalian sudah melakukan langkah yang benar tetapi tidak rutin, maka hasilnya juga tidak akan didapatkan dengan sempurna.

Agar wajah glowing bisa didapatkan hanya dalam waktu 7 hari alias seminggu, maka langkah yang perlu dilakukan meliputi penggunaan skin care yang tepat, memperbaiki gaya hidup menjadi lebih baik, serta memilih kosmetik yang sesuai dengan kondisi kulit. Kunci dari glowing skin adalah memiliki kulit yang sehat. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat sehingga membuat wajah nampak lebih glowing, perlu banyak usaha serta dedikasi yang tinggi, dan dedikasi ini sangat dibutuhkan apabila kalian ingin mempertahankan memiliki kulit glowing kalian. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana agar kalian bisa meningkatkan kesehatan kulit kalian sehingga wajah glowing bisa didapatkan.

Berikut 12 Langkah Penting untuk Wajah Glowing Hanya dalam Waktu 7 Hari

1. Pahami jenis kulit wajah

Tanpa mengetahui jenis kulit wajah terlebih dahulu, maka akan sulit menentukan jenis skin care dan kosmetik yang cocok untuk kulit. Apabila terjadi kesalahan dalam mendiagnosis jenis kulit wajah, maka muka menjadi hancur adalah taruhannya. Jenis kulit wajah sendiri dibagi menjadi 5, yaitu:

1) Kulit sensitif - yaitu kondisi dimana kulit gampang teriritasi, mudah merah, meradang serta gatal.
2) Kulit berminyak - yaitu kondisi kulit mengalami minyak berlebih, yang umumnya sering terlihat di daerah T, dahi dan dagu. Umumnya membuat kulit kusam dan mengkilat.
3) Kulit kombinasi - yaitu kulit daerah T berminyak, tetapi area pipi dan rahang cenderung kering
4) Kulit normal - yaitu kondisi kulit sedang saja, tidak terlalu berminyak dan juga tidak terlalu kering
5) Kulit kering - yaitu kulit terasa bersisik, gatal, kencang dan kering.

2. Menerapkan 4 dasar basic skincare

Setelah kalian mengetahui jenis kulit kalian, maka selanjutnya adalah menerapkan 4 dasar basic skincare. Lalu apa saja 4 dasar basic skincare tersebut? 4 dasar basic skincare meliputi  membersihkan dengan milk cleanser, dilanjut dengan sabun muka, kemudian toning dan terakhir menggunakan pelembab. Berikut adalah langkah-langkahnya,
1) Baik muka pakai make up tebal, tipis atau tidak pakai make up, wajah wajib dibersihkan dahulu, bisa menggunakan milk cleanser, cleansing balm, ataupun miscellar water. Pastikan make up mata juga dibersihkan dengan menggunakan make up remover, agar make up yang membandel dapat diangkat dengan sempurna.
2) Setelah kulit wajah dibersihkan, maka lanjutkan dengan menggunakan sabun wajah sesuai dengan jenis kulit kalian. Pada saat mencuci wajah, jangan menggosoknya dengan kasar, alih-alih gosoklah kulit wajah dengan lembut tanpa menekannya terlalu keras. Hal ini juga sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat.
3) Begitu wajah sudah selesai dibersihkan dengan sabun muka, maka lanjutkan dengan memberikan toner pada wajah. Toner pada wajah sangat penting untuk membuat kulit menjadi lebih lembab, segar dan kencang. Selain itu, toner juga sangat membantu untuk mengembalikan pori-pori kulit agar tertutup kembali.
4) Dalam kondisi muka yang masih lembab setelah pemakaian toner, segera aplikasikan pelembab wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Sedikit tips buat kalian yang memiliki kulit sensitif dan berjerawat, pilihlah pelembab yang bahan dasarnya air, dan hindarilah pelembab yang berat yang bahan dasarnya terbuat dari minyak. Sementara itu untuk kulit kering, pelembab dengan bahan dasar minyak akan sangat efektif mengatasi kulit yang kering.

Lakukan 4 dasar basic skincare diatas pagi dan malam hari, secara rutin setiap hari. Agar kulit glowing lebih cepat didapatkan, pakailah skincare yang mengandung bahan pencerah kulit seperti kojic acid, azelaic acid, mulberry extract ataupun grape seed extracts.

3. Rutin melakukan exfoliasi pada kulit wajah

Ketika kalian jarang atau bahkan tidak pernah melakukan exfoliasi pada kulit wajah, maka sel kulit mati akan semakin menumpuk pada kulit wajah kalian, sehingga hal itu akan membuat kulit kalian terlihat kasar dan kusam.Kalian bisa menggunakan exfoliator baik berupa scrub wajah atau menggunakan exfoliator kimia yang sudah dicampurkan kedalam produk skincare.
 
Jika kalian memilih exfoliator dengan menggunakan scrub wajah, pastikan kalian menggunakannya dengan lembut. Karena kalau kalian menggunakan scrub wajah dengan kasar, maka dikhawatirkan akan membuat kulit wajah menjadi iritasi. Pastikan juga scrub yang kalian pilih memiliki butiran yang sangat lembut, sehingga efektif mengangkat sel kulit mati tanpa membuat jaringan kulit menjadi iritasi.

Namun jika pilihan kalian jatuh pada exfoliator dengan bahan kimia, maka pilihlah product yang mengandung AHA dan BHA. Pasti kalian sudah sangat sering mendengar kedua bahan diatas bukan.  AHA yang bersifat ringan dan tidak menembus kekulit bagian dalam, membuatnya sangat efektif untuk tahapan awal dalam melakukan exfoliasi pada kulit wajah. Sementara itu, BHA membantu proses pengelupasan sel kulit mati serta membersihkan pori - pori pada kulit wajah.

Kandungan AHA dan BHA ini seringkali ditemukan pada kandungan skincare seperti toner, pelembab, serum, essence dan masker wajah. Jika kalian belum pernah mencoba rangkaian skincare yang mengandung AHA dan BHA, sebaiknya kalian hati-hati sebelum menggunakannya. Karena kalau kulit belum terbiasa, maka bisa menyebabkan iritasi. Namun kalian tidak perlu khawatir, sebagai pemula kalian bisa menggunakan skincare yang mengandung AHA dan BHA dengan konsentrat rendah sebagai tahap awal, sehingga hal ini akan membuat kulit dapat beradaptasi dengan lebih baik.

Baca juga:

5 Masker Alami Paling Ampuh Mengatasi Jerawat
9 Penyebab Tumbuhnya Jerawat Pada Wajah
Mengenal 7 Kandungan Senyawa pada Aloe Vera atau Lidah Buaya

4. Rutin memakai peeling masker

Peeling bekerja luar biasa untuk membantu mempercepat proses wajah glowing yang ingin didapatkan hanya dalam waktu seminggu. Apalagi kalau kalian ada acara penting yang membutuhkan perawatan wajah dengan hasil cepat, maka peeling masker ini sangatlah membantu. Gunakan peeling masker ini seminggu sekali. Peeling masker ini sangat bermanfaat untuk membantu mengangkat sel kulit mati, menghaluskan wajah serta membantu meratakan warna kulit wajah. Gunakan peeling masker yang mengandung bahan pencerah alami serta pilihlah masker yang mengandung asam glikolat dengan kadar rendah. Lakukan perawatan ini agar kulit terlihat segar, sehat dan bercahaya.

5. Pilih product yang mengandung berbagai manfaat sekaligus

Merupakan suatu pilihan yang bijak apabila memilih product yang mengandung berbagai manfaat sekaligus. Contohnya, dalam satu pelembab mengandung pencerah serta anti aging atau satu pelembab mengandung anti jerawat dan mampu memudarkan noda bekas jerawat. Hal ini tentu lebih menghemat waktu, serta lebih aman buat dikantong kalian.

Oh iya, kalian juga bisa mencoba product yang mengandung vitamin A atau sering disebut juga dengan retinoid. Kalian biasanya akan menemukan product yang mengandung bahan ini dengan sebutan retin-A atau Retinol. Kemampuan Retinoid ini sudah pernah dilakukan uji coba pada sekumpulan orang dewasa dengan usia 36tahun, dan hasilnya mereka yang rutin menggunakan bahan ini kerutan dan garis halus tanda penuaan jauh berkurang. Retinoid terbukti dapat meningkatkan sintesis kolagen serta membantu memperkuat matrix kulit, yang mana matrix kulit sangat bertanggung jawab dalam menjaga struktur, stabilitas dan ketahanan kulit. Karena hal inilah, maka tampilan kulit akan terlihat jauh lebih sehat dan nampak muda.

6. Lakukan uap wajah

Lakukan uap wajah setidaknya beberapa menit setiap seminggu sekali. Hal ini sangat penting karena memiliki manfaat yang sangat baik bagi kulit wajah. Rutin melakukan uap wajah akan membantu kalian membersihkan pori - pori serta membantu mengeluarkan kotoran yang tersumbat. Selain itu, uap wajah juga akan membantu kulit untuk mengeluarkan racun dan keringat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

7. Wajib menggunakan sunscreen

Melindungi kulit dari paparan sinar UV sangatlah penting. Selalu aplikasikan sunscreen ataupun sunblock sebelum kalian keluar rumah, karena dengan begitu kalian akan menjaga dan melindungi kulit kalian. Setidaknya gunakan sunscreen yang memiliki kandungan SPF 30 dan PA +++, karena dengan kandungan tersebut maka kulit akan terlindungi dari bahaya sinar UVA dan UVB. Apabila kalian lebih sering menghabiskan waktu diluar ruangan, oleskan kembali sunscreeen kalian setiap 2 jam sekali.

8. Rajin Olahraga

Aktif berolahraga akan membuat kulit menjadi lebih segar, sehat dan bercahaya. Hal ini karena berolahraga akan meningkatkan peredaran darah didalam tubuh, yang mana pada proses ini akan membuat oksigen didalam tubuh menjadi meningkat. Selain itu, berolahraga juga akan membuat tubuh menjadi lebih ideal. Olahraga yang paling mudah dilakukan adalah jalan kaki, jogging, bersepeda atau trekking. Namun jika kalian ingin hasil yang cepat, kalian juga bisa mengikuti jejak para youtuber kekinian seperti chloe ting atau emi wong, yang mana mereka menawarkan olahraga dirumah tanpa perlu alat. Dan keuntungan menjalankan olahraga seperti yang mereka ajarkan adalah intensitas yang mereka gunakan benar-benar memberikan dampak yang sangat signifikan pada tubuh kita.

9. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih memegang peranan yang sangat vital bagi tubuh manusia. Kekurangan air putih akan memberikan banyak dampak kepada tubuh manusia, mulai masalah ringan hingga berat. Kekurangan air putih dalam jangka panjang akan menyebabkan ginjal menjadi rusak. Untuk masalah ringan, kekurangan konsumsi air putih akan membuat kulit menjadi kering, kusam, bibir pecah-pecah dan mudah terkena sariawan. Mengkonsumsi cukup air putih sangat baik untuk menjaga elastisitas dan kelembaban kulit serta untuk menyingkirkan racun yang ada didalam tubuh. Kebutuhan harian air putih berbeda-beda antara satu sama lain, dan juga tingkat aktifitas juga turut mempengaruhinya. Namun disarankan, setidaknya bagi orang dewasa minum air putih minimal 2 liter per hari atau sesuaikan dengan kebutuhan.

10. Berhenti makan makanan manis dan junk food

Permen, pisang coklat, gorengan, minuman bersoda, kue, keripik kentang, french fries, hamburger, es buah dan masih banyak lagi merupakan makanan instant yang sangat menggugah selera. Namun jika kalian memang ingin memiliki kulit wajah sehat, bersih dan glowing, stop sekarang dan jangan makan makan itu lagi. Makan makanan tersebut terbukti memiliki dampak yang sangat tidak baik bagi tubuh, selain meningkatkan resiko obesitas, jantung, tekanan darah tinggi dan berbagai penyakit lainnya, mereka juga turut andil membuat jaringan kulit menua sebelum waktunya.

Dalam penelitian dikemukakan bahwa mengkonsumsi makanan tinggi gula akan meningkatkan ikatan silang serat kolagen sehingga mempercepat tanda-tanda penuaan. Serta makanan tinggi glikemik indeks, lebih cenderung menimbulkan peradangan pada kulit. Oleh karena itu, konsumsi sayuran dan buah-buahan sangat disarankan agar kulit senantiasa sehat dan awet muda.

11. Menghindari begadang

Salah satu dampak buruk apabila terlalu sering begadang adalah munculnya kantung mata, kulit sayu dan pucat. Kulit yang sayu dan pucat terjadi karena tubuh terlalu lelah, dan produksi kolagen pun terhambat. Jika hal ini terus menerus dilakukan, maka kondisi mata panda akan muncul semakin parah dan kulit akan kehilangan cahaya alaminya. Untuk jangka panjang, kebiasaan begadang juga akan membuat orang rawan terkena serangan penyakit jantung serta hipertensi. Selain itu, begadang juga akan mempengaruhi sistem metabolisme tubuh seseorang, sehingga hal ini akan memicu datangnya berbagai penyakit dimasa yang akan datang. Untuk itu, usahakan tidur cukup 8 jam sehari. Kalian bisa membuat komitmen dengan diri kalian sendiri, mungkin bisa menerapakan jam tidur dimulai dari pukul 10malam. 

12. Gunakan kosmetik sesuai jenis kulit

Kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit sangat penting, karena apabila kalian menggunakan kosmetik yang tidak sesuai, maka kulit akan mudah stress, iritasi dan make up juga jatuhnya tidak flawless. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk menanyakan kepada penjual kosmetik mana yang lebih cocok buat kalian. Selain itu, hindari juga penggunaan kosmetik yang terlalu berat, agar kulit bisa bernafas dengan baik sehingga kulit bisa senantiasa sehat dan tidak memiliki masalah apapun,

Demikian artikel 12 Langkah Penting untuk Wajah Glowing Hanya dalam Waktu 7 Hari, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "12 Langkah Penting Wajah Glowing Hanya dalam Waktu 7 Hari"