Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

manfaat buah pir untuk kesehatan
manfaat buah pir untuk kesehatan

Berdasarkan informasi dari USDA, rata-rata orang dewasa perlu mengkonsumsi buah setidaknya 150 - 200 gram per hari. Katakanlah 1 buah pir atau 1 buah pisang, biasanya setara dengan 100gram. Selain itu, konsumsi sayuran juga sangat dianjurkan dengan porsi kurang lebih sama. Atau kalau tidak, mengkonsumsi jus buah asli serta sayuran sebanyak 250ml - 500ml setiap hari sudah mewakili kebutuhan vitamin harian pada tubuh. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan di Amerika, hampir 90% rata-rata orang dewasa disana tidak ada yang mengkonsumsi buah ataupun sayuran sesuai anjuran kebutuhan harian tubuh.

Akibat kurangnya asupan buah dan sayuran pada tubuh, hal ini berdampak pada kurangnya serat, vitamin, antioksidan, potassium dan masih banyak vitamin lainnya yang sangat penting bagi tubuh. Untuk itu, meningkatkan konsumsi harian buah dan sayuran sangatlah penting. Fakta juga membuktikan bahwa diet tinggi buah dan sayuran dapat membantu menurunkan resiko obesitas, penyakit jantung, kanker, dementia, membantu mengontrol gula darah dan juga efektif mengontrol nafsu makan.

Karena alasan diatas, maka menambahkan jus buah dalam diet harian merupakan salah satu alternatif paling mudah yang bisa dilakukan. Namun yang perlu diingat, mengkonsumsi jus buah tidak sama dengan mengkonsumsi buah. Hal ini karena serat yang terdapat pada buah biasanya akan terpisah pada saat proses pembuatan jus. Dan juga, jus buah yang sehat untuk dikonsumsi adalah jus buah yang dibuat sendiri tanpa ditambahkan gula atau pemanis tambahan.

Salah satu buah yang patut diperhitungkan untuk dikonsumsi adalah buah pir. Apabila kalian ingin diet atau ingin kurus dengan cepat, biasanya banyak orang akan menyarankan mengkonsumsi buah apel atapun jus buah apel. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa buah pir juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, apalagi untuk diet. Buah pir bersifat sebagai laxative atau pencahar alami. Oleh karena itu, apabila kalian ingin menghilangkan perut buncit atau sering sembelit, maka mengkonsumsi jus buah pir setiap hari sangat dianjurkan. Selain itu, jus buah pir juga memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, yang sangat sayang apabila diabaikan begitu saja. Yuk kita simak beberapa manfaat jus buah pir untuk kesehatan berikut ini.

5 Manfaat buah pir untuk kesehatan

1. Sebagai antioksidan

Seperti buah-buahan lainnya, buah pir juga kaya akan antioksidan. Berdasarkan penelitian, setiap 100 gram buah pir mengandung antara 27 sampai 41mg phenols atau fenol yang merupakan tanaman antioksidan. Dan berdasarkan informasi yang didapatkan, buah pir lokal memiliki kandungan fenol lebih tinggi dibandingkan dengan buah pir impor. Sebagai informasi tambahan, mengkonsumsi makanan kaya akan sayuran akan membantu tubuh mendapatkan beragam antioksidan dalam tubuh, sehingga sistem tubuh dapat berfungsi lebih maksimal. Hal ini terjadi karena antioksidan berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan yang biasanya terkait dengan penyakit kronis, penuaan ataupun gaya hidup yang tidak sehat. Pada kasus penyakit kronis, antioksidan bersifat sebagai anti inflamasi, sehingga dapat melindungi sel dari ancaman penyakit kronis tersebut.

2. Kaya akan vitamin C

Vitamin C merupakan sebuah vitamin yang bertindak sebagai antioksidan tetapi juga sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan kolagen, membantu regenerasi anti oksidan lain yang ada dalam tubuh, digunakan untuk sintesis protein serta mempercepat penyembuhan luka. Untuk itu apabila kalian kurang mengkonsumsi buah, maka secara tidak langsung kalian biasanya juga akan kekurangan vitamin C berdasarkan jumlah kebutuhan harian. 1 buah pear dengan ukuran sedang diperkirakan mengandung kurang lebih 10% kebutuhan vitamin C harian. Oleh karena itu, mengkonsumsi jus buah pir atau sekedar makan buah pir sangat dianjurkan agar kebutuhan vitamin C harian senantiasa terpenuhi.

Baca juga:

3. Membantu mengobati maag

Jika kalian ada yang menderita penyakit maag dan kebetulan sedang mencari cara mengatasi maag secara alami, maka buah pir jawabannya. Penelitian terkait hal ini telah dilakukan pada hewan percobaan dengan memanfaatkan senyawa tertentu yang diisolasi dalam buah pir. Percobaan yang dilakukan pada beberapa ekor tikus menunjukkkan bahwa senyawa tersebut memiliki sifat anti maag. 

Para peneliti juga percaya hal ini terjadi karena adanya antioksidan pada buah pir, yang mana antioksidan tersebut melindungi bahkan mempercepat kemampuan sembuh dari penyakit maag. Tetapi apakah benar senyawa pada buah pir bisa melindungi tubuh manusia dari maag? Hal ini tentu diperlukan penelitian lebih lanjut, apakah efek yang sama akan didapatkan oleh manusia.

4. Kaya akan Potasium atau Kalium

Berbicara mengenai potasium, rata-rata orang dewasa membutuhkan potasium atau kalium harian kurang lebih sebanyak 4,700mg dan sayangnya, banyak orang dewasa yang tidak berhasil mencukupi kebutuhan harian potasium tersebut. Salah satu alasan utama kenapa banyak orang dewasa tidak berhasil memenuhi kebutuhan dasar potasium tersebut adalah kurangnya asupan sayur dan buah, yang mana sayur dan buah merupakan sumber utama potasium. 

manfaat kalium atau potasium pada tubuh manusia
statistik rata-rata kebutuhan harian potasium atau kalium pada tubuh manusia

Potasium atau kalium sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga keseimbangan cairan, kesehatan tulang, mengatur tekanan darah dan untuk kontraksi otot. Satu biji buah pir diketahui mampu menyediakan sekitar 206mg potasium, yang mana hal tersebut dapat membantu memenuhi 5% kebutuhan potasium harian tubuh manusia.

Oleh karena itu, mengkonsumsi hanya buah pir sendiri tidak akan bisa membantu memenuhi kebutuhan potasium harian kita. Oleh karena itu, mengkonsumsi berbagai variasi sayuran dan buah-buahan sangat dianjurkan, agar kebutuhan potasium atau kalium harian dapat dipenuhi.

5. Buah pir kaya akan serat

Satu biji buah pir diketahui mampu menyediakan 6gram serat, yang mana jumlah tersebut dapat memenuhi 24% kebutuhan serat harian, Apabila kalian hanya mengkonsumsi buah pir dengan membuatnya menjadi jus, tentu hal ini membuat kandungan serat tersebut hilang. Selain membuat buah pir menjadi jus, disarankan juga untuk membuatnya menjadi smoothies. Hal ini karena pada proses pembuatan smoothies, serat tidak ada yang terbuang. Kalian juga menambahkan varian buah yang lain pada smoothies tersebut.

Meskipun buah pir kaya akan manfaat, ada hal yang wajib diperhatikan disini. Buah pir, termasuk apel juga merupakan buah yang tinggi akan fruktosa. Untuk itu, bagi kalian menjalani diet FODMAP (diet rendah karbohidrat dengan rantai kimia pendek), maka sangat dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan fruktosa.



Post a Comment for "5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan"